icon
icon
article hero

6 Olahan Mangga Kekinian yang Bisa Kamu Coba di Musim Panen Kali Ini

AvatarName

Tiara  •  Oct 23, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Musim mangga telah tiba! Saatnya menikmati aneka jenis buah mangga manis nan harum. Selain dimakan langsung, buah mangga juga bisa diolah menjadi aneka makanan. Puding atau jus mangga adalah olahan mangga yang paling mudah ditemukan. Tapi tahukah kamu kalau mangga bisa diolah lebih dari itu? Buah ini bisa disulap menjadi aneka hidangan yang lezat. Kalau kamu mau, olahan mangga kekinian berikut ini pun bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menarik!
Mango Sagoo
Olahan mangga kekinian satu ini pasti sudah sering muncul di linimasa kamu. Perpaduan antara buah mangga, butiran sagoo, dan vla yang creamy ini memang sulit ditolak. Manisnya vla, segarnya mangga, dan tekstur sagoo yang kenyal ini akan membuat kamu sulit berhenti mengunyah. Selain mangga, dessert sagoo ini pun bisa dibuat dengan aneka rasa lainnya. Meski terlihat kompleks karena ada begitu banyak bahan yang digunakan, ternyata membuat sagoo mangga tidak terlalu sulit. Setelah seluruh elemennya disiapkan, kamu hanya tinggal menyusun dan menyimpannya di lemari es agar semakin nikmat!
Mango Sticky Rice
Olahan mangga kekinian ini akan membawamu bernostalgia ke liburan di Thailand. Meski namanya ketan mangga, justru mangga di hidangan ini tidak perlu kamu masak, hanya dipotong-potong saja. Cukup siapkan ketan dan vlasantan sesuai selera sebagai pasangan mangga. Ada berbagai versi resep ketan mangga yang beredar di internet. Salah satu yang mudah untuk diikuti adalah video di atas.
Sambal Mangga
Jangan salah, sepiring sambal mangga bisa membuat sesi makan lebih meriah. Pedasnya sambal berpadu dengan irisan mangga muda yang segar ini bisa membuat kamu nambah nasi terus. Rahasia sambal mangga yang enak adalah proporsi yang tepat antara pedas, asam, dan gurih. Video di atas akan memberikan 2 resep mangga sekaligus yang bisa kamu buat dengan stok mangga muda yang ada di rumah. Coba saja keduanya dan cicipi mana yang paling cocok untuk lidahmu.
Selai Mangga
Kalau kamu punya stok mangga matang yang berlimpah, olahan mangga kekinian satu ini bisa jadi salah satu solusi untuk mengawetkannya. Selain hasilnya berlimpah, selai mangga ini juga bisakamu gunakan untuk berbagai makanan. Bisa dioles di atas roti, isian gonat, topping es krim, atau bahkan campuran untuk smoothies!
Salad Mangga
Satu lagi olahan mangga kekinian yang akan membawa lidahmu jalan-jalan ke pasar malam Thailand. Salad mangga bisa jadi alternatif untuk makanan pembuka, cemilan, atau bahkan teman makan nasi. Meski menggunakan mangga muda, perpaduan bumbu-bumbunya membuat salad mangga ini gurih dan sedap. Taburan kacang di atasnya juga menambah tekstur dan rasa yang unik.
Es Krim Mangga
Olahanmangga kekinian yang satu ini bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin makan makanan pencuci mulut yang lebih sehat. Sorbet atau s krim mangga ini enak dinikmati di siang hari yang panas. Lebih baik lagi, kamu tidak perlu menambahkan gula karena sudah ada rasa manis dari mangga yang matang ini. Stok mangga yang berlimpah di rumah bisa kamu sulap menjadi makanan yang punya nilai ekonomis tinggi. Selain enak, olahan mangga kekinian ini pun sehat karena dibuat sendiri di rumah tanpa bahan tambahan sintetis. Simak juga beberapa resep mudah lain yang bisa kamu coba di rumah dalam artikel berikut ini: