icon
icon
article hero

12 Merek Yang Lebih Murah Jika Kamu Membelinya Di Jepang

AvatarName

Tiara  •  Feb 26, 2020

icon

Artikel ini aslinya ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini. Berbelanja di Jepang selalu seri dan menyenangkan. Ada begitu banyak toko serba 100 Yen, butik lokal, dan aneka pusat perbelanjaan. Sambil menelusuri surga belanja ini, tahukah kamu bahwa ada beberapa merek yang harganya lebih murah di Jepang daripada di negara asal kita!
Kredit: Giphy Sebelum puas berbelanja, cari tahu dulu waktu dan tempat yang paling tepat untuk berbelanja di Jepang. Jika kamu mencari panduan belanja bebas pajak di Jepang, baca artikel ini sampai akhir, ya! P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :)
Kapan sih waktu terbaik untuk berbelanja di Jepang?
Jawabannya adalah pada saat diskon musim panas (akhir Juni sampai pertengahan Agustus) dan diskon musim dingin (November sampai Januari). Selain dua musim diskon tersebut, diskon akhir tahun juga menjadi waktu yang paling populer. Tepatnya tanggal 29-31 Desember dan dua minggu pertama setelah tahun baru. Untuk membuat pengalaman belanja kamu semakin menyenangkan saat tahun baru, sebagianbesar toko di Jepang akan membagikanfukubukuro atau ‘tas keberuntungan’ untuk pelanggan beruntung yang datang pertama setiap harinya.
Dimanakah tempat belanja dengan penawaran terbaik di Jepang?
Penawaran terbaik untuk produk menengah ke atas dan barang mewah bisa ditemukan di Gotemba Premium Outlet di Shizuoka atau cabang Mitsui Outlet yang tersebar di seluruh Jepang. Pada perjalanan sebelumnya, kami sempat mengunjungi cabang Mitsui Outlet Park Kisarazu yang merupakan cabang paling besar di Jepang. Kami benar-benar dimanjakan dengan berbagai pilihan merek internasional seperti Jimmy Choo, Marc Jacobs, Michael Kors, Coach, dan Paul Smith. Ada pula beberapa outlet merek olahraga seperti Nike dan New Balance.
Kamu juga bisa menemukan sejumlah toko bebas pajak yang menawarkan diskon dan promosi di Mitsui Outlets, terutama saat diskon musim panas dan musim dingin. #HHWT Tip: Beberapa toko bermerek seperti Gucci, LOEWE, Asics, dan Valentino biasanya ramai oleh pelanggan asli Jepang karena harganya yang lebih murah di Mitsui Outlet Park Kisarazu. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di outlet premium ini! Merek apa yang harganya lebih murah di Jepang daripada di negara asal kita? Nah, setelah kamu sudah tau waktu dan tempat paling tepat untuk berbelanja, kini saatnya mencari tahu merek apa yang bisa kamu beli dengan harga lebih murah di Jepang. Bawa kartu kreditmu dan berangkaaat!
1. GU
GU adalah merek paling terkenal di Jepang jika bicara soal pakaian dengan harga terjangkau. Karena berada di bawah grup yang sama, GU kerap dianggap sebagai versi murah dari UNIQLO, tentu dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya. Saat musim diskon, kaus lengan panjang untuk pria dan jaket wanita harganya sangat murah, hanya JPY 590 (sekitar Rp 74.000)! Inilah toko yang cocok untuk mencari berbagai basic fashion karena GU menyediakan berbagai pakaian polos seperti blus putih, kardigan, rok panjang, dan baju hangat.Cocok untuk mendukung gayamu yang minimalis!
2. UNIQLO
Kalau kamu suka dengan kehangatan yang diberikan oleh pakaian musim dingin UNIQLO, tidak ada tempat yang lebih baik untuk membelinya selain di Jepang. Meskipun harganya tidak berbeda jauh dengan outlet-nya yang berada di Malaysia dan Singapura, UNIQLO Jepang tetaplah tempat yang menarik untuk berbelanja. Apalagi kalau bukan karena diskon dan promosinya. Di sini pun tersedia berbagai koleksi pakaian wanita, pria, dan anak-anak yang cocok untuk seluruh keluarga. Sebelum kamu masuk ke toko UNIQLO, ambil dulu selebaran (atau chirasi dalam bahasa Jepang) di pintu masuk. Selebaran itu memuat diskon dan penawaran apa saja yang sedang berlangsung di toko, jadi jangan sampai hilang, ya! Perhatikan juga papan berwarna merah yang ada di toko karena artinyabarang tersebut sedang diskon.
3. Adidas
Adidas merupakan salah satu merek olahraga terbesar di Eropa, namun kamu juga bisa menemukan penawaran khusus yang menarik di Jepang. Percaya deh, salah satu hal yang wajib kamu beli di Jepang adalah sneakers! Untuk mendapatkan penawaran dan diskon terbaik, kamu bisa belanja di Gotemba Premium Outlet di Shizuoka atau toko besar Adidas Originals di Harajuku. Toko lain yang bisa kamu kunjungi adalah Adidas Brand Core Store di Shinjuku yang merupakan toko Adidas terbesar di Jepang dengan pilihan sepatu sebanyak tiga lantai. Meski sneakers keluaran terbaru jarang diskon, kamu bisa membeli sepatu lain dengan harga lebih murah mulai dari JPY 5.500 (Rp 683.000)! Jangan lupa untuk riset terlebih dahulu dan bandingkan harga sneakers yang kamu incar dengan harga di negara asal. [P.S. Berencana ke Eropa? Cek juga beberapa merek mewah yang harganya lebih murah di Eropa dan tempat terbaik untuk membelinya!]
4. Puma
Kalau kamu pecinta sneakers sejati, Puma adalah toko sepatu olahraga dan kasual yang tidak boleh kamu lewatkan. Beberapa tempat terbaik untuk membeli sepatu Puma di Jepang adalah ABC-MART di Shinjuku Main Branch dan Puma Harajuku. Seperti beberapa merek lain, kamu juga bisa menemukan sepatu rilisan eksklusif yang hanya ada di Jepang. Lebih baik lagi,harganya pun lebih murah. Entah kamu mencari sepatu lari ataupun sepatu bergaya klasik, kamu bisa mendapatkannya di sini! Fakta unik: Tahukah kamu bahwa pendiri Adidas dan Puma adalah saudara?
5. Onitsuka Tiger
Didirikan pada tahun 1949, Onitsuka Tiger adalah salah satu perusahaan sepatu tertua di Jepang dan hingga kini mampu bertahan dengan koleksinya yang stylish. Soal dimana tempat terbaik untuk membelinya, pilihan kami jatuh kepada toko Onitsuka Tiger Shibuya yang juga merupakan cabang terbesar kedua di Jepang (setelah dibukanya cabang baru yakni Onitsuka Tiger Namba di Osaka). Selain itu, toko Sneaker Shop Skit Tokyo Kichijoji adalah alternatif yang bisa kamu datangi untuk membeli beberapa stok terakhir atau edisi terbatas dari Onitsuka Tiger dan merek sneakers lainnya. Pada saat artikel ini ditulis, ada Onitsuka Tiger ‘Tiger Alliance’ yang dijual dengan harga JPY 8.800 (Rp 1.092.000) di Sneaker Shop, padahal harga aslinya mencapai JPY 19.000 (Rp 2.357.000).
6. anello
anello hadir di ranah belanja pada tahun 2005 dan brand asli Jepang ini terus berkembang dengan pesat. Merek ini terkenal akan ransel kanvasnya yang ringan, lengkap dengan resleting yang halus dan kapasitasnya yang luas. Tas ini juga bisa diandalkan untuk membawa semua keperluanmu saat travelling. Tempat terbaik untuk membeli ransel anello di Jepang adalah di tokoanello yang terletak di Shibuya. Jika kamu ada rencana ke Osaka, kamu bisa mampir keflagship store anello yang bisa dijangkau dengan 7 menit berjalan kaki dari pusat pertokoan Shinsaibashi-Suji. Kami pun sempat membandingkan harganya dan ternyata memang harga tas anello lebih murah di Jepang. Misalnya saja ransel jenis Cross Bottle yang dijual seharga JPY 4.620 (Rp 574.000) di Jepang. Di Singapura sendiri harganya mencapai SGD 65 (Rp 650.000) setelah diskon. [P.S. Tahukah kamu bahwa Cath Kidston adalah salah satu merek yang harganya lebih murah jika kamu membelinya di London?]
7. MUJI
Salah satu merek ritel Jepang lain yang layak dipertimbangkan adalah MUJI. Didirikan oleh Seiji Tsutsumi pada tahun 1980, merek ini mengusung konsep minimalis dengan produk yang tidak menyertakan logo. Meski harga pakaian dan tasnya tidak lebih murah di sini, kamu bisa menemukan alat tulis, buku catatan, dan keperluan travel dengan harga lumayan murah saat musim diskon. Contohnya saja wadah polypropylene besar seharga JPY 190 (Rp 24.000) di sini ternyata dijual dengan harga RM 9.90 (Rp 34.000) di Malaysia. Jika kamu ingin membeli wadah gantung dengan kantong yang bisa dilepas untuk kebutuhan bepergian, kamu bisa membelinya dengan harga JPY 1.590 (198.000) di Jepang. Padahal, produk tersebut dijual seharga RM73.90 (Rp 249.000) di Malaysia.
8. Lush
Meski merek kosmetik ini berasal dari Inggris, produk-produk Lush ternyata harganya lebih murah di Jepang. Dari bath bomb sampai pelembab, kamu akan dimanjakan oleh pilihannya yang beragam (dan warnanya yang cantik!) Misalnya saja bath bomb jenis Rocket Science di Jepang dijual dengan harga JPY 590 (Rp 74.000), lebih murah dibandingkan di Malaysia yakni seharga RM 36 (Rp 122.000). Ketika salah satu kolega kamu berkunjung ke Tokyo, ia membeli scrub bibir Lush dengan harga ⅔ dari harga jual di Singapura!
9. Bao Bao Issey Miyake
Fans sejati Bao Bao Issey Miyake tentu tahu bahwa koleksi lengkap tas ini bisa ditemukan di Tokyo. Entah itu seri Lucent yang populer ataupun seri Maru Maru yang unik, katanya tas ini 30% hingga 40% lebih murah di Jepang ketimbang di Singapura ataupun Malaysia. Sempatkan dirimu untuk mampir ke outletnya yang ada di Ginza, Shibuya, Minato-ku, dan lokasi lainnya!
10. Seiko
Jika kekasihmu (atau mungkin kamu) butuh jam tangan baru, langsung saja beli Seiko di Jepang. Perusahaan jam ternama asli Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1881 dan dikenal dengan kualitasnya. Variannya beragam, mulai dari seri Pressage yang tangguh sampai Grand Seiko yang elegan. Kamu bisa menemukan pilihan jam tangan yang cocok untuk semua kepribadian dan gayahidup. Untuk mengetahui dimana jam ini dibuat, cek di bagian belakang jam dan temukan tulisan ‘Made in Japan’. Beberapa model eksklusif bahkan menuliskannya di bagian penampang jamnya. Kamu pun bisa menemukan jam tangan vintage dan edisi terbatas di beberapa toko Seiko. Fakta unik: Tahukah kamu bahwa kolektor jam tangan Jepang memburu jam vintage Seiko yang dirilis pada bulan dan tahun kelahirannya?
11. G-SHOCK

Bukan rahasia lagi bahwa jam tangan G-Shock harganya lebih murah di Jepang. Jam produksi perusahaan elektronik Jepang, Casio, ini telah ada sejak tahun 1983 dan merilis berbagai koleksi jam dengan gaya sporty dan tangguh. Untuk menjaga harganya tetap murah, mayoritas jam tangan ini diproduksi di Jepang. Meski beberapa model terbarunya merupakan buatan China dan Thailand, kamu masih bisa menemukan versi buatan Jepang yang dijual dengan harga cukup menarik.

12. Louis Vuitton
Bicara soal tas Louis Vuitton di Jepang, kuncinya adalah mengetahui dimana kamu harus mencarinya. Untuk tas Louis Vuitton (dan merek lainnya seperti Chanel, Hermes, dan Valentino) dengan harga diskon gila-gilaan, kamu bisa datang ke Gotemba Premium Outlet atau cabang Mitsui Outlet manapun di Jepang. Kedua lokasi ini memang terkenal menjual tas ini dengan harga diskon besar. Selain itu, kamu pun bisa mampir ke toko Book-Off dan Komehyo di Tokyo untuk menemukanbarang mewah bekas. Faktanya, kamu bisa membeli dompet Louis Vuitton bekas hanya dengan harga JPY 6.000 (Rp 748.000) di Book-Off Nagoya! Orang Jepang juga dikenal apik dalam menjaga barang mewah. Jadi, bisa dipastikan barang bekas yang kamu beli dalam kondisi baik. [P.S. Tahukah kamu bahwa Louis Vuitton adalah salah satu merek yang juga lebih murah jika kamu membelinya di Paris!]
BONUS: Belanja bebas pajak di Jepang!
Jika kamu adalah turis mancanegara yang akan tinggal di Jepang selama kurang dari 6 bulan, kamu berhak untuk menerima pengembalian pajak! Kami merekomendasikan agar kamu belanja bebas pajak, apalagi mengingat pajak barang dan layanan di sana naik menjadi 10% sejak Oktober 2019 lalu. Tidak semua toko di Jepang menawarkan pengembalian pajak belanja. Namun, toko dengan fasilitas tersebut biasanya memajang logo “Tax-free Shop/Counter”.
Barang-barang yang biasanya berhak menerima pengembalian pajak adalah barang umum (pakaian, aksesoris, peralatan, dan barang non-konsumsi) dan barang konsumsi (makanan, minuman, kosmetik, dan produk tembakau). Untuk informasi lebih lengkap, simak panduan untuk berbelanja bebas pajak dengan mudah di Jepang!
Kredit: Giphy Dengan begitu banyak pilihan pakaian dan barang mewah, tidak heran jika kamu bisa menemukan berbagai merek dengan harga lebih mudah di Jepang. Mulai dari tas vintage Louis Vuitton hingga sneakers Adidas rilisan Jepang, semoga panduanini menjadikan perjalananmu ke Jepang semakin berkesan. Jika kamu berencana berlibur sambil belanja, lihat juga beberapa merek yang lebih murah diLondon, Paris, dan Eropa!