icon
article-hero

Hanya 3 Jam dari Jakarta, Ini 6 Tempat Wisata di Majalengka yang Viral Karena Keindahannya

avatar-name

Tiara •  Jan 25, 2021


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Setelah pembangunan Bandara Internasional di kawasan ini rampung, tempat wisata di Majalengka pun turut menjadi perbincangan. Siapa sangka sebuah kabupaten yang berada sekitar 35 kilometer dari Cirebon ini ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu kaya?

Hamparan sawah hijau, air terjun, hingga riak sungainya terbukti menjadi daya tarik yang membuat tempat wisata di Majalengka semakin populer. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi Majalengka, mulailah dari beberapa tempat wisata yang sempat viral berikut ini.

Bukit Panyaweuyan Majalengka

Tempat wisata di Majalengka ini akan mengingatkan kamu akan suasana Ubud yang hijau dan asri. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada pagi dan sore hari saat matahari tidak terlalu tinggi. Lereng-lereng bukit yang berisi perkebunan warga berpadu dengan kontur daratan yang bergelombang, menghasilkan pemandangan yang unik dan Instagramable!

Alamat: Desa Tejamulya, Argapura

Harga tiket masuk: Rp 5.000

Terasering Nangklak Majalengka

Selain di Bukit Panyaweuyan, kamu pun bisa menikmati suasana hijau di terasering sawah Nangklak. Suasana di sini lebih lagi dengan Ubud. Lerengnya tidak terlalu curam dan bersi sawah-sawah warga sejauh mata memandang. Lebih baik lagi, sawah ini selalu hijau sepanjang tahun karena dipanen bergantian.

Alamat: Jalan Bantaragung-Payung, Desa Sindangpano, Rajagaluh, Majalengka

Situ Cipanten

Dikelola oleh pemuda Karang Taruna setempat, tempat wisata di Majalengka ini sempat viral karena keindahannya. Airnya berwarna kebiruan dan dikelilingi pepophonan rindang nan hijau. Yang lebih menarik lagi adalah ikan-ikan di danau yang begitu jinak dan suka berkumpul di dekat manusia. Hasilnya? Sebuah pemandangan alami yang menakjubkan!

Alamat: Desa Gunung Kuning, Sindang, Majalengka

Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 5.000

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-17.15

Nomor telepon: +62822 6260 0744

Curug Cipeteuy

Di kaki Gunung Ciremai, ada sebuah mata air alami yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Majalengka. Sebelum tiba di Curug Cipeteuy, kamu harus trekking terlebih dahulu. Setibanya di curug, kamu akan dimanjakan oleh suasana sejuk dan mata air yang jernih. Tempat wisata ini pun sudah dikelola dengan baik sehingga sudah terdapat fasilitas untuk pengunjung.

Alamat: Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka

Harga tiket masuk:

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-17.00

Nomor telepon: +62813 8499 0974

Bukit Mercury Sayang Kaak

Dulunya, tempat wisata di Majalengka ini merupakan area berkemah. Namun seiring berjalannya waktu, kawasan ini pun semakin berkembang dan nyaman untuk sekadar bersantai. Sambil menikmati udara sejuk, kamu pun bisa berfoto dengan latar lembah bertingkat-tingkat yang unik.

#HHWT Tip: Akses menuju tempat ini cukup sulit, disarankan untuk menggunakan sepeda motor untuk menuju Bukit Mercury.

Alamat: Desa Cibuluh, Tejamulya, Argapura

Harga tiket masuk: Rp 10.000

Jam operasional: Sabtu sampai Kamis jam 7.00-17.00, Jumat jam 13.00-17.00

Cikadongdong Rivertubing

Mata air dari Gunung Ciremai juga mengalir menjadi sungan dengan riak yang cukup menantang, yakni di Sungai Cikadongdong. Kamu bisa menikmatinya dengan rivertubing yang memacu adrenalin. Meski panjang rutenya hanya berkisar 350 meter, derasnya arus cukup membuat jantung berdebar. Namun jangan khawatir, kamu pun akan ditemani oleh pemandu yang berpengalaman.

Alamat: Jalan Desa Payung, Teja, Rajagaluh, Majalengka

Harga tiket masuk:

Jam operasional: Selasa sampai Kamis jam 9.00-16.30, Sabtu dan Minggu jam 8.30-16.30

Nomor telepon: +62857 9416 3858

Simak juga rekomendasi wisata di sekitar jalur tol Trans Jawa lainnya dalam artikel berikut ini: