icon
icon
article hero

Ngabuburit di Rumah pun Tidak Kalah Seru dengan 8 Aktivitas Ini!

AvatarName

Tiara  •  May 04, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selain menghadirkan keberkahan dan ampunan, bulan Ramadan juga dirindukan karea suasanya yang berbeda. Hanya di bulan Ramadan kita bisa menemukan berbagai takjil, shalat tarawih, dan makan sahur bersama keluarga. Satu hal lain yang juga ditunggu-tunggu adalah ngabuburit Ramadan. Credit: Giphy Ngabuburit sendiri diartikan sebagai kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Kegiatannya pun bisa bermacam-macam. Biasanya ngabuburit Ramadan diisi dengan jalan-jalan sore sambil mencari takjil untuk berbuka.  Namun, kondisi saat ini memang tidak memungkinkan. Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk diam di rumah dan mengurangi kegiatan di luar. Eits, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa ngabuburit. Berbagai aktivitas seru berikut ini bisa kamu lakukan untuk ngabuburit bersama keluarga di rumah!
1. Memasak takjil dan makanan untuk berbuka
Memasuki bulan kedua #dirumahaja, tentu kamu sudah punya berbagai koleksi resep yang menanti untuk dieksekusi. Mumpung sedang bersama keluarga di rumah, coba saja praktekkan resep makanan khas Ramadan Nusantara untuk mengobati rasa kangen jajan takjil. Selain lebih hemat, memasak sendiri pun lebih higienis karena kita memilih dan mengolah sendiri bahan-bahannya. Usai menyiapkan takjil, lanjutkan saja dengan memasak menu makanan untuk makan malam nanti. Supaya lebih seru, buatlah tema tertentu untuk setiap harimemasak. Misalnya hari ini temanya adalah masakan Indonesia, kamu bisa membuat takjil jalangkote dan es blewah, lalu makan malam nasi liwet rice cooker dan ayam goreng kuning. #HHWT Tips: Hemat waktumu dengan memasak dan membekukan makanan tahan lama untuk beberapa hari ke depan!
2. Membuat kue Lebaran
Tidak ada yang bisa mengalahkan aroma dan rasa nastar, kue kacang, putri salju, serta kastengel rumahan yang dibuat dengan cinta. Karena itu, tidak ada salahnya mulai mencicil kue Lebaran untuk hantaran (atau untuk dijual!) menjelang hari raya nanti. Selain untuk memanfaatkan waktu dan tetap produktif, membuat kue saat ngabuburit juga bisa memberikan kamu kesempatan untuk bereksperimen dan menemukan resep yang paling enak. Lebih baik lagi, membuat kue bersama anggota keluarga juga bisa membuat kita lebih akrab satu sama lain. Siapa tau kakak atau adik ternyata punya bakat membuat kue yang selama ini terpendam! #HHWT Tips: Membuat kue juga merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Mereka bisa membantu mencetak adonan dan mengoleskan lapisan telur sebelum kue dipanggang!
3. Olahraga ringan
Jangan mentang-mentang sedang berpuasa, lantas kamu tidak berolahraga sama sekali. Selain mempertahankan kondisi tubuh tetap bugar, olahraga ringan saat berpuasa sangat dianjurkan untuk menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh. Tidak perlu takut haus jika berolahraga saat puasa karena ada beberapa halyang bisa kamu lakukan untuk membuat sesi olahraga Ramadan lebih menyenangkan. Misalnya dengan berolahraga secaraonline bersama dengan teman-teman. Selain itu, olahraganya pun tidak perlu yang intens seperti jogging atau senam aerobik. Beberapa gerakan ringan dan berulang dalam jumlah tertentu pun sudah cukup membuatmu berkeringat. Coba saja sendiri kalau tidak percaya!
4. Ikut kajian online
Selain meningkatkan ibadah, memperdalam ilmu agama adalah amalan lain yang juga bisa dilakukan untuk ngabuburit. Jika biasanya kajian agama ini kamu dapatkan di masjid dan majelis saat berbuka puasa bersama, kamu tetap bisa belajar agama secara online lewat berbagai platform. Misalnya kalau kamu mengunjungi kanal Youtube Aa Gym, kamu bisa mendengarkan pembahasan akidah, fiqih, bincang-bincang dengan tokoh, serta tilawah Al Quran. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan siraman rohani setiap hari agar iman pun bertumbuh selama Ramadan. Selain lewat Youtube, kamu juga bisa mendengarkan podcast Islami atau kajian online interaktif yang bisa diikuti secara live lewat media sosial.
5. Sesi merawat diri
Berhubung kamu tidak lagi harus menghabiskan waktu menjelang buka puasa di jalan untuk pulang kerumah atau ke tempat berbuka puasa, inilah saat yang tepat untuk memanjakan dan merawat diri. Tidak perlu perawatan mewah ke salon (sedang tidak bisa juga sih), cukup dengan ramuan kecantikan yang bisa kamu buat sendiri di rumahseperti masker putih telur, lidah buaya, atau scrub dari bubuk kopi. Bukan cuma soal masker wajar atau perawatan rambut, merawat diri pun bisa kamu lakukan dengan cara apapun yang membuatmu senang. Misalnya dengan tidur siang sejenak, mendengarkan musik favorit, atau mungkin menonton film dan seri favorit di rumah!
6. Membuat kerajinan tangan
Manfaatkan waktu ngabuburit dengan mencoba hobi baru, seperti membuat kerajinan tangan. Jenisnya pun beragam, mulai dari seni yang bisa dipakai seperti membatik, sampai seni yang menghasilkan kerajinan kecil nan imut seperti menyulam untuk gantungan kunci dan pernak pernik lainnya. Salah satu yang menarik dan mudah untuk dicoba adalah shibori. Seni pewarnaan kain asal Jepang ini bisa dicoba sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana. Membuatnya pun tidak butuh waktu lama, dalam sekitar 3 jam, kain putih polos yang kamu punya bisa disulap menjadi motif cantik yang unik! Beberapa sanggar seperti Seratan Studio Jakarta bahkan menyediakan satu set alat dan bahan shibori (lengkap dengan instruksi pembuatannya) untuk kamu praktekkan sendiri di rumah!
7. Silaturahmi virtual
Berbuka dan berkumpul bersama teman-teman saat bulan Ramadan memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Setiap tahun, undangan buka puasa bersama pun datang bertubi-tubi, mulai dari teman-teman kantor sampai reuni bersama teman sekolah. Memang kondisi saat ni tidak memungkinkan untuk bepergian, tapi bukan berarti silaturahmipun terputus.
Silaturahmi bisa dilakukan secara online lewat konferensi video sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tentu menyenangkan rasanya bisa melihat wajah-wajah familiar yang meski kini berjauhan namun tetap dalam keadaan baik. Supaya lebih seru, buat undangan dari beberapa hari sebelumnya, lengkap dengan topik atau tema yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut!
8. Ikut wisata virtual
Siapa sangka kita pun masih bisa melihat-lihat interior gedung bersejarah seperti Lawang Sewu di tengah kondisi PSBB seperti saat ini? Lewat tur virtual, kita akan diajak untuk berjalan-jalan tanpa harus keluar rumah. Lebih asik lagi, pemandu wisata pun menjelaskan fakta tentang lokasi tersebut dan berinteraksi lewat tanya jawab untuk memuaskan rasa penasaran kita. Kegiatan ini menjadi ngabuburit yang begitu berkesan dan menambah wawasan! Kamu bisa mengikuti tur virtual serupa yang diadakan oleh berbagai instansi, salah satunya adalah Wisata Kreatif Jakarta. Kamu bisa memilih salah satu (atau lebih!) dari jadwal kunjungan yang dipublikasikan, membayar sejumlah uang sebagai tiket masuk virtual, dan duduk manis di depan gawai untuk menikmati perjalanan! P.S. Kamu juga bisa jalan-jalan sendiri dengan melihat 25 masjid terindah di dunia untuk mengobati rindumu akan suasana Baitullah! Ada segudang cara untuk menikmati waktu ngabuburit di tengah kondisi new normal ini. Kamu hanya perlu sedikit memutar otak dan memantapkan niatuntuk tetap produktif dan menyenangkan diri sendiri dengan cara yang berbeda. Semoga puasa Ramadan kali ini membawa keberkahan untuk kita!