icon
icon
article hero

Semuanya Enak, 5 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Coba

AvatarName

Tiara  •  Mar 03, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kamu mungkin sudah punya resep ayam goreng Korea andalan. Namun, tahukah kamu bahwa ayam goreng Korea bisa dibuat dengan berbagai saus? Setidaknya ada lima macam resep ayam goreng Korea yang bisa kamu coba. Kabar baiknya, semua bahan sausnya sederhana dan cara membuatnya pun mudah. Cukup siapkan ayam goreng tepung (kamu bisa menggunakan resep buttermilk chicken HHWT) dan lumuri dengan saus di bawah ini!
Saus Yangnyeom 
Mungkin resep ayam goreng Korea inilah yang paling akrab di lidah kamu. Bumbunya berwarna merah dan rasanya pedas manis karena tambahan gochujang. Cukup siapkan bahan-bahan sausnya, yakni bawang putih cincang, saus tomat, sirup beras, cuka, dan gochujang. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bahan-bahan lainnya dan lapisi ayam dengan saus. Kamu juga bisa menonton video di atas untuk cara membuatnya.
Saus Ganjang
Berbeda dengan sebelumnya, resep ayam goreng Korea ini punya cita rasa asin gurih dari ganjang (kecap asin Korea).  Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan cabai hijau besar, bawang putih, gula, kecap asin Korea, saus tiram, sirup jagung, dan air. Pertama-tama, goreng ayam dengan sedikit minyak hingga kulitnya keemasan. Lalu masukkan campuran bahan saus dan masak hingga menyerap ke ayam dan mengental. Kamu bisa mengintip cara membuatnya dalamvideo di atas!
Saus Gangjeong
Kalau kamu sering makan di restoran ayam goreng Korea, menu ini sering diasjikan untuk pengunjung yang tidak suka pedas. Sausnya terbuat dari campuran bawang putih, kecap asin, sirup beras, cuka, sedikit mustard, dan gula merah. Contek video di atas untuk membuat Dakgangjeong yang sedap!
Saus Padak
Resep ayam goreng Korea lain yang masih jarang ditemui adalah Padak. Berbeda dengan resep ayam goreng Korea lainnya, Padak menggunakan daun bawang sebagai bahan utama sausnya. Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama-tama, iris tipis daun bawang, lalu rendam di air es agar bentuknya melingkar, dan sisihkan. Untuk sausnya, campur kecap asin, gula, air, dan sedikit mustard, dan bawang putih cincang. Sajikan ayam goreng dengan irisan daun bawang di atasnya, lalu siram dengan saus. Tonton tutorial membuatnya dalam video di atas!
Kkanpunggi
Makanan fusion Korea-China ini punya rasa yang lebih kuat karena ditumis dengan berbagai bumbu dan rempah. Setelah menyiapkan ayam yang telah digoreng, kamu bisa mulai memasak kkanpunggi. Kamu bisa mengintip cara membuat kkanpunggi dalam video di atas. Ada beberapa tahap untuk membuat kkanpunggi. Pertama buat minyak cabe dengan memanaskan minyak dan gochugaru selama beberapa menit. Kemudian, saring dan ambil minyaknya saja. Di wadah lain, campurkan gula, cuka, kecap asin, saus tiram, dan pati jagung, aduk rata. Iris tipispaprika, bawang putih, lalu tumis dengan minyak cabe yang sudah dibuat. Masukkan ayam, cabai hijau dan cabai merah, lalu aduk dan masak hingga bumbu meresap. Dengan resep ayam goreng Korea ini, kamu bisa membuat camilan untuk nonton drakor di rumah. Simak juga resep mudah lainnya dalam artikel berikut ini: