icon
icon
article hero

5 Cara Bermakna Untuk Bersedekah Dari Rumah Pada Ramadan Ini

AvatarName

Vina Noviana  •  May 15, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Pada bulan Ramadan, kita memperbanyak bersedekah demi membantu orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita. Biasanya, kita membagikan makanan untuk berbuka puasa atau sukarela membantu acara di masjid. Namun, COVID-19 mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Meskipun begitu, kita masih bisa membantu masyarakat sekitar dan memberikan harapan  bagi mereka, tanpa harus keluar dari rumah! 😊 Kredit: Giphy Bersedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan Abu Dzar mengatakan bahwa Rasulullah SAW bahkan bersabda:

“Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah. Menjalankan amalan baik dan menjauhi amalan buruk adalah sedekah. Membantu orang yang tersesat itu sedekah. Menunjukkan jalan bagi orang yang tidak bisa melihat itu sedekah. Menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalan adalah sedekah. Memenuhi tempayan milik saudaramu dengan air dari tempayanmu adalah sedekah.” [HR. Tirmidzi]

Jadi, inilah 5 cara sederhana kamu bisa bersedekah dari rumah. Beri tahu kami jika kamu punya cara lainnya!
1. Mulai dengan berbuat baik di rumah
Salman bin Amir Dabbi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 “Sedekah yang diberikan kepada orang miskin adalah sedekah, dan sedekah yang diberikan kepada kerabat adalah dua hal; sedekah dan menjunjung tinggi ikatan kekerabatan.”

 Ada pepatah yang mengatakan bahwa sedekah dimulai dari rumah (benar sekali!). Sedekah tidak harus dilakukan dengan jumlah uang yang besar, namun yang penting dengan niat yang tulus. Karena kita menghabiskan banyak waktu dengan anggota keluarga kita selagi karantina, ketegangan sangat mungkin terjadi. Meskipun begitu, lebih penting lagi jika kita ingat untuk menjalin kasih sayang dan kebaikan dalam tindakan sehari-hari kita saat ini. 
Berinisiatiflah untuk lebih banyak melakukan pekerjaan rumah, memasak, atau memesan makan malam agar koki utama di rumah dapat beristirahat. Beri kejutan untuk pasanganmu dengan melakukan pekerjaan rumah mereka dan membiarkan mereka istirahat, atau bantu membelikan belanjaan untuk orang tuamu saat kamu belanja mingguan di supermarket.
Berbagi pengetahuan tentang Islam juga merupakan bentuk sedekah, jadi jika kamu tahu ada pelajaran atau kelas online untuk itu, ajaklah mereka menonton bersama setelah berbuka puasa. Jika ada anak kecil di rumahmu, ajarkan saja mereka surat-surat pendek. Hal ini akan berguna saat mereka mulai salat, dan surah-surah tersebut juga memiliki pesan yang bermakna di baliknya. #HHWT Tips: Ingatlah untuk merayakan hal kecil. Berterima kasihlah kepada ibumu atas segala tindakannya dengan hadiah yang tulus dan dibuat sendiri  ️ Bahkan jika kamu tidak tinggal bersama, hal ini bisa jadi pengingat bahwa kamu memikirkan ibumu. Tindakan kecil seperti ini tidak hanya membangun dan menguatkan hubungan baik, namun juga memotivasi orang tersayangmu untuk berbuat serupa. 😊 
2. Menghubungi teman dan keluarga
Meski sudah lama tidak bertemu teman dan kerabat, kita masih bisa mencari cara untuk menunjukkan bahwa kita memikirkan mereka. ☺️ Kejutkan temanmu dengan mengirimkan minuman atau cemilan favorit mereka dengan sebuah pesan yang tulus. Itu akan membuat mereka senang, dan menjadi sajian berbuka puasa yang manis! Teman yang akan memiliki acara khusus seperti perayaan tahun pernikahan, ulang tahun, atau hari penting seperti wisuda saat karantina, mereka akan merasa sangat kesepian ketika merayakannya. Pesanlah kue, makanan, atau paket perawatan khusus agar mereka dapat memanjakan dirinya untuk hari spesial tanpa meninggalkan rumah. Walaupun kita merayakan Lebaran di rumah tahun ini, kita masih bisa menyebarkan sukacitanya! Pesanlah beberapa toples kue lebaran atau barang bazar Ramadan untuk keluargamu, sehingga semangat lebaran masih terasa pada masa tidak biasa ini. 😆
3. Lakukan kebaikan untuk orang asing
 Kita juga bisa temukan cara untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain di sekitar yang tidak kita kenal. 😊 Jika kamu memiliki tetangga lansia, hubungi mereka dan pastikan mereka dalam keadaan aman dan dijaga baik saat ini. Jika mereka butuh bantuan untuk berbelanja bahan makanan, makanan, atau kebutuhan penting lainnya, cobalah bantu mereka langsung atau hubungi RT setempat yang dapat membantu mengurusnya. 
Memberikan ulasan positif bagi usaha komersial (terutama bisnis independen atau rumahan) dan restoran yang telah kamu nikmati mungkin hanya butuh waktu 5 menit, namun itu sangat berarti bagi mereka. Jika kamu memesan sesuatu ke rumah, berikan tip untuk pengirimnya jika bisa. Hal itu bisa sangat berarti, berapapun jumlahnya! 😄 Jika kamu memesan untuk berbuka puasa, kamu juga bisa memberikan takjil seperti minuman, kurma, atau biskuit bagi kurir yang mengantarnya. 🥤 Banyak kurir Muslim yang tidak bisa langsung berbuka puasa, jadi sepaket takjil dapat menjadi semangat bagi mereka setelah hari yang panjang. 💪🏻
Jika kamu mengenal salah satu pekerja atau sukarelawan yang kini masih sibuk bekerja, teruslah tanyakan apa yang bisa kamu bantu. Jika mereka kesulitan berbelanja, mintalah daftar belanja mereka dan pesankan beberapa kebutuhan penting secara online untuk mereka. 🛒 Kamu juga bisa berdonasi ke lembaga yang menyediakan makanan bagi para pekerja di baris depan. Sebarkan hal ini agar orang lain mengetahuinya dan membantu mereka!
4. Menjadi sukarelawan atau berdonasi untuk komunitas lokal

"Aku mendengar Rasulullah, semoga Allah memberikan kebahagiaan dan keselamatan bagi beliau, bersabda, ‘Seorang manusia tidaklah beriman jika dia merasa kenyang sedangkan tetangganya lapar.’”(Abdullah Bin Abbas)

 Jika ada komunitas yang mengurus pembagian makanan atau membantu yang membutuhkan, cobalah pertimbangkan apakah kamu bisa mendaftar sebagai sukarelawan, atau membantu mereka dengan cara lain. Pembagian makanan sangat penting saat bulan Ramadan karena mereka memastikan para keluarga mendapat makanan yang layak untuk sahur dan berbuka puasa. 
Kredit: Roses of Peace on Facebook Di Indonesia, banyak lembaga yang terdaftar di Kitabisa termasuk program #BisaMakan mereka yang menyediakan makanan bagi para pekerja medis di baris depan, pekerja esensial, dan kelompok rentan seperti para tunawisma. Di Singapura, ada #SGUnited Buka Puasa Initiative dimana kamu bisa mendaftar untuk menjadi sukarelawan dalam membagikan makanan. Di Malaysia, kamu bisa mengunjungi situs web #KitaJagaKita untuk menemukan peluang sukarelawan atau cek 10 cara untuk membantu orang lain di negeri
5. Bantu orang lain di belahan dunia lainnya
Terakhir, jika kita mampu, cobalah berbuat baik bagi orang lain di dunia juga. Pada masa krisis seperti ini, banyak organisasi non-profit dan lembaga amal yang kehabisan dana untuk menyediakan bantuan esensial bagi para penerima bantuan mereka.
Organisasi seperti UNHCR saat ini menyediakan pembagian donasi Ramadan untuk membantu kebutuhan dasar para pengungsi Muslim menerima pada Ramadan ini dan memulai hidup baru mereka di negara yang menyediakan. Islamic Relief juga membantu para Muslim di seluruh dunia, dan kamu juga bisa berdonasi ke organisasi sekuler seperti Doctors Without Borders, Amnesty International, dan Oxfam yang membantu mengubah hidup jutaan orang di dunia. Jika kamu tertarik untuk membantu kehidupan liar atau merawat lingkungan, carilah organisasi yang khusus menangani bidang tersebut! Banyak kebun binatang di dunia yang mengizinkanmu untuk mengadopsi dan menamakan hewannya sebagai bagian dari penggalangan dana mereka, atau kamu bisa mencari organisasi yang menanam pohon di seluruh dunia. Tahukah kamu bahwa selama pohon tersebut menjadi tempat bernaung atau makanan bagi seseorang, ‘donasi’-mu akan terus hidup? 🌴😊 Launchgood juga merupakan sebuah platform bagi Muslim untuk menyediakan kampanye penggalangan umum untuk proyek minat dan bidang amal. Kamu mungkin akan menemukan bidang baru, atau membantu berkontribusi untuk proyek terobosan seperti membangun masjid! Bagaimanapun caramu bersedekah, yang terpenting adalah niat tulus di baliknya, begitu juga manfaatnya. 😊 Selama bulan Ramadan ini, semoga kita mengingat orang-orang rentan di sekitar kita, dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu mereka.