icon
icon
article hero

Resep dan Cara Mudah untuk Menyiapkan Pesta K-BBQ di Rumah

AvatarName

Tiara  •  Aug 04, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Siapa sih yang bisa menolak daging panggang Korea alias K-BBQ? Berbagai restoran di kota besar berlomba-lomba menyajikan resep BBQ Korea terbaik untuk menarik pelanggan. BBQ Korea biasanya berisi potongan daging yang telah dimarinasi dan dibakar di atas panggangan sambil dimakan bersama-sama. Selain untuk mengisi perut, K-BBQ juga jadi ajang kumpul-kumpul seru. Karenanya, tidak heran jika restoran BBQ Korea selalu ramai oleh pengunjung. Faktanya, dengan resep BBQ Korea yang enak, tidak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah. Tim HHWT pun telah merangkum langkah demi langkah untuk menyiapkan BBQ Korea di rumah, mulai dari alat yang dibutuhkan, pilihan daging, sampai makanan pendamping yang sesuai berikut ini.
Peralatan yang dibutuhkan
Karena kamu membuatnya di rumah, kamu tidak perlu menyiapkan arang seperti di restoran Korea. Cukup gunakan kompor portable dan panggangan biasa. Berbagai peralatan BBQ Korea pun sudah banyak tersedia di pasaran, misalnya panggangan grill pan seperti ini atau yang sekaligus berfungsi sebagai panci steamboat . Peralatan yang tepat akan membuat resep K BBQ yang kamu siapkan semakin lezat. Jangan lupa, yang namanya BBQ tentu soal memanggang daging. Otomatis akan ada asap sepanjang sesi memasak dan makan. Jadi, sebaiknya kamu melakukannya di luar ruangan atau di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. #HHWT Tip: Resep BBQ Korea kamu pun sama lezatnya jika kamu memasak dagingnya dengan kompor di dapur seperti biasa. Hanya saja, BBQ Korea paling enak ketika dimakan langsung dari panggangan dan dinikmati sambil dimasak bersama-sama.
Siapkan dagingnya
Resep BBQ Korea tradisional biasanya terdiri dari banyak pilihan daging, termasuk daging sapi, ayam, dan daging babi. Bumbunya yang digunakan pun beragam, ada kalbi, bulgogi, atau bahkan tanpa bumbu untuk menonjolkan rasa dari daging itu sendiri. Tenang, kamu tidak harus mengikuti semua resep BBQ Korea asli untuk menikmati K BBQ di rumah. Dengan 3 resep BBQ Korea favorit tim HHWT ini, kamu pun sudah siap pesta daging di rumah.
  • Bulgogi daging sapi: Resep BBQ Korea yang satu ini menggunakan daging sapi (biasanya sirloin, ribeye, atau brisket) yang diiris tipis dan dimarinasi dengan bumbu bulgogi. Supaya lebih mudah mendapatkan irisan yang tipis, iris daging saat masih setengah beku. Kamu cukup membuat resep marinasi bulgogi sederhana ini dan diamkan daging selama beberapa saat (atau sehari sebelumnya) sebelum dipanggang.
  • Ayam dak galbi:  Biasanya dak galbi menggunakan daging ayam tanpa tulang (paling enak daging paha!) yang dimarinasi dengan saus galbi yang terbuat dari gochujang.
  • Steak daging sapi: Resep BBQ Korea sudah cukup dengan 2 jenis daging di atas, tapi boleh juga ditambahkan daging tanpa bumbu sebagai variasi. Untuk menu ini, gunakan jenis daging yang bagus dan sedikit berlemak seperti ribeye yang akan lumer dan gurih saat dipanggang.
Resep BBQ Korea sederhana di atas sudah cukup untuk berpesta daging di rumah. Kalau kamu suka, kamu pun bisa menambahkan daging iga yang dimarinasi dengan saus galbi sebelum dipanggang. Selain daging, sayuran seperti jamur, tahu, dan seafood juga enak untuk dipanggang dan melengkapi BBQ Korea kamu. #HHWT Tip: Kalau mau lebih gampang lagi, kamu bisa membeli daging BBQ Korea siap pakai yang telah diiris tipis di supermarket atau toko daging. Saus bulgogi halal pun kini sudah ada di pasaran, misalnya merek Kikkoman atau Mokgofood.
Siapkan sausnya
Resep BBQ Korea tentu belum lengkap tanpa sausnya. Biasanya saus yang disajikan adalah ssamjang, doenjang, dan gochujang. Sayangnya, tidak semua saus yang beredar dipasaran halal dan boleh dikonsumsi oleh Muslim. Namun, saus ssamjang sendiri cukup mudah dibuat (misalnya dengan resep dari My Korean Kitchen ini ). Selain itu, ada beberapa merek yang menyediakan gochujang bersertifikat halal MUI di Indonesia saat ini, misalnya Kikkoman dan Mokgofood. Walaupun kamu tidak punya saus ssamjang atau doenjang, dagingnya sudah dimarinasi dengan resep BBQ Korea yang enak. Kamu cukup menyiapkan saus apapun yang kamu suka sebagai pelengkap, bisa saus barbecue atau bahkan sambal. 😉 
Pelengkap lainnya
Untuk melengkapi resep BBQ Korea yang telah ada, kamu bisa menyiapkan beberapa menu tambahan sebagai berikut:
  • Daun selada - BBQ Korea dimakan dengan cara meletakkan daging di atas selembar daun selada, saus, dan beberapa menu pelengkap (pilihannya di bawah). Daging lalu dibungkus dengan selada dan dimakan dalam sekali gigitan. Resep BBQ Korea tradisional biasanya menggunakan daun perilla, tapi daun selada lebih mudah ditemukan dan tidak kalah enak.
  • Nasi - asupan karbo untuk menyeimbangkan protein dan sayuran yang kamu makan!
  • Irisan bawang putih dan cabai - untuk kamu yang suka sedikit rasa pedas dan aroma dalam setiap gigitan
  • Kimchi - menu wajib!
  • Banchan - beberapa jenis makanan pendamping yang biasanya ada dalam setiap makanan Korea. Variasinya banyak, namun kamu bisa melihat halaman ini untuk membuat beberapa banchan untuk melengkapi resep BBQ Korea kamu di rumah. Banchan ini tidak wajib kok, kamu bisa menikmati BBQ Korea tanpa banchan. 😉
 Itulah alat dan bahan yang perlu kamu siapkan untuk berpesta daging ala Korea di rumah. Suasana makan pun semakin meriah ketika kamu melakukannya bersama seluruh anggota keluarga. Selain itu, rasanya pun tidak kalah lezat dari buatan restoran dan yang pasti lebih murah. Kamu tidak perlu lagi keluar dan mengantri untuk menikmati K-BBQ di restoran. Cukup siapkan resep BBQ Korea andalan dan beberapa persiapan lainnya, lalu nikmati pesta K-BBQ di rumah. 😉 Simak juga rekomendasi dan resep makanan Korea lainnya dalam artikel berikut ini: