icon
icon
article hero

Nasi Liwet, Bibimbap, dan 8 Resep Rice Cooker Lainnya yang Mudah juga Enak!

AvatarName

Tiara  •  May 29, 2021

icon

[Artikel asli ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Satu peralatan masak esensial yang pasti dimiliki semua orang adalah rice cooker. Alat ini berjasa untuk memudahkan kita memasak nasi dengan mudah dan cepat supaya kita bisa menikmati sepiring nasi hangat dengan rendang, ayam goreng, dan masakan lainnya.
Kredit: Giphy Meskipun namana 'rice cooker', bukan berarti alat ini hanya bisa digunakan untuk memasak nasi. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memasak aneka makanan lezat hanya dengan menekan satu tombol! Nasi uduk, nasi liwet, sampai sup krim dan cheesecake, baca sampai akhir untuk melihat apa saja yang bisa kamu masak dengan rice cooker di rumah!
1. Nasi Ayam KFC
Ketika resep nasi ayam KFC ini mulai viral di Jepang, semua orang berlomba-lomba untuk membuatnya sendiri di rumah. Tidak heran sih, membuatnya memang sangat mudah! Cukup masukkan beras, kaldu ayam, sedikit kecap asin, dan beberapa potong ayam goreng KFC. Masak hingga lampu indikator rice cooker berubah, lalu pisahkan tulang ayamnya dan aduk hingga rata. Nikmati selagi hangat!  Menu ini juga cocok dibuat untuk kamu yang sibuk selama Ramadan atau ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. Kalau kamu butuh panduan lebih lengkap, kamu bisa melihat video di atas sambil mencoba membuatnya di rumah. 
2. Bibimbap
Saatnya menghadirkan cita rasa Korea di rumah dengan membuat bibimbap rice cooker. Ada banyak resep yang beredar di dunia maya, tapi video resep Flying Chopstick di bawah ini adalah yang paling mudah untuk diikuti. Setelah bahan-bahannya dicampurkan, terlihat betapa lezat hasil akhirnya, mirip dengan masakan di restoran Korea! Karena kamu membuatnya sendiri di rumah, jangan takut untuk berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan yang kamu suka. Selain menggunakan daging sapi, kamu juga bisa coba membuatnya dengan daging ayam atau ikan. Cek saja bahan-bahan di kulkas, siapa tahu ada yang bisa kamu gunakan untuk tambahan bahan bibimbap!
3. Nasi Uduk
Makanan yang satu ini enak dimakan sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam. Aroma dan gurihnya nasi uduk yang menggugah selera ini bisa kamu buat dengan mudah di rumah menggunakan rice cooker. Cukup siapkan bahan dan bumbu-bumbunya, campurkan, tekan tombolnya, dan tunggu sampai nasi uduk ini siap dihidangkan! Contek saja cara membuat nasi uduk rice cooker dengan menonton video di atas. Jangan lupa sajikan dengan lauk teman makan nasi favorit yang juga bisa kamu buat sendiri di rumah.
4. Nasi Liwet
 Menu nasi lain yang tidak kalah sedap adalah nasi liwet rice cooker! Melihat gambarnya saja, sudah terbayang gurihnya nasi dengan ikan asin, pedasnya potongan cabai rawit, dan aroma khas pete yang menggoda. Memasak sajian yang satu ini pun tidak kalah mudah. Cukup campurkan semua bahan dan bumbu lalu tunggu hingga nasi liwet matang. Kamu bebas mengikuti resep nasi liwet rice cooker yang paling kamu suka, salah satunya adalah nasi liwet ala Xander's Kitchen. #HHWT Tips: Ketika membuat nasi liwet dengan rice cooker, jangan lupa untuk menggunakan takaran air yang lebih banyak daripada memasak nasi putih.
5. Omelet
Makanan yang satu ini cocok untuk kamu yang tinggal sendirian dan ingin sarapan enak. Omelet rice cooker ini rasanya tidak kalah enak dengan yang digoreng seperti biasa. Membuatnya pun sangat mudah, cukup pecahkan beberapa butir telur, bumbui dengan lada dan garam, dan masukkan isian yang kamu suka seperti sosis, bakso, daun bawang, ataupun irisan cabai!
6. Sup Krim
Sup yang satu ini bisa jadi ide menu makanan sahur praktis  di rumah. Selain mudah dibuat, nutrisinya pun lengkap karena menggunakan sayuran, daging ayam, dan susu. Jika biasanya kamu membeli sup krim instan atau memesannya di restoran, kamu bisa mencontek resep sup krim ekonomis Yackikuka dan melihat cara membuatnya di video di atas! Bahan dan bumbunya juga bisa kamu lihat di unggahan Instagram Yackikuka.
7. Cheesecake
Kamu benar-benar bisa memasak semua jenis makanan dengan rice cooker, tidak terkecuali cheesecake! Caranya, campurkan bahan-bahan seperti cream cheese, telur, gula, air perasan lemon, tepung terigu, dan susu. Aduk rata hingga tidak menggumpal, lalu tuang ke dalam rice cooker dan masak hingga matang. Kalau kamu ingin melihat cara lengkap untuk membuatnya (termasuk cara membalik adonan supaya tidak hancur), kamu bisa langsung menonton video di atas. Dengan resep ini, kamu bisa membuat sendiri cheesecake enak untuk merayakan momen istimewa seperti ulang tahun atau perayaan lainnya di rumah.
8. Pancake Jepang
Kalau kamu sudah sering melihat resep pancake Jepang yang fluffy dan empuk itu, saatnya kamu mencoba untuk membuatnya dengan rice cooker! Kamu hanya perlu mencampurkan tepung, baking powder, gula, garam, telur, dan susu, lalu aduk hingga rata. Setelahnya, tuang adonan ke dalam rice cooker dan masak hingga matang. Kamu bisa melihat langkah-langkah untuk membuatnya dari video di atas. Selain secara detail menjelaskan bahan dan jumlah yang dibutuhkan, cara membuatnya pun mudah dilakukan. Kamu tinggal memikirkan topping dan dekorasi untuk menghias pancake ini!
9. Makaroni Keju
Siapa sih yang bisa menolak sepiring makaroni keju yang creamy ? bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini sangat sederhana dan hasilnya pun lezat. Cukup siapkan makaroni, susu, tepung terigu, mentega, bubuk bawang putih, garam, dan keju. Campuran bahan-bahan di dalam rice cooker dan tinggal tunggu hingga matang! Video resep dari Easy Peasy Pan ini juga sangat mudah untuk diikuti dan terkenal di kalangan para mahasiswa yang tinggal sendirian. Kalau kamu sedang ingin makan sesuatu dengan rasa keju, kamu bisa membuat resep ini di rumah atau mencoba memasak menu masakan keju lainnya yang tak kalah sedap.
10. Pasta Pomodoro
Kalau kamu hanya punya 20 menit untuk memasak, langsung saja buat pasta al pomodoro ini. Pomodoro berarti tomat dalam bahasa Italia. Sesuai namanya, kekuatan dari makanan ini adalah rasa saus tomat segar dan manis yang menyelimuti lebaran pasta. Tambahkan taburan keju parut dan daun basil, maka hidangan ini siap disantap! Kamu mungkin sudah terbiasa masak pasta di panci, tapi kamu juga bisa kok memasaknya di rice cooker . Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk hidangan ini adalah spaghetti, tomat segar, bawang bombay, bawang putih, keju Parmesan, air, minyak zaitun, garam, dan lada. Kalau kamu mengikuti video resep Art of Joy di atas, kamu hanya butuh 20 menit untuk memasaknya. Cocok untuk kamu yang sibuk! Resep-resep di atas akan membawa kamu berwisata kuliner hanya dengan bermodalkan rice cooker! Siapa sangka kamu bisa membuat nasi KFC dan pancake Jepang dengan begitu mudah. Selain memanfaatkan rice cooker, kamu juga bisa memasak berbagai menu praktis dan mudah dengan menggunakan microwave di rumah!