icon
icon

Mengenal 5 Soto Khas Nusantara Paling Dicari (dan Cara Membuatnya)

AvatarName

Tiara  •  Oct 06, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Gurih, hangat, berkuah, dan mengenyangkan, tidak heran kalau banyak orang yang suka makan soto. Untungnya, Indonesia dianugerahi warisan kuliner yang begitu kaya, termasuk ragam soto dari seluruh Nusantara. Soto adalah comfort food bagi orang Indonesia. Selain populer sebagai jajanan, soto juga menjadi menu yang kerap dimasak di rumah. Dari sekian banyak soto di Indonesia, ada beberapa yang jadi favorit dan paling dicari di internet. Inilah 5 besar soto paling populer di Indonesia dan resepnya yang bisa kamu contek untuk inspirasi makan siang.
Soto Betawi
Soto khas Jakarta ini terkenal sedap karena kuah santannya. Bukan hanya daging sapi, semangkuk soto Betawi pun kadang berisi aneka jeroan dan organ lainnya. Kuahnya yang gurih pun semakin harum dengan bumbu dan rempah yang menyamarkan aroma jeroan. Supaya lebih sehat, kadang kuah soto Betawi diganti dengan susu. Kalau kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, contek saja langkah-langkahnya dari video Sobat Dapur di atas.
Soto Lamongan
Berbeda dengan soto Betawi, soto khas Jawa Timur ini berkuah kuning bening dengan rasa gurih dari kaldu. Potongan daging sapi atau ayam, telur rebus, dan irisan kolnya ini semakin nimat dengan taburan koya (kerupuk udang dan bawang putih goreng yang dihaluskan). Ada banyakresep untuk membuat soto Lamongan. Namun,Chef Supri menjelaskan setiap langkah-langkahnya (termasuk cara membuat koya) dalam video di atas.
Soto Bandung
Semangkuk soto biasanya berisi kuah, protein, dan sayuran. Untuk soto Bandung, sayuran yang dipilih adalah lobak. Kuahnya bening dengan rasa segar dari perasan jeruk limau. Alih-alih kerupuk, unsur renyah pada soto Bandung datang dari taburan kacang kedelai goreng. Untuk kamu yang ingin membuatnya di rumah, video Peggy Louisa bisa membantu kamu menciptakan soto Bandung rumahan yang sedap!
Soto Banjar
Soto yang satu ini merupakan makanan khas suku Banjar dari Kalimantan Selatan. Bahan utamanya adalah daging ayam dan telur bebek. Namun, rempah-rempah yang digunakan lebih beragam, mulai dari kayu manis, biji pala, cengkeh, hingga kas kas. Kuahnya bening, namun ada beberapa versi yang menggunakan campuran susu. Ikuti langkah demi langkah untuk membuat soto Banjar dengan resep asli dalam video Lestari Putri di atas!
Soto Mie
Soto yang satu ini adalah makanan khas kota Bogor. Cita rasa kuah beningnya gurih, sedikit manis, dan ada pedasnya. Bukan hanya daging sapi, soto mi juga berisi kikil atau urat, mi kuning, irisan kol, dan yang paling favorit, risol isi bihun! Kulit risol yang renyah berpadu dengan kuah gurih dan kikil yang kenyal. Sudah terbayang kan sedapnya? Langsung saja tonton videoMama Iss untuk membuat soto mie Bogor ala rumahan yang enak! Masih perlu inspirasi untuk makan siang atau cemilan hari ini? Pilih saja dari beberapa artikel berikut ini: