icon
icon
article hero

5 Resep Olahan Aci Mudah untuk Cemilan atau Ide Jualan

AvatarName

Tiara  •  Jan 28, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Aneka camilan berbahan dasar aci alias tepung kanji semakin digemari sejak pandemi. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di rumah, maka permintaan camilan pun meningkat, tidak terkecuali jajanan sederhana ini. Selain karena rasanya enak, cireng, cilok, baso aci, dan olahan aci lainnya juga relatif terjangkau harganya. Jika biasanya kamu membeli jajanan aci ini di depan sekolah atau kaki lima, kini kamu punya waktu untuk membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya sederhana, harganya murah, dan lebih higienis, inilah beberapa resep camilan aci yang bisa kamu coba.

Bakso aci kuah

Di musim hujan seperti ini, semangkuk bakso aci kuah pedas tentu cocok untuk menghangatkan diri. Untuk membuat satu porsi resep bakso aci, siapkan 4 sdm tepung tapioka dan 2 sdm tepung terigu untuk bahan dasar bakso. Didihkan segelas air, lalu masukkan 4 siung bawang putih yang telah dihaluskan dan sedikit kaldu bubuk. Tuangkan air rebusan yang masih panas ke campuran tepung, lalu uleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk bulatan. Untuk kuahnya, haluskan 3 siung bawang putih, 2 sung bawang merah, 2 buah cabai keriting, dan cabai rawit sesuai selera. Tumis bumbu halus hingga harum, bumbui dengan gula dan garam, lalu masukkan air dan masak hinggamendidih bersama bakso aci. Sajikan dengan perasan jeruk limau, irisan daun bawang, dan kerupuk.

Tahu aci

Resep tahu aci cukup sederhana. Cukup siapkan tahu putih dan buat isian aci. Adonan isinya mirip dengan bakso aci di atas, hanya saja tambahkan daun bawang dan daun seledri supaya aromanya lebih sedap. Kerat satu sisi tahu, lalu tempelkan adonan aci ke seluruh permukaannya. Goreng hingga matang dan sajikan selagi hangat.

Cireng isi

Satu-satunya hal yang membedakan resep cireng isi dengan olahan aci lainnya adalah isiannya. Cireng isi bisa dimodifikasi sesuai selera. Namun, isian yang paling sering ditemui adalah isi keju parut, abon sapi, dan tumis ayam suwir. Kamu bisa melihat video di atas untuk contekan resep cireng isi nikmat dengan isian yang melimpah. Cocok untuk camilan sore sambil minum teh!

Cilok bumbu kacang

Kalau kamu sedang mengurangi makan gorengan, resep cilok bumbu kacang ini boleh dicoba. Dengan resep bakso aci yang sama dengan sebelumnya, rebus bulatan aci hingga matang, lalu sisihkan. Buat saus kacang mudah dengan mencampurkan selai kacang, air panas, sedikit kecap manis, dan cabai bubuk hingga rata. Siram di atas cilok yang telah matang, dan nikmati selagi hangat. #HHWT Tip: Buat cilok bumbu kacang ini semakin spesial, isi cilok dengan potongan keju mozzarellaatau sosis sebelum direbus!

Cimol goreng

Jajanan satu ini biasa ditemukan di depan sekolah dasar ataupun di tempat umum seperti halte bus dan stasiun kereta. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggoreng adonan bakso aci dengan api kecil. Hati-hati ya, jika suhu minyak terlalu panas cimol bisa meletup dan membahayakan. Setelah matang, kamu bisa menaburkan bumbu bubuk kentang goreng siap pakai yang kamu suka. Atau, bisa juga membuat bumbu bubuk sendiri dengan mencampurkan bubuk bawang putih, lada, garam, cabai bubuk, dan sedikit kaldu bubuk. Simak juga resep mudah lainnya dalam artikel berikut ini: