icon
icon
article hero

Dari Camilan Gurih Sampai Dessert Manis, Ini 5 Resep Olahan Nasi Sisa Selain Nasi Goreng

AvatarName

Tiara •  Aug 27, 2021

icon

Nasi sisa bisa dibuat apa saja?

Nasi goreng, bubur, nasi uduk, nasi bakar, apa lagi ya? Menu tersebut mungkin olahan nasi sisa yang paling populer. Namun dengan sedikit kreativitas, kamu bisa menghadirkan makanan yang benar-benar berbeda. Pada dasarnya nasi adalah karbohidrat sehingga nutrisinya mirip dengan tepung-tepungan. Namun, tentu saja tekstur dan sifatnya berbeda. Jika kamu mencari resep olahan nasi sisa yang unik, mulailah dari resep berikut ini.

Bakwan nasi

Nasi putih dingin bisa diolah menjadi lauk baru, salah satunya menjadi bakwan jagung. Cara membuatnya juga mudah dan bahan-bahannya mirip dengan bakwan jagung biasa. Campur nasi, jagung, irisan daun bawang, lalu campur dengan telur kocok yang sudah dibumbui. Aduk rata, lalu goreng hingga matang.

Cireng nasi

Untuk camilannya, olahan nasi sisa berupa cireng bisa menjadi pilihan. Cireng biasanya terbuat dari tepung kanji dan tepug tapioka. Namun, ternyata cireng yang terbuat dari nasi juga tidak kalah lezat. Teksturnya renyah di luar dan kenyal di dalam. Kamu pun bisa menambahkan aneka bumbu dan rempah ke dalam adonan sesuai selera. Jangan lupa siapkan sambal rujak untuk pelengkap supaya lebih nikmat.

Bakso nasi

Sama, kami pun kaget ketika tahu ada olahan nasi sisa berbentuk bakso. Bakso nasi ini ternyata mirip dengan bakso aci yang biasa dijajakan. Cara membuat olahan nasi sisa ini pun cukup mudah. Perbedaan terbesar ada pada bahan utamanya, yakni nasi putih yang direndam dan dihaluskan lalu dicampur dengan tepung tapioka dan terigu untuk mendapatkan tekstur bakso. Bumbu-bumbunya pun mirip dengan resep bakso aci. Bakso nasi ini nikmat disajikan hangat dengan kuah atau dibakar dengan bumbu kecap.

Es krim nasi

Kejutan! Ternyata olahan nasi sisa bisa juga berupa es krim. Konten kreator @efrita.asmr memperlihatkan caranya mengolah nasi putih menjadi makanan pencuci mulut yang lezat. Bahan-bahan dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Cukup siapkan nasi, air, santan, kental manis, gula, dan beberapa bahan lainnya. Haluskan dan masak semua bahan bersama hingga matang, cetak, lalu bekukan.

Kue lumpur nasi

Ide olahan nasi sisa yang tidak kalah menarik adalah kue lumpur. Jika biasanya kue lumpur terbuat dari kentang, maka kali ini kamu bisa membuatnya dengan nasi sisa semalam. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan kue lumpur pada umumnya. Hanya saja, kentang diganti dengan nasi putih. Camilan ini bisa jadi ide bisnis rumahan yang unik! Simak juga resep mudah lain yang bisa kamu coba di rumah dalam artikel berikut ini:

Resep Chick Kut Teh, Versi Ramah Muslim dari Bak Kut Teh

5 Resep Roti ala Korea Mudah untuk Dibuat di Rumah

Kangen Jepang? Buat Sendiri 5 Jajanan Konbini dengan Resep Ini

6 Resep Minuman Hangat Pelega Tenggorokan dari Negara Favoritmu