icon
icon
article hero

5 Resep Sup Hangat dan Mudah, Penangkal Pilek di Musim Hujan Ini

AvatarName

Tiara  •  Nov 05, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Musim hujan telah tiba! Selain mempersiapkan diri dengan payung dan jas hujan ketika bepergian, kamu pun perlu menjaga ketahanan tubuh dengan makanan bergizi. Makanan seperti sup hangat bukan hanya nikmati disantap saat hujan, namun juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Supaya pekan ini tetap hangat, kamu bisa mencoba beberapa resep sup di bawah ini di rumah.
Sup ayam jahe
Resep sup ayam ini adalah yang paling banyak dicari di internet. Bukan hanya karena rasanya yang enak, resep sup ayam ini juga penuh dengan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan proteinnya berasal dari daging ayam, vitamin dan seratnya dari wortel dan daun bawang, serta ada kandungan jahe dan bawang putih dipercaya mampu meredakan flu karena memiliki kandungan anti inflamasi. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah. Cukup siap kan ayam, wortel, kaldu, bawang putih, jahe, dan daun bawang serta seledri. Kamu bisa melihat video di atas untuk langkah demi langkah resep sup ayam jahe yang nikmat.
Sup jagung telur
Kalau kamu hanya punya jagung dan telur di rumah, resep sup satu ini bisa jadi pilihan. Membuatnya kelewat mudah, tapi rasanya benar-benar enak. cukup siapkan daging ayam, jagung pipil atau jagung kalengan, dan telur. Bumbu-bumbunya pun sudah ada di rumah,hanya bawang putih, daun bawang, kaldu, garam, dan lada. Kalau kamu suka kuahnya sedikit kental, bisa tambahkan larutan tepung tapioka di akhir sebelum diangkat. Masih kurang jelas? Silakan nonton video Yackikuka di atas untuk resep sup sederhana ini.
Sup merah
Kalau kamu berasal dari Surabbaya, mungkin sudah tidak asing dengan resep sup yang satu ini. Berbeda dengan sup tomat ala Eropa yang pekat, resep sup merah Surabaya ini lebih encer. Selain itu, isiannya juga lebih beragam. Kamu bisa menggunakan isian apapun yang kamu suka, mulai dari daging ayam, sosis, bakso, atau bahkan makaroni rebus. Jangan lupa tambahkan sayuran seperti potongan wortel dan kacang polong. Warna merah kuahnya sendiri didapatkan dari pasta tomat dan tomat cincang. Otomatis, rasanya bukan hanya gurih karena kaldu, namun juga segar. Simak resep sum merah sederhana dan cara membuatnya dalam video di atas!
Sup iga rempah
Rahasi resep sup iga yang nikmat adalah kombinasi antara daging yang empuk dan kuah harum berempah. Bayangkan saja ketika hari sedang hujan, kamu asyik menyerupuk kuah hasil resep sup iga rempah andalan. Untuk mewujudkan imajinasi itu, kamu cukup menyiapkan iga sapi, kentang, wortel, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, dan daun salam. Untuk rempahnya, bunga lawang, cengkeh, pala, kayu manis, kapulaga, dan jinten saja sudah cukup. Videodi atas akan menjelaskan langkah demi langkah dalam mempraktekkan resep sup iga rempah yang mudah dan enak.
Sup ikan asam pedas
Selain digoreng, ikan juga enak dinikmati sebagai hidangan berkuah. Dari sekian banyak resep sup ikan yang beredar, sebagian besar menkombinasikan tomat dan daun kemangi untuk mengurangi aroma amis sekaligus menambah rasa segar pada supnya. Siangi dan cuci bersih ikan pilihanmu, lalu siapkan bahan-bahan lainnya. Kamu butuh tomat hijau atau tomat merah, serai, jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, dan daun kemangi. Bumbu-bumbu lainnya hanya garam, lada, kaldu, dan sedikit gula pasir.
Langsung saja ikuti video di atas untuk melihat resep sup ikan asam pedas segar dan cara membuatnya! Resep sup hangat ini bisa jadi comfort food yang menyehatkan di musim hujan. Simak juga resep lain yang bisa kamu coba dalam artikel berikut ini: