icon
article-hero

5 Wisata Umbul di Jawa Tengah yang Patut Disinggahi Saat Liburan

avatar-name

Tiara •  Oct 26, 2020


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Umbul Ponggok tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial karena keunikannya. Namun, Umbul Ponggok bukanlah satu-satunya wisata umbul yang menarik untuk dikunjungi. Di Jawa Tengah, ada banyak wisata umbul yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu berencana liburan ke sana, berikut ini adalah beberapa wisata umbul yang bisa kamu masukkan ke dalam itinerary.

Catatan: Mayoritas umbul ini dikelola oleh warga setempat, jadi jam operasionalnya mungkin saja berbeda dengan yang tertera. Usahakan untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk kepastiannya.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok menjadi viral karena keunikan suasana bawah lautnya. Meski bukan di bawah laut, kamu bisa merasakan sensasi snorkeling bersama ikan-ikan lucu di tempat ini. Sebagai pengganti terumbu karang, pihak pengelola memasang beberapa kendaraan dan pajangan yang menjadi spot berfoto bagi pengunjung. Kapan lagi kamu bisa naik vespa di bawah air?

Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 15.000

Alamat: Umbulsari Ponggok, Polanharjo, Klaten

Jam operasional: Setiap hari jam8.00-16.00

Nomor telepon: +62852 1061 7222

Website | Instagram

Blue Lagoon Jogja

Selain Umbul Ponggok, Jogja juga punya Umbul Tirta Budi yang juga dikenal dengan nama Blur Lagoon. Sesuai namanya, wisata umbul ini berisi air berwarna kebiruan yang segar dari mata air alami. Di tepiannya pun ada tebing batu yang tidak begitu tinggi, jadi kamu bisa menguji nyali dengan melompat ke dalam umbul.

Harga tiket masuk: Rp 10.000

Alamat: Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari jam 6.00-17.00

Instagram

Umbul Sigedang-Kapilaler

Umbul Sigedang berada tidak jauh dari Umbul Ponggok. Bedanya, umbul alami ini punya pemandangan spesial berupa akar pohon-pohon tua yang menjuntai hingga ke dasar umbul. Airnya begitu jernih sampai dasar umbul pun terlihat. Kamu bisa merasakan sensasi berenang segar dengan dikelilingi pemandangan alam yang eksotis.

Harga tiket masuk: Rp 5.000

Alamat: Umbulsari Ponggok, Polanharjo, Klaten

Jam operasional: Setiap hari jam 7.00-17.00

Nomor telepon: +62812 1521 1921

Instagram

Umbul Manten

Masih berada satu lokasi dengn Umbul Ponggok, Umbul Manten adalah alternatif untuk kamu yang ingin menginjungi wisata umbul yang tidak teralu ramai. Wisata umbul ini lebih tersembunyi dan belum seramai Umbul Ponggok. Namun tetap saja, umbul ini menawarkan kesegaran mata air asli yang bening hingga ke dasarnya.

Harga tiket masuk: Rp 6.000

Alamat: Jalan Janti Boto Wunut, Tulung, Klaten

Jam operasional: Setiap hari jam 6.00-18.00

Instagram

Umbul Sidomukti

Umbul yang satu ini berada di Salatiga. Lokasinya yang berada di dataran tinggi tentu membuat suasana dan airnya segar. Di sini ada 3 kolam bertingkat dengan kedalaman berbeda, mulai dari 30 cm untuk anak-anak dan 1,5 meter untuk pengunjung dewasa. Selain berenang, pengunjung pun bisa mencoba berbagai permainan yang memacu adrenalin, seperti flying fox dan jembatan titian dengan pemandangan jurang di bawahnya!

Harga tiket masuk: Rp 10.000 (hari kerja) dan Rp 15.000 (akhir pekan)

Alamat: Jalan Umbul Sidomukti Blanten Lor, Salatiga

Jam operasional: Buka 24 jam

Nomor telepon: +62298 7137 00910 dan +62811 293 564

Instagram

Jawa Tengah punya banyak pilihan wisata yang bisa kamu eksplor. Usai menikmati kesegaran umbulnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengintip artikel berikut ini: