icon
icon
article hero

Panduan ke Gunung Puntang, Tempat Wisata, Tempat Menginap, dan Cara Menuju ke Sana

AvatarName

Tiara  •  May 03, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pernahkah kamu mendengar nama Gunung Puntang? Kawasan Gunung Puntang berada di Bandung Selatan dengan Puncak Mega sebagai titik tertingginya di ketinggian 1.300 mdpl. Selain populer di kalangan pendaki, Gunung Puntang juga memiliki sisi lain yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Jika kamu ingin berpetualang lebih jauh di sekitar Bandung, maka Gunung Puntang bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun sebelum kamu tancap gas ke sini, simak dulu panduan berikut ini!
Cara menuju Gunung Puntang
Gunung Puntang berada sekitar 38 kilometer di selatan Kota Bandung. Untuk menuju ke sini, paling nyaman memang menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu naik mobil, ambil Jalan Tol Soreang-Pasir Koja dan keluarlah di Soreang menuju Jalan Raya Gading Tutuka. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Pangalengan hingga Cimaung, dan kamu pun tiba di Jalan Gunung Puntang. Jika kamu pergi naik sepeda motor, kamu bisa mengambil jalur via Jalan Dayeuhkolot, terus ke selatan melewati Cikupa via Jalan Raya Banjaran. Teruslah ke selatan di Jakan Mekar Jaya-Sindang Panon dan kamu akan tiba di Jalan Gunung Puntang. Sepanjang jalan, kamu akan dimanjakan oleh suasana hijau persawahan dan udara yang semakin sejuk!
Tempat wisata di Gunung Puntang
Camping Berkemah dan mendaki Puncak Mega adalah aktivitas paling populer di Gunung Puntang. Area perkemahandi kawasan ini telah dikelola dan dipetakan, lengkap dengan deretan warung kopi yang buka 24 jam. Perkemahannya pun mengakomodasi berbagai golongan tamu, mulai dari pendaki yang singgah hingga keluarga dengan anak-anak. Satu hal yang pasti, jangan lupa membawa jaket tebal dan selimut karena udara di Gunung Puntang bisa sangat dingin pada malah hari.Wisata sejarah Kawasan Gunung Puntang juga menyimpan situs bersejarah, salah satunya adalah reruntuhan gedung Radio Malabar. Stasiun radio ini beroperasi pada tahun 1917-1940an untuk menghantarkan pesan telegraf dan pesan suara ke Belanda. Kala itu, Radio Malabar memiliki teknologi komunikasi tercanggih. Stasiun ini pun memiliki brbagai fasilitas, mulai dari lapangan tenis hingga bioskop. Namun, bangunan ini hancur bersamaan dengan peristiwa Bandung Lautan Api. Taman Wisata Bougenville
Kredit: Taman Wisata Bougenville Jika kamu ingin menikmati berbagai aktivitas di satu tempat, maka kamu bisa datang ke sini. Tempat wisata di Gunung Puntang ini punya semuanya, mulai dari area berkemah, piknik, sampai outbond dan kolam renang. Kamu pun bisa sekadar berjalan-jalan di tamannya untuk menikmati pemandangan dan udara sejuk Gunung Puntang. Satu hal yang wajib kamu coba adalah turun ke Sungai Cigeuruh dan merasakan aliran airnya yang sejuk!
Penginapan di Gunung Puntang
Ada banyak villa dan penginapan di kawasan Gunung Puntang. Namun, salah satu yang tim HHWT rekomendasikanadalah Mooi Lakehouse yang berada di dalam Taman Wisata Bougenville. Villa berkapasitas 9 orang ini berada tepat di tepi danau dan dilengkapi dengan sebuah sampan untuk bermain di danaunya. Villanya sendiri bergaya Eropa dengan interior dan eksterior kayu bernuansa hangat. Setiap tamu yang menginap di sini akan mendapatkan pelayanan penuh, mulai dari free flow kopi dan teh, makan tiga kali sehari, sampai tiket wisata di Taman Wisata Bougenville. Selain itu, ada banyak pilihan villa di Gunung Puntang  yang bisa kamu pilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Simak juga rekomendasi seru di sekitar Bandung lainnya dalam artikel berikut ini: