icon
icon
article hero

Kangen Jepang? Buat Sendiri 5 Jajanan Konbini dengan Resep Ini

AvatarName

Tiara  •  Nov 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jajanan Jepang adalah satu hal yang paling dirindukan ketika liburan ke Negeri Sakura. Mini market alias konbini yang ada di setiap sudut jalan adalah harta karun tersembunyi yang menyimpan aneka jajanan enak. Sambil menunggu kita bisa ke Jepang lagi, ayo bernostalgia dengan menikmati aneka jajanan konbini Jepang favorit kamu di rumah dengan resep berikut ini!
Onigiri
Bahan-bahan (untuk 6-8 buah onigiri, tergantung ukurannya): 200 gram beras Jepang 2 lembar nori (rumput laut lembaran) Garam secukupnya Bahan isian: 1/2 kaleng tuna Mayones secukupnya (lebih enak mayones Jepang seperti Kewpie) 1 potong fillet samlon atau fillet dada ayam Saus teriyaki secukupnya Udang matang secukupnya Cara membuat: Masak nasi sesuai petunjuk. Sambil menunggu, siapkan isiannya dengan cara sebagai berikut: Tuna mayo: buang air tuna kalengan, campur dengan mayones, lada, dan garam, lalu aduk rata. Ebi mayo: sama dengan cara membuat tuna mayo. Salmon/ayam teriyaki : marinasi salmon atau ayam dengan saus teriyaki selama 15 menit, lalu panggang di oven atau di kuali hingga matang. Angkat, lalu potong kecil-kecil. Siapkan nori dengan memotongnya sesuai ukuran onigiri yang ingin kamu buat. Setelah nasi matang, angkat, lalu aduk-aduk agar cepat dingin. Saatnya membuat onigiri! Siapkan semangkuk air dan garaam di piring kecil. Basahkan tangan dengan sedikit air dan beri sejumput garam. Ambil sekitar 2 sdm nasi, beri isian di tengahnya, lalu rapatkan dan bentuk menjadi segitiga. Ambil selembar nori, lilitkan ke nasi mengikuti sudut-sudutnya. Jadi deh! 🍙 
Dorayaki
Bahan-bahan (untuk 4 dorayaki): 2 butir telur ukuran besar 50 gram gula 80 gram tepung terigu 1/2 sdt baking powder 1 sdm madu 1/2 - 1 sdm air matang Minyak untuk memasak dorayaki Cara membuat: Masukkan telur, gula, dan madu, kocok hingga mengembang dan warnanya pucat. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata, dan diamkan adonan di kulkas selama 15 menit. Periksa konsistensi adonan, tambahkan air jika terlalu kental. Adonan harus kental tapi bisa dituang dengan mudah. Panaskan wajan dan oleskan dengan sedikit minyak. Tuang 1 sedok sayur adonan ke wajan, masak hingga permukaannya bergelembung (kurang lebih 1-2 menit), balik dan masak selama 20-30 detik. Angkat dan sisihkan dorayaki, tutup dengan kain bersih supaya tidak kering. Setelah dingin, beri isian pada satu sisi dorayaki, lalu tutup dengan satu dorayaki lainnya. Kamu bisa menggunakan Anko (pasta kacang merah), Nutella, srikaya, atau selai kacang.
Mochi Ice Cream
Bahan-bahan: 100 gram tepung ketan putih 175 gram gula pasir 200 ml air matang Es krim secukupnya Pewarna makanan (opsional) Tepung maizena (untuk melapisi mochi supaya tidak lengket) Cara membuat: Campur tepung ketan, gula pasir, pewarna makanan, dan air di dalam mangkuk, aduk hingga rata. Panaskan adonan di atas api kecil sambil diaduk terus hingga matang dan lengket. Siapkan talenan atau bidang datar yang diberi alas, taburkan tepung maizena, lalu tuang adonan mochi di atasnya dan gulingkan hingga adonan tidak lengket lagi. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri es krim di tengahnya, lalu rapatkan dan bentuk bulat. Lanjutkan hingga adonan mochi habis, lalu simpan di dalam freezer agar es krim padat. 🍡
Fruit Sando
Bahan-bahan (untuk 2 porsi): 4 lembar roti susu Jepang (Hokkaido Milk Bread), atau pakai roti tawar lembut 200 ml whipping cream 3 sdt gula Buah-buahan sesuai selera (paling sering digunakan adalah stroberi, kiwi, jeruk Navel, peach, dan anggur) Beberapa tetes esens vanila halal Cara membuat: Siapkan buah yang mau kamu gunakan sebagai isiannya dengan mengupas kulit dan membuang pangkal atau bijinya, sisihkan. Kocok whipping cream bersama gula dan esens vanilla hingga mengental di mangkok yang telah didinginkan. Atau gunakan mangkok rangkap yang bawahnya telah diisi es batu supaya tetap dingin. Beri whipped cream yang banyak dan ratakan di permukaan roti. Susun buah sesuai selera, tapi ingatlah bahwa roti ini akan dipotong diagonal. Jadi, susun sesuai dengan garis potong supaya hasilnya terlihat cantik nanti. 
Tamago Sando
Bahan-bahan (untuk 2 porsi): 4 lembar roti susu Jepang (Hokkaido Milk Bread), atau pakai roti tawar lembut 3 butir telur bersuhu ruang 2 - 3 sdm mayones Kewpie (merek paling enak untuk resep ini) 2 sdt susu cair 1/4 sdt mustard (opsional) Garam dan lada secukupnya Mentega secukupnya untuk olesan Cara membuat: Didihkan air untuk merebus telur. Masukkan telur dan rebus selama 9 menit, lalu angkat dan masukkan ke telur ke dalam air es, diamkan beberapa saat. Kupas telur dan haluskan dengan garpu sesuai selera. Campur telur dengan mayones, susu, dan mustard, cicipi lalu koreksi rasa. Oles roti dengan mentega, beri isian telur, tangkupkan dengan selembar roti, lalu iris diagonal. Roti lapis siap untuk dinikmati! 🥪 Simak juga resep jajanan Jepang dan Korea lainnya dalam artikel berikut ini: