icon
icon
article hero

5 Merek Mi Instan Korea yang Sudah Bersertifikat Halal MUI

AvatarName

Tiara  •  Oct 02, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Mi instan Korea merupakan makanan favorit banyak orang. Selain karena rasanya memang lezat, kehadirannya di berbagai drakor yang kita tonton semakin menimbulkan rasa penasaran untuk mencobanya. Sayangnya, meski rasanya hanya ayam atau kimchi, bukan berarti bahan-bahannya tidak bebas dari kontaminasi unsur non halal. Memang sulit untuk memastikannya sendiri. Karenanya, satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih mi instan yang telah bersertifikat halal. P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :) Di Indonesia sendiri, ternyata sudah ada beberapa merek dan varian mie Korea halal yang sudah bersertifikat halal MUI, misalnya beberapa merek berikut ini.
Samyang Green
PT Korinus, importir tunggal mie Korea halal Samyang untuk Indonesia telah memastikan kehalalan produk Samyang di Indonesia dengan sertifikat halal dari MUI. Sertifikat halal ini pun telah dikantongi sejak tahun 2017. Meskipun demikian, pastikan Samyang yang kamu beli (terutama di toko online ) memiliki logo halal di kemasannya. Ada 22 varian Samyang Green yang telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, termasuk beberapa varian yang populer seperti Hot Chicken Ramen Carbonara 130 gram, Hot Chicken Ramen Cheese Flavor, dan Hot Chicken Ramen Extreme. 
Nong Shim
Nong Shim Farmer's Heart adalah salah satu produsen mi instan halal terbesar di Korea. Dengan sertifikat halal dari MUI yang sudah dikantonginya, kamu bisa menikmati berbagai rasa mie Korea halal dari merek ini. Salah satu yang populer adalah Neoguri Udon yang muncul dalam film Parasite! Selain itu, beberapa rasa yang juga jadi favorit adalah Shin Ramyun dan Kimchi Ramyun.
Arirang
Mi korea halal yang satu ini mungkin belum sepopuler Nong Shim atau Samyang. Namun, kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai supermarket. Selain rasanya beragam (dan unik-unik!), mie Korea ini pun porsinya lebih besar daripada mi instan biasa, jadi dijamin kenyang! Beberapa rasa yang populer di kalangan pecinta mi adalah  Kuah Sumsum (bungkus putih), Kuah ayam Ginseng (bungkus oranye), hingga Telur Asin (bungkus kuning)!
Gekikara
 Mie Korea halal satu ini merupakan rangkaian mi instan dari Nissin, merek makanan asal Jepang. Gekikara juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Merek ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang sudah mencoba semua merek Korea yang disebutkan di atas. Pilihan rasanya juga beragam, mulai dari rasa Keju Pedas, Hot Carbo, sampai Hot Chicken (seperti Samyang). 
Mie Sedaap
Kalau kamu ingin mencoba mie Korea halal asli Indonesia, kamu bisa coba merek satu ini. Sejak dulu, merek ini memang sudah terkenal karena varian rasanya yang  beragam. Namun, varian Korean Spicy Chicken ini menjadi viral karena menampilkan Siwon Choi dalam iklannya. Seperti slogan yang diucapkan oleh Siwon, mie Korea halal yang satu ini memang "Jinjja pedas!". Ada 2 varian ala Korea yang bisa kamu pilih, yakni Mi Goreng Rasa Ayam Pedas Ala Korea (Korean Spicy Chicken) dan Mi Kuah Rasa Ayam Pedas Ala Korea (Korean Spicy Chicken). Apapun mereknya, pastikan agar mie Korea halal yang kamu konsumsi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Biasanya, hal itu ditandai dengan logo halal berlambang MUI pada kemasannya. Kamu pun bisa mengecek sendiri status halal sebuah produk di website LPPOM MUI. Lihat juga informasi terkait produk makanan halal lainnya dalam artikel berikut ini: