icon
icon
article hero

Gochujang dan Aneka Bumbu Korea Halal MUI

AvatarName

Tiara  •  Jun 04, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Untuk pecinta makanan Korea, gochujang halal adalah bumbu yang wajib ada di dapur. Sayangnya, kebanyakan gochujang yang tersedia di supermarket merupakan produk impor yang belum jelas status halalnya. Gochujang sendiri merupakan bahan makanan yang dibuat dengan fermentasi sehingga kerap mengandung alkohol. Tapi jangan sedih, seiring dengan terus meningkatnya penggemar makanan Korea di Indonesia, sejumlah merek kini berinovasi dengan memproduksi gochujang halal dan bumbu Korea lainnya. Beberapa merek bumbu Korea ini pun telah mengantongi sertifikat dari MUI. P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :)

Kikkoman Indonesia

 Gochujang halal pertama datang dari Kikkoman, merek saus yang sudah terkenal di Indonesia. Kikkoman di Indonesia bersinergi dengan Akufood untuk memproduksi bumbu halal untuk dipasarkan secara luas. Bagian terbaiknya adalah semua produk Kikkoman Akufood telah memiliki sertifikat halal dari MUI. Gochujang halal ini merupakan satu-satunya varian bumbu Korea halal MUI dari Kikkoman Akufood. Mudah-mudahan ke depannya merek ini semakin menambah varian bumbu Koreanya ya. 

Mokgo Food

Merek lain yang juga menjual gochujang halal adalah Mokgofood. Tak hanya gochujang halal, tapi juga beberapa jenis bumbu Korea halal lainnya. Misalnya chunjang, bumbu dasar Korea yang terbuat dari kedelai hitam. Rasanya manis dan sedikit gurih. Meski tidak sepopuler gochujang halal dan tidak banyak jenis masakan Korea yang menggunakan bumbu ini, chunjang adalah bahan paling penting untuk membuat jjajangmyeon, mi hitam ala Korea yang terkenal. Selain jjajangmyeon, chunjang juga digunakan untuk membuat jjajangbab, masakan yang mirip jjajangmyeon hanya saja berbahan dasar nasi. Selain gochujang halal, doenjang juga merupakan bumbu penting dalam masakan Korea. Doenjang terbuat dari fermentasi alami kedelai dan menghasilkan cita rasa mirip tauco yang gurih. Biasanya, doenjang digunakan untuk memasak jjigae, makanan berkuah yang hangat khas Korea. Meski mirip gochujang halal, ssamjang memiliki fungsi yang berbeda. Ssamjang merupakan perpaduan dari gochujang halal, doenjang, dan beberapa rempah lainnya untuk dijadikan sambal atau cocolan saat makan. Ssamjang biasanya menjadi pelengkap untuk sesi makan Korean BBQ. Selain kedua merek di atas, ada 2 merek gochujang halal lainnya yang telah mengantongi sertifikat halal MUI, yakni Kenkomayo dan Jinyoung. Sayangnya, kedua merek ini hanya tersedia business to business  seperti restoran dan produsen makanan. Namun, Kikkoman dan Mokgofood sendiri pun mudah ditemukan baik di supermarket ataupun dibeli secara online di marketplace kesayangan kamu. Ada banyak cara untuk menikmati makanan Korea dengan rasa autentik tanpa harus mengorbankan kehalalannya. Gochujang halal kini semakin mudah ditemukan dan sudah banyak resep makanan Korea halal yang bisa kamu coba di rumah. Intip artikel di bawah ini dan buat makanan Korea kesukaan kamu untuk teman nonton drakor malam ini!