icon
icon
article hero

7 Cara untuk Mengubah Mi Instan Jadi Makanan Mewah

AvatarName

Tiara  •  May 08, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Rasanya jelas enak, harganya ramah di kantong, dan membuatnya pun mudah. Tidak salah jika mi instan menjadi makanan andalan di setiap kesempatan. Tinggal ditambah telur, sayuran, dan bakso, mi instan pun disulap menjadi makanan lengkap. Supaya tidak bosan, simak juga beberapa resep kreasi Indomie anti mainstream yang bisa kamu coba di bawah ini! Credit: Giphy Memasak memang menjadi kegiatan andalan untuk mengisi waktu selama bulan Ramadan di rumah. Dengan mencoba resep di bawah ini, kamu punya semakin banyak pilihan menu untuk sahur, takjil untuk berbuka, atau teman minum kopi saat sedang tidak berpuasa nanti.  Dibalik rasanya yang beragam, ternyata mi instan juga bisa menjadi kanvas kosong yang bisa kamu mainkan. Biasanya, mi instan dimodifikasi hanya dengan menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera saat memasaknya. Tapi ternyata, modifikasinya bisa lebih dari itu! Kamu mungkin sudah punya resep mi instan modifikasi andalan, tapi kreasi di bawah ini juga patut untuk kamu coba! #HHWT Tips:  Untuk resep di bawah ini, gunakan mi instan dengan rasa yang cenderung netral seperti rasa ayam (jangan yang berbumbu kuat seperti rasa soto, kari, atau rendang) supaya tetap enak dipadukan dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya. 
1. Burger Mi
Menu yang satu ini bisa jadi solusi kalau kamu sedang ingin makan burger tapi tidak punya roti di rumah. Selain mudah dibuat, olahan yang satu ini juga dijamin mengenyangkan! Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Goreng 2 butir telur (buat 1 menjadi telur ceplok) 1 buah burger patty (atau beberapa lembar smoked beef) Selada secukupnya Tomat secukupnya Saus dan mayones secukupnya Cara membuat: Rebus mi instan, tiriskan, lalu campurkan dengan bumbu-bumbu dan 1 butir telur. Pisahkan adonan mi menjadi 2 bagian, masukkan ke dalam cetakan bulat atau teflon mini, lalu goreng dengan hingga matang. Saatnya menyusun burger sesuai selera! Oleskan saus dan mayones di permukaan mi dan taruh selada, tomat, daging, dan telur di antara mi. Kamu juga bisa menambahkan saus dan isian yang kamu suka!
2. Mi Carbonara
Selain cita rasa manis kecap dan pedas cabai, ternyata mi instan juga cocok dengan rasa creamy dan gurih. Dengan tambahan keju dan susu, mi carbonara ini tidak kalah lezat dengan versi spaghetti yang asli! Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Kaldu Ayam atau Ayam Bawang 2 lembar smoked beef 1/4 buah bawang bombay 200ml susu cair 150 gram keju parut 1 sdt tepung terigu 1 sdm mentega Garam dan lada secukupnya Cara membuat:  Rebus mi sampai setengah matang, sisihkan. Lelehkan mentega di atas wajan anti lengket hingga berbuih, masukkan bawang bombay dan smoked beef, lalu tumis sampai harum. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga tepung matang. Kecilkan api, masukkan susu cair, aduk terus agar tidak menggumpal. Ketika saus mulai mengental, masukkan setengah bumbu mi dan keju parut, aduk hingga rata. Masukkan mi yang telah di rebus, masak dengan saus hingga matang. #HHWT Tips: Rasa saus sudah asin karena menggunakan keju. Jadi, gunakan bumbu mi setengah saja, atau cicipi saus terlebih dahulu sebelum menggunakan semua bumbunya.
3. Lumpia Mi
Mudah dan enak! Mungkin 2 kata itulah yang paling tepat untuk mendeskripsikan menu yang satu ini. Bayangkan saja rasa mi instan paling enak sedunia berpadu dengan renyahnya kulit lumpia. Kamu juga bisa membuat saus cocolan untuk menemani lumpia ini. Bahan-bahan: 7 lembar (1 bungkus) kulit lumpia 1 bungkus Indomie Goreng 1/2 butir bawang bombay 1 buah sosis, potong kecil-kecil 1 buah wortel ukuran kecil, parut kasar atau iris tipis-tipis 1 putih telur untuk perekat Cara membuat:  Panaskan 1 sdm minyak, lalu tumis bawang bombay dan sosis hingga layu. Masukkan mi yang sudah direbus dan semua bumbunya, aduk rata. Masukkan wortel, aduk sebentar. Masukkan telur, aduk hingga tercampur dan semua bahan matang. Angkat, sisihkan. Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm mi goreng di tengahnya, lipat membentuk lumpia, dan rekatkan tepinya dengan putih telur. Lakukan sampai semua bahan habis. Goreng lumpia di dengan api sedang hingga matang. Sajikan dengan saus cabai atau mayones. 
4.Pizza Mi
Kalau kamu biasanya membuat pizza mi hanya dengan telur, saatnya kamu memodifikasinya menjadi lebih mewah. Sesuai dengan namanya, pizza mi bisa diberi topping lelehan keju, saus tomat, bahkan potongan nanas untuk sentuhan rasa segar! Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Goreng 2 butir telur 1 sdt oregano kering 3 sdm saus pizza (atau saus bolognese siap pakai) 50 gram keju mozarella 2 buah sosis (atau smoked beef) Cara membuat: Masak Indomie goreng sesuai instruksi, lalu campurkan dengan telur dan oregano. Goreng adonan mi di wajan datar dengan api kecil. Ketika satu sisi sudah matang, balik adonan mi. Ratakan saus pizza atau saus bolognese di atas permukaan mi yang baru dibalik, taburkan keju mozarella dan potongan sosis, lalu tutup wajan agar kejunya meleleh dan mi matang di kedua sisinya.
5.Lasagna Mi
 Gurihnya saus daging dan lelehan saus putih dengan rasa keju adalah hal yang membuat lasagna sulit untuk ditolak. Kabar baiknya, kamu pun bisa membuat lasagna ekonomis dengan menggunakan mi instan yang rasanya tidak kalah nikmat! 
Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Kaldu Ayam 5 sdm saus bolognese siap pakai 1 sdm mentega 1 sdm tepung terigu 200 ml susu cair 1 sdt oregano Keju parut secukupnya untuk taburan Garam dan lada secukupnya Cara membuat: Rebus mi hingga matang, lalu buang airnya dan aduk mi dengan bumbu dalam kemasan, sisihkan. Buat saus putih dengan melelehkan mentega di wajan, lalu masukkan tepung terigu dan aduk hingga tepung matang. Kecilkan api, masukkan susu cair dan aduk terus sampai tidak ada gumpalan, bumbui dengan lada, garam, dan oregano, sisihkan. Siapkan loyang tahan panas yang telah diolesi mentega, beri saus bolognese di dasar loyang, masukkan mi yang sudah dibumbui, siram dengan saus putih, lalu taburkan keju parut di atasnya. Panggang di oven selama sekitar 5 menit atau sampai keju meleleh. 
6. Ifu Mi
Nah, kalau menu yang satu ini sudah pasti enak dan sehat. Masakan mi garing ini biasanya dibuat menggunakan mi telur, tapi dengan sedikit kreativitas, mi instan pun bisa disulap menjadi ifu mi yang tak kalah lezat dengan buatan restoran! Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Ayam Bawang 1 siung bawang putih, cincang 1 buah wortel, iris tipis 1 kuntum kembang kol, potong kecil-kecil 3 butir bakso, iris-iris  1 butir telur 1 sdt maizena yang dilarutkan dengan air Kaldu bubuk 100 ml air Garam dan lada secukupnya Cara membuat: Rebus mi instan, tiriskan airnya. Panaskan minyak goreng, lalu goreng mi yang sudah direbus hingga garing, angkat, sisihkan. Buat kuah siram dengan menumis bawang putih, lalu masukkan bakso, wortel, dan kembang kol. Masukkan telur lalu aduk hingga menjadi orak arik. Bumbui dengan kaldu, garam, dan lada. Masukkan air, masak hingga sayuran matang, lalu masukkan larutan maizena. Aduk dan masak hingga kuah mengental. Angkat dan siramkan di atas mi garing.
7. Schotel Mi
Kalau yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua orang bisa membuatnya dan selalu jadi rebutan. Schotel mi ini bukan cuma cocok sebagai makanan utama, tapi juga cocok cemilan untuk berbuka puasa. Isinya pun bisa kamu sesuaikan dengan keinginan! Bahan-bahan: 1 bungkus Indomie Ayam Bawang 2 butir telur 1 buah wortel ukuran kecil, cincang 1 lembar daun bawang, iris tipis 1 buah sosis, iris-iris Cara membuat:  Rebus mi hingga matang, sisihkan. Kocok telur hingga rata, masukkan semua bahan dan bumbu mi, campurkan dengan mi yang sudah direbus lalu aduk hingga rata. Masukkan mi ke dalam wadah tahan panas, lalu kukus selama 10-15 menit atau hingga matang sepenuhnya. Atau kamu juga bisa memasaknya di wajan tertutup dengan api kecil sampai matang.  Itulah dia! Resep kreasi Indomie sederhana ini bisa jadi inspirasi untuk makan atau cemilan di rumah. Selain mudah untuk dibuat, bahan-bahannya pun murah dan mudah ditemukan di minimarket ataupun warung sekitar. Ngabuburit di rumah pun akan lebih menyenangkan jika kamu melakukan hal yang bermanfaat seperti memasak. Inilah salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan agar waktu luang yang kamu miliki di rumah Ramadan ini semakin bermakna. Tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajari keahlian baru seperti memasak. Selamat mencoba!