icon
icon
article hero

6 Bahan Dasar Wajib untuk Rasa Makanan Korea yang Autentik

AvatarName

Tiara  •  Oct 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Memasak bibimbap, tteokbokki, ataupun kimbap tentu lebih sedap dengan resep dan bumbu Korea asli. Faktanya, bumbu masakan Korea tidak terlalu beragam. Setidaknya ada beberapa bumbu Korea dasar yang sering digunakan ketika memasak. Jangan khawatir, tidak semuanya harus diimpor dari negara asalnya kok. Kalau kamu penyuka makanan Korea, jangan lupa untuk selalu menyetok sejumlah bumbu Korea dasar ini di rumah.
Gochujang
Inilah bumbu Korea yang membedakan makanan Korea dengan makanan lainnya. Gochujang terbuat dari pasta cabai yang difermentasi sehingga menimbulkan rasa yang unik. Tteokbokki, bibimbap, sampai Korean BBQ, semuanya tidak lepas dari gochujang.
Doenjang
Bumbu Korea lain yang tidak kalah penting adalah doenjang. Bumbu Korea ini merupakan hasil fermentasi kacang kedelai. Sekilas, rasa gurih asin dan aromanya mirip dengan tauco, namun teksturnya beragam. Ada yang lebih halus, kasar, bahkan lebih kering, tergantung proses pembuatannya.
Gochugaru
Jangan salah, ini bukan bubuk cabai biasa. Bumbu Korea satu ini dibuat dari cabe merah yang dikeringkan di bawah sinar matahari lantas digiling. Gochugaru adalah bahan penting untuk membuat kimchi dan gochujang. Terkadang, gochugaru juga menjadi bumbu pelengkap untuk makan kimbap.
Ganjang
 Bumbu Korea ini cenderung lebih mudah ditemukan karena ganjang adalah kecap asin khas Korea. Seperti kecap asin dari negara lainnya, ganjang juga punya rasa yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kecap asin Indonesia ataupun Jepang. Namun, rasanya sama-sama gurih dan sedap. 
Myeolchi
Betul, bumbu Korea penting lainnya adalah ikan teri kering. Myeolchi terbuat dari aneka jenis ikan teri yang dikeringkan. Biasanya, myeolchi digunakan untuk menambah rasa masakan atau dibuat sebagai kaldu. Myeolchi juga bisa dimasak bersama bumbu-bumbu lain sebagai hidangan pendamping.
Minyak wijen
Tidak ada alasan kamu tidak menyetok minyak wijen di rumah untuk masak makanan Korea. Minyak wijen adalah bagian tidak terpisahkan dari bumbu Korea. Kamu mungkin tidak menyadarinya, namun minyak wijen memberikan rasa khas bagi berbagai makanan Korea, terutama bibimbap dan kimbap. Pakai sedikit saja, minyak wijen sudah bisa memberikan aroma khas yang membuat makanan Korea semakin lezat. Selain bumbu Korea di atas, bahan lain yang lazim digunakan dalam makanan Korea adalah bawang putih, daun bawang, dan jahe. Ketiga bahan ini berpadu dengan bumbu Korea dan menciptakan sensasi lezat yang akrab di lidah. Pokoknya, jangan lupa membeli bumbu-bumbu Korea ini setiap kali kamu belanja bulanan. Sebelum membeli bumbu Korea, simak dulu beberapa artikel berikut ini: