icon
icon
article hero

12 Makanan Korea Paling Enak Plus Resepnya, Gampang Dibuat di Rumah!

AvatarName

Tiara Ismail •  Sep 19, 2022

icon

Makanan Korea yang ada di drakor memang menggiurkan banget. Tidak heran kalau makanan khas Korea kini menjadi tren kuliner yang populer di Indonesia. Makanan Korea Selatan juga punya ciri khas yang mudah dikenali, salah satunya adalah warna merah terang dari bumbu gochujang. Makanan khas Korea Selatan memang banyak macamnya. Namun, kamu hanya perlu mencari nama makanan Korea berikut ini untuk mencicipi cita rasa autentik Negeri Ginseng!

Makanan Korea paling populer dan resepnya

1. Topokki atau tteokbokki

makanan khas korea topokki tteokbokki
Kredit: Marcin Skalij di Unsplash Tteokbokki alias topokki adalah salah satu nama makanan Korea yang paling sering dicari di Indonesia. Berbahan dasar kue beras yang kenyal, resep topokki dimulai dengan merebus tteok hingga empuk lalu dimasak dengan saus gochujang dan biasanya berisi potongan bakso ikan, sosis, atau topping lainnya. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan tteokbokki instan atau menggunakan bumbu Korea halal dan bahan-bahan yang tersedia di supermarket.

Resep tteokbokki

Bahan: 400 gram tteok (kue beras Korea) Eomuk (otak-otak ikan Korea) secukupnya 400 ml air 3 sdm gochujang 2 sdm gochugaru 2 sdm mulyeot atau sirup jagung 1 sdm kecap asin 1 sdm gula pasir Cara membuat: Rebus tteok hingga lunak dan potong-potong eomuk sesuai selera. Campur semua bahan saus, aduk rata dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, lalu masukkan tteok dan eomuk, aduk rata dan masak beberapa saat hingga bumbu agak meresap. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen bila suka. Simak juga aneka resep tteokbokki halal pilihan HHWT!

2. Bibimbap

makanan khas korea bibimbap
Kredit: Becerra Govea di Pexels Bibimbap adalah pilihan tepat untuk makan siang atau makan malam. Sehat dan mengenyangkan, resep bibimbap terdiri dari nasi, irisan sayuran segar, protein pilihan seperti daging atau ayam, serta telur mata sapi. Lalu semua diaduk bersama saus gurih-manis-pedas dan disajikan di dalam mangkuk panas. Bibimbap adalah salah satu resep rice cooker yang bisa kamu buat di rumah. Asyiknya lagi, bibimbap bisa kamu modifikasi, baik takaran ataupun bahannya, sesuai dengan selera. Resep bibimbapBahan: Nasi putih secukupnya Daging sapi cincang, tumis dengan kecap asin Bayam rebus Wortel, iris tipis dan tumis sebentar Telur mata sapi Bahan saus: Gochucang Sedikit cuka Kecap asin Biji wijen untuk taburan Cara membuat: Campur semua bahan saus, sisihkan. Tata semua bahan di atas nasi, beri saus secukupnya, aduk dan nikmati selagi hangat!

3. Bulgogi

makanan khas korea bulgogi
Kredit: Christian Ramiro Gonzales di Flickr Bulgogi adalah salah satu makanan Korea yang paling populer.  Kunci kelezatan bulgogi adalah campuran buah pir yang dihaluskan dalam bumbunya. Sepiring nasi panas ditemani bulgogi adalah menu makan siang yang nikmat! Resep bulgogiBahan: 300 gram daging sapi, iris tipis Irisan daun bawang untuk taburan 450 gram daging sapi 1/4 pir ukuran sedang, parut 1 sdt bawang putih parut 2 sdm kecap asin 1 sdm gochugaru 1 sdm jahe parut 1 sdm gula palem 1 sdm minyak wijen 2 sdm minyak sayur Garam secukupnya Cara membuat: Campur semua bahan kecuali daun bawang dan gunakan untuk memarinasi daging. Marinasi minimal selama 30 menit atau semalaman agar bumbu meresap maksimal. Panaskan wajan, masak dengan api sedang hingga daging matang, sajikan dengan taburan daun bawang.

4. Japchae

makanan khas korea japchae
Kredit: chudesabyvaut di Pexels Secara harafiah, japchae berarti tumis sayuran. Saat pertama kali diciptakan pada abad ke-17, resep japchae memang dibuat tanpa mi. Kini, makanan Korea satu ini justru dikenal dengan tekstur minya yang kenyal dan rasa yang gurih. Kenyalnya japchae berasal dari mi dangmyeon yang berbahan dasar ubi jalar. Japchae biasanya disajikan sebagai banchan alias makanan pendamping. Resep japchaeBahan: 300 gram dangmyeon, rebus hingga kenyal 100 gram daging sapi, iris tipis 1 butir telur, buat orak-arik, sisihkan 1 buah bawang bombay, iris tipis 50 gram paprika, iris tipis 50 gram wortel, iris tipis 2 siung bawang putih, cincang atau iris tipis 2 sdm kecap asin 2 sdm minyak wijen 1 sdm gula Garam secukupnya Daun bawang iris secukupnya Cara membuat: Campur dangmyeon yang telah direbus dengan kecap asin dan minyak wijen, diamkan sebentar. Tumis semua sayuran hingga layu, lalu masukkan dangmyeon yang telah dimarinasi. Bumbui dan koreksi rasa, lalu sajikan dengan taburan daun bawang.

5. Kimbap

makanan khas korea kimbap
Kredit: Dewi Puspita Amartha Yahya di Unsplash Kimbap memang mirip dengan sushi ala Jepang, jadi tidak heran kalau penyuka sushi pun bakal suka makan makanan khas Korea yang satu ini. Kimbap bisa diisi macam-macam, tapi biasanya di resep kimbap selalu ada sayuran dan protein sehingga membuatnya bernutrisi lengkap. Resep kimbapBahan: 1 piring nasi hangat 2 sdt minyak wijen Sejumput garam 5 lembar nori (rumput laut kering) Alas bambu untuk menggulung (jika tidak ada bisa menggunakan plastik wrap)1 buah wortel ukuran sedang, kupas dan iris korek api 2 buah telur 1 ikat bayam, siangi dan bersihkan 2 buah sosis, rebus dan iris korek api 1 buah acar lobak Korea (opsional), iris korek api 1 buah mentimun, buang bijinya dan iris korek api Cara membuat: Siapkan dulu bahan isian kimbab. Rebus wortel dan bayam secara terpisah, sebentar saja agar wortel tetap renyah dan bayam tetap hijau warnanya. Buat telur dadar, lalu iris tipis. Letakkan semua bahan isi di wadah terpisah. Campur nasi dengan minyak wijen dan sedikit garam, aduk rata, sisihkan. Letakkan nori di atas alas penggulung, lalu ratakan nasi di atasnya dan sisakan sedikit ruang kosong di salah satu tepi nori. Susun isian kimbap sesuai selera, lalu gulung perlahan hingga tertutup rapat. Oleskan minyak wijen di bagian luar, lalu potong-potong sesuai selera.  

6. Eomuk

makanan khas korea eomuk fish cake
Kredit: makafood di Pexels Eomuk adalah  makanan Korea yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan lalu ditambah berbagai bumbu dan tepung terigu. Adonan ini kemudian direbus dengan kaldu hingga matang. Rasanya yang gurih membuat eomuk jadi salah satu makanan khas Korea favorit banyak orang. Selain dimakan langsung dengan kaldunya, eomuk juga bisa dicampur sebagai pelengkap topokki! Resep eomukBahan: 500 gram daging ikan kakap/tenggiri, haluskan 2 sdm tapioka 100 ml air 5 siung bawang putih 1 buah bawang bombay 1 butir telur 1/2 sdt baking soda 1 sdt kaldu bubuk Garam, lada, dan gula secukupnya Cara membuat: Campur semua bahan lalu aduk hingga rata. Goreng sedikit adonan untuk mengetes rasa. Jika sudah sesuai bentuk adonan menjadi lembaran tipis (atau sesuai selera kamu!0 lalu goreng hingga matang. Sajikan dengan kuah kaldu atau dicampur dengan tteokbokki.

7. Samgyetang

makanan khas korea samgyetang chicken ginseng soup
Kredit: Cyprien Delaporte di Unsplash Nama makanan Korea satu ini mungkin masih asing di telinga, tapi kamu pasti langsung jatuh cita saat mencobanya! Samgyetang adalah makanan Korea berupa sup ayam utuh yang diisi nasi atau ketan, ginseng, jujube, dan bawang putih. Samgyetang direbus lama sehingga kaldunya terasa kaya dan tekstur ayamnya lembut. Cocok banget untuk menghangatkan badan! Resep samgyetangBahan: 1 ekor ayam ukuran sedang 1 akar ginseng ukuran sedang 1 gelas beras ketan 3 buah jujube 5 siung bawang putih 1 ruas jahe 1 batang daun bawang, iris halus 1 liter air Garam dan gula secukupnya Cara membuat: Bersihkan ayam lalu masukkan beras ketan dan 2 siung bawang putih ke dalam rongganya, rapatkan dengan tusuk gigi atau ikat kaki ayam. Rebus ayam bersama bawang putih, ginseng, jahe, dan jujube dengan api sedang hingga empuk. Koreksi rasa kuah dan sajikan hangat.

8. Pajeon

makanan khas korea pajeon
Kredit: Amanda Lim di Pexels Kalau kuliner Indonesia punya bakwan, maka makanan Korea Selatan punya pajeon! Pajeon adalah pancake gurih dengan isian daun bawang dan bumbu-bumbu. Kalau suka, kamu juga bisa menambahkan isian lain seperti seafood atau daging ayam. Resep pajeonBahan: 250 gram tepung serbaguna 50 gram tepung maizena 500 ml air dingin 3 batang daun bawang, iris memanjang 5 sdm minyak sayur 1 sdt doenjang atau mis0 (opsional) 1 butir kuning telur 2 sdt bawang putih cincang 2 sdt baking powder Garam, gula, dan lada secukupnya Cara membuat: Campur tepung serbaguna, maizena, baking powder, doenjang, dan sejumput gula di dalam wadah. Masukkan air dingin, kuning telur, dan bawang putih, aduk dengan whisk hingga tercampur rata. Panaskan wajan, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan dan beri irisan daun bawang di atasnya, masak dengan api kecil hingga setengah matang lalu balik adonan dan masak hingga matang. Kamu bisa menyajikannya dengan saus cocolan yang terbuat dari campiran kecap asin, minyak wijen, bawang putih cincang, cabai merah cincang, serta sejumput gula pasir. #HHWT Tip: Supaya hasilnya renyah, tekan-tekan pajeon dengan spatula setelah dibalik.

9. Hotteok

makanan khas korea hotteok
Kredit: Charles Haynes di Flickr Hotteok adalah salah satu makanan Korea yang populer sebagai streetfood. Resep hotteok mirip dengan pancake, hanya saja hotteok isinya beragam, mulai dari yang manis seperti kacang tanah dan madu, sampai yang asin seperti tumis sayuran, japchae, hingga kimchi. Resep hotteokBahan: 300 gram tepung serbaguna 150 gram tepung ketan 1 sdm ragi instan 2 sdt gula 250 ml susu cair 75 ml air Garam secukupnya Cara membuat: Campur tepung serbaguna, tepung ketan, ragi, dan gula di wadah. Hangatkan susu dan air, tuang ke camputan tepung dan aduk rata. Tambahkan sejumput garam lalu uleni adonan hingga kalis dan istirahatkan adonan. Setelah 10 menit, bagi rata dan pipihkan adonan. Isi dengan isian yang kamu suka lalu rapatkan. Masak hotteok di wajan anti lengket yang dioles mentega selama 5-10 menit, balik dan masak hingga matang. HHWT juga punya berbagai resep roti Korea yang tidak kalah lezat!

10. Jjamppong

makanan khas korea jjampong
Kredit: Ryan Cheon di Unsplash Kalau kamu suka makanan pedas dan berkuah, makanan Korea satu ini bisa jadi pilihan. Jjampong adalah sup seafood pedas nan gurih yang berbahan dasar kaldu ikan teri. Selain seafood, jjampong juga bisa berisi daging dan sayuran. Pokoknya, kamu bisa dapat nutrisi lengkap dan nikmat dari semangkuk jjampong! Resep jjampongBahan: 1 bungkus mi basah Aneka seafood kesukaan kamu, bersihkan 100 gram daging sapi, iris tipis 100 gram sawi putih atau pokcoy 1 buah wortel, potong kecil-kecil 1/2 bawang bombay, iris tipis 1 liter kaldu atau air 2 sdt bawang putih cincang 1 sdm gochugaru 2 sdm kecap asin 1 sdt jahe cincang Gula dan garam secukupnya Cara membuat: Rebus mi dan aneka seafood masing-masing hingga setengah matang, sisihkan. Tumis bawang putih, bawang bombay, jahe, dan gochugaru hingga bawang layu. Masukkan daging, dan seafood lalu aduk sebentar. Masukkan kaldu dan didihkan. Masukkan mi serta sayuran, masak dengan api sedang sebentar, lalu koreksi rasa dan sajikan.

11. Kimchi jjigae

makanan khas korea kimchi jjigae
Kredit: Choi Sungwoo di Unsplash Makanan Korea berkuah lain yang tidak kalah populer adalah kimchi jjigae. Di Korea, makanan ini adalah salah satu comfort food yang sering dibuat di rumah. Semangkuk kimchi jjigae biasanya dinikmati dengan ketan atau nasi untuk menyerap kuahnya yang kental. Resep kimchi jjigaeBahan: 300 gram kimchi, potong-potong 400 ml kaldu 50 ml air kimchi 2 batang daun bawang, iris 1 buah bawang bombay, iris Aneka sayuran (opsional) 1 buah tahu, potong kecil (opsional) 1 sdm gochujang 2 sdt gochugaru 1 sdt minyak wijen Garam dan gula secukupnya Cara membuat: Tumis porongan kimchi dengan sedikit minyak, lalu masukkan sayuran dan tumis sebentar. Tambahkan kaldu dan air kimchi, aduk dan didihkan sebentar. Koreksi rasa dengan bumbu-bumbu, masukkan tahu dan masak sebentar. Sajikan hangat.

12. Sundubu jjigae

makanan khas korea sundubu jjigae
Kredit: titanium22 di Flickr Makanan Korea satu ini mirip dengan kimchi jjigae. Bedanya, sundubu jjigae kuahnya lebih encer dan menggunakan jenis tahu yang berbeda. Resep sundubu jjigae wajib menggunakan tahu sutera yang lembut yang meleleh di mulut. Sundubu jjigae juga sehat karena mengandung sayuran dan kimchi yang kaya akan probiotik. Bahan: 1 bungkus tahu sutra 50 gr daging cincang (opsional) 1 butir telur (opsional) 200 ml kaldu atau air 1 batang daun bawang, iris 1 buah bawang bombay, iris 2 sdt gochugaru 2 sdt kecap asin 1 sdt minyak wijen Garam dan gula secukupnya Cara membuat: Tumis daun bawang dengan minyak goreng dan minyak wijen hingga harum lalu masukkan daging cincang. Masak hingga daging matang lalu masukkan bawang bombay, bawang putih, garam, gula, gochugaru, dan kecap asin. Masukkan kaldu atau air, didihkan dan koreksi rasa. Masukkan potongan tahu sutra dan didihkan kembali. Terakhir, pecahkan telur di atas kuah dan taburi dengan irisan daun bawang. Makanan khas Korea ini bisa menjadi langkah awal kamu untuk mengeksplorasi kuliner Negeri Ginseng. Serba-serbi makanan Korea lainnya juga bisa kamu simak di artikel berikut ini: