icon
icon
article hero

6 Resep Minuman Hangat Pelega Tenggorokan dari Negara Favoritmu

AvatarName

Tiara  •  Nov 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui 14 Juli 2021] Kasus Covid-19 yang semakin tinggi tentu membuat kita khawatir. Terkadang, hidung tersumbat dan rasa tidak enak di tenggorokan saja sudah membuat kita panik 😅 Jika tenggorokan kamu mulai terasa gatal, coba legakan terlebih dahulu dengan minuman hangat. Supaya lebih semangat, coba deh buat minuman hangat dari berbagai negara berikut ini.

Korea - Goguma Latte

Sudah lama kita tidak melawan dingin sambil menelusuri gang-gang di Seoul. Sambil menunggu, buat saja minuman hangat ini di rumah. Selain dibuat menjadi Goguma Ppang, ternyata ubi juga bisa menjadi minuman hangat khas Korea. Bahan-bahannya mudah didapat dan caranya juga mudah. Ambil beberapa ubi kukus, lalu blender dengan susu dan sedikit gula. Supaya lebih spesial, kamu bisa beri topping buih susu dan remahan kacang. Kamu pun bisa menggunakan ubi ungu supaya warnanya lebih cantik seperti video di atas!

Jepang - Matcha Latte

Minuman hangat satu ini sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Rasanya yang lembut dan sedikit sensasi pahit dari matcha ini memang mengingatkan kita akan suasana Kyoto yang sejuk. Kalau kamu bosan dengan minuman matcha kemasan, kamu juga bisa membuatnya sendiri dari nol. Cukup siapkan bubuk matcha, susu, dangula (opsional). Dengan demikian, kamu bisa meracik matcha latte hangat sesuai selera. Contek saja video di atas kalau kamu belum yakin dengan takaran yang tepat untuk minuman hangat ini.

Perancis - Cokelat panas

Angelina adalah sebuah kafe di Paris yang terkenal akan cokelat panasnya. Berbeda dengan cokelat panas biasa, minuman hangat ini lebih kental, lembut dan kaya rasa. Tidak heran jika ia dinobatkan sebagai cokelat panas terbaik di Paris. Kamu pun bisa membawa suasana Paris ke rumah dengan membuatnya sendiri. Cukup ikuti resep cokelat panas Angelina di halaman ini untuk terbang sejenak ke Kota Cinta.

India - Masala Chai

Lembut dan berempah, minuman hangat khas India ini paling banyak dikonsumsi saat musim dingin. Penggunaan rempah yang beragam dalam minuman hangat ini membuat rasanya unik dan berbeda dari teh susu pada umumnya. Selain bahan dasar susu dan teh, rempah yang digunakan untuk membuat minuman hangat ini adalah jahe, pala, kayu manis, lada butir, cengkeh, dan kapulaga. Meski bahannya cukup banyak, ternyata tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Cukup ikuti resep dari video di atas!

Amerika Serikat - Eggnog

Kalau kamu pernah liburan musim dingin di Amerika Serikat, minuman hangat satu ini adalah menu wajib menjelang Natal. Eggnog adalah minum yang terbuat dari kuning telur,susu, dan krim yang dibumbui rempah-rempah. Beberapa versi eggnog dibuat dengan campuran minuman beralkohol, namun tanpa alkohol pun minuman ini siap dinikmati. Membuatnya juga mudah, cukup ikuti resep eggnog sederhana di video di atas!

Indonesia - Wedang Jahe

Indonesia pun punya berbagai minuman hangat yang nikmat untuk musim hujan. Salah satu yang paling populer adalah wedang jahe. Selain untuk menghangatkan badan, kandungan rempah yang ada di dalamnya pun baik untuk kesehatan. Ganti wedang jahe kemasan kamu dengan buatan sendiri yang lebih lezat dan tanpa pengawet. Kamu hanya butuh jahe, serai, gula merah, gula pasir, dan air untuk membuat minuman hangat ini. Proporsinya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera. Mudah, murah, dan lezat, minuman hangat ini siap menemani kamu di rumah saat hujan turun atau butuh asupan manis yang baik untuk tubuh. Simak juga rekomendasi makanan lain yang bisa kamu coba di rumah dalam artikel berikut ini: