icon
icon
article hero

Musim Embun Upas Dieng Telah Datang, Simak Keindahan dan Panduannya di Sini!

AvatarName

Tiara  •  May 21, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pernahkah kamu membayangkan melihat 'salju' di Indonesia? Meski Indonesia merupakan negara tropis, ternyata ada fenomena embun upas yang menyerupai lapisan salju di Dieng, Wonosobo. Embun upas bukanlah salju yang turun dari langit, melainkan embun pagi yang membeku akibat suhu di sekitarnya mencapai di bawah titik beku.
Kapan embun upas terjadi?
Embun upas biasanya terjadi pada musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai Juli.  Embun beku ini biasanya muncul di pagi hari. Kedatangannya ditandai dengan suhu udara yang semakin dingin pada sore dan malam di hari sebelumnya, yakni sekitar 10-12 derajat Celsius. Jika hujan tidak turun, maka kemungkinan besar embun upas akan terjadi pada pagi harinya. Tahun ini, embun upas Dieng telah muncul untuk pertama kalinya pada Senin, 10 Mei 2021 lalu. Berdasarkan sumber ini, embun upas telah terlihat di lapangan rumput di sebelah timur kompleks candi sejak pukul 5.30 WIB. Kemunculan embun upas tahun ini terbilang dini. Namun, diperkirakan fenomena alam ini akan kembali muncul sepanjang bulan kemarau.
Di mana kita bisa melihat embun upas di Dieng?
Embun upas biasanya paling mudah ditemukan di padang rumput, salah satunya adalah di lapangan yang ada di kawasan Candi Arjuna. Hamparan rumput yang sedianya hijau, berubah menjadi putih di pagi hari ketika embun upas mulai membeku. Ketika masukke fase ini, suhu di kawsan tersebut bisa mencapai kurang dari 2 derajat Celcius! Selain di kawasan Candi Arjuna, embun upas juga biasa ditemukan di area lain yang memiliki tanah lapang dan jarang dilalui embusan angin.
Apakah wisata Dieng buka?
Setelah sempat ditutup akibat pandemi, wisata Dieng telah kembali dibuka sejak 20 Juli 2020. Pembukaan tahap pertama dimulai dengan mengizinkan kunjungan khusus wisatawan asal Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun saat libur Lebaran lalu, tempat wisata di Dieng dan Banjarnegara telah menerima wisatawan dari luar daerah. Menurut Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto, kebijakan buka-tutup dan pembatasan tempat wisata ini mengacu kepada peraturan terbaru. "Pokoknya kita ikuti kebijakan dari pemerintah seperti apa. Saat ini boleh dari luar Banjarnegara dan Wonosobo," ungkap Agung seperti dikutip dari sumber ini.
Tips melihat embun upas
Embun upas bukanlah fenomena alam yang datang tiba-tiba, namun juga tidak bisa diprediksi kehadirannya. Persiapkan diri kamu dengan mencari informasi terkait embun upas di musim kemarau tahun ini. Supaya lebih mudah, kamu bisa mengikuti berbagai akun media sosial yang berkaitan dengan wisata Dieng. Ada embun upas atau tidak, dataran tinggi Dieng adalah tempat wisata yang terkenal akan suhunya yang dingin. Bekali diri dengan jaket dan baju hangat, terlebih untuk kamu yang berencana berkemah di kawasan Dieng. Terakhir, jangan lupa untuk selalumematuhi protokol kesehatan. Masker bukan hanya menghalau penyebaran virus, namun juga bisa membantu agar wajah kamu tetap hangat. Jaga jarak antar pengunjung dan jangan lupa membawa peralatan kebersihan sendiri. Simak juga rekomendasi wisata di Dieng dan kawasan menarik lainnya dalam artikel berikut ini: