icon
icon
article hero

12 Makanan Korea Paling Enak Plus Resepnya, Gampang Dibuat di Rumah!

AvatarName

Tiara Fitriyani •  Aug 05, 2022

icon

Makanan Korea yang ada di drakor memang menggiurkan banget. Tidak heran kalau makanan khas Korea kini menjadi tren kuliner yang populer di Indonesia. Makanan Korea Selatan juga punya ciri khas yang mudah dikenali, salah satunya adalah warna merah terang dari bumbu gochujang. Makanan khas Korea Selatan memang banyak macamnya. Namun, kamu hanya perlu mencari nama makanan Korea berikut ini untuk mencicipi cita rasa autentik Negeri Ginseng!

1. Topokki atau tteokbokki

makanan khas korea topokki tteokbokki
Kredit: Marcin Skalij di Unsplash Tteokbokki alias topokki adalah salah satu nama makanan Korea yang paling sering dicari di Indonesia. Berbahan dasar kue beras yang kenyal, topokki dimasak dengan saus gochujang dan biasanya berisi potongan bakso ikan, sosis, atau topping lainnya. Sekarang kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan tteokbokki instan atau menggunakan bumbu Korea halal dan bahan-bahan yang tersedia di supermarket. Simak juga aneka resep tteokbokki halal pilihan HHWT!

2. Bibimbap

makanan khas korea bibimbap
Kredit: Becerra Govea di Pexels Bibimbap adalah pilihan tepat untuk makan siang atau makan malam. Sehat dan mengenyangkan, resep bibimbap terdiri dari nasi, irisan sayuran segar, protein pilihan seperti daging atau ayam, serta telur mata sapi. Lalu semua diaduk bersama saus gurih-manis-pedas dan disajikan di dalam mangkuk panas. Bibimbap adalah salah satu resep rice cooker yang bisa kamu buat di rumah!

3. Bulgogi

makanan khas korea bulgogi
Kredit: Christian Ramiro Gonzales di Flickr Bulgogi adalah salah satu makanan Korea yang paling populer. Saus bulgogi sendiri cukup unik karena memadukan kecap manis, gula merah, minyak wijen, bawang putih, daun bawang, dan ini kuncinya: buah pir yang dihaluskan. Sepiring nasi panas ditemani bulgogi adalah menu makan siang yang nikmat!

4. Japchae

makanan khas korea japchae
Kredit: chudesabyvaut di Pexels Secara harafiah, japchae berarti tumis sayuran. Saat pertama kali diciptakan pada abad ke-17, resep japchae memang dibuat tanpa mi. Kini, makanan Korea satu ini justru dikenal dengan tekstur minya yang kenyal dan rasa yang gurih. Kenyalnya japchae berasal dari mi berbahan dasar ubi. Japchae biasanya disajikan sebagai banchan alias makanan pendamping.

5. Kimbap

makanan khas korea kimbap
Kredit: Dewi Puspita Amartha Yahya di Unsplash Kimbap memang mirip dengan sushi ala Jepang, jadi tidak heran kalau penyuka sushi pun bakal suka makan makanan khas Korea yang satu ini. Kimbap bisa diisi macam-macam, tapi biasanya selalu ada sayuran seperti wortel atau bayam, protein seperti telur atau daging, dan tidak lupa kimchi. Jangan lupa cocol dengan kecap asin dan gochugaru sebelum dilahap supaya makin nikmat. Bikin kimbap di rumah dengan resep kimbap halal ala HHWT!

6. Eomuk

makanan khas korea eomuk fish cake
Kredit: makafood di Pexels Eomuk adalah  makanan Korea yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan lalu ditambah berbagai bumbu dan tepung terigu. Adonan ini kemudian direbus dengan kaldu hingga matang. Rasanya yang gurih membuat eomuk jadi salah satu makanan khas Korea favorit banyak orang. Selain dimakan langsung dengan kaldunya, eomuk juga bisa dicampur sebagai pelengkap topokki!

7. Samgyetang

makanan khas korea samgyetang chicken ginseng soup
Kredit: Cyprien Delaporte di Unsplash Nama makanan Korea satu ini mungkin masih asing di telinga, tapi kamu pasti langsung jatuh cita saat mencobanya! Samgyetang adalah makanan Korea berupa sup ayam utuh yang diisi nasi atau ketan, ginseng, jujube, dan bawang putih. Samgyetang direbus lama sehingga kaldunya terasa kaya dan tekstur ayamnya lembut. Cocok banget untuk menghangatkan badan!

8. Pajeon

makanan khas korea pajeon
Kredit: Amanda Lim di Pexels Kalau kuliner Indonesia punya bakwan, maka makanan Korea Selatan punya pajeon! Makanan Korea satu ini terbuat dari lokio dan adonan yang terbuat dari tepung terigu, air, pasta kedelai, dan sedikit gula. Kalau suka, kamu juga bisa menambahkan isian lain seperti seafood atau daging ayam. #HHWT Tip: Supaya hasilnya renyah, tekan-tekan pajeon dengan spatula setelah dibalik.

9. Hotteok

makanan khas korea hotteok
Kredit: Charles Haynes di Flickr Hotteok adalah salah satu makanan Korea yang populer sebagai streetfood. Resep hotteok mirip dengan pancake, hanya saja hotteok isinya beragam, mulai dari yang manis seperti kacang tanah dan madu, sampai yang asin seperti tumis sayuran, japchae, hingga kimchi. HHWT juga punya berbagai resep roti Korea yang tidak kalah lezat!

10. Jjamppong

makanan khas korea jjampong
Kredit: Ryan Cheon di Unsplash Kalau kamu suka makanan pedas dan berkuah, makanan Korea satu ini bisa jadi pilihan. Jjampong adalah sup seafood pedas nan gurih yang berbahan dasar kaldu ikan teri. Selain seafood, jjampong juga bisa berisi daging dan sayuran. Pokoknya, kamu bisa dapat nutrisi lengkap dan nikmat dari semangkuk jjampong!

11. Kimchi jjigae

makanan khas korea kimchi jjigae
Kredit: Choi Sungwoo di Unsplash Makanan Korea berkuah lain yang tidak kalah populer adalah kimchi jjigae. Di Korea, makanan ini adalah salah satu comfort food yang sering dibuat di rumah. Semangkuk kimchi jjigae biasanya dinikmati dengan ketan atau nasi untuk menyerap kuahnya yang kental. Kimchi jjigae juga sehat karena tinggi potasium dan rendah kalori.

12. Sundubu jjigae

makanan khas korea sundubu jjigae
Kredit: titanium22 di Flickr Makanan Korea satu ini mirip dengan kimchi jjigae. Bedanya, sundubu jjigae kuahnya lebih encer dan menggunakan jenis tahu yang berbeda. Resep sundubu jjigae wajib menggunakan tahu sutera yang lembut yang meleleh di mulut. Sundubu jjigae juga sehat karena mengandung sayuran dan kimchi yang kaya akan probiotik. Makanan khas Korea ini bisa menjadi langkah awal kamu untuk mengeksplorasi kuliner Negeri Ginseng. Serba-serbi makanan Korea lainnya juga bisa kamu simak di artikel berikut ini: