icon
icon
article hero

7 Ide Makanan Praktis dan Lezat yang Bisa Kamu Sajikan untuk Buka Puasa Bersama di Rumah

AvatarName

Tiara  •  Apr 29, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Setiap orang punya selera berbeda soal makanan untuk buka puasa. Hal inilah yang terkadang menjadi persoalan tersendiri dalam acara buka puasa bersama di rumah. Jika kamu diundang atau berencana menyelenggarakan buka puasa bersama di rumah, jangan lupa memilih makanan yang tepat. Selain itu, perhatikan pula agar makanan tersebut mudah dikonsumsi. Sebagai referensi berikut adalah beberapa rekomendasi makanan untuk buka puasa dari tim HHWT!
Sushi platter
Makanan untuk buka puasa satu ini bukan hanya lezat, tapi juga enak dilihat. Barisan sushi berwarna-warni ini akan menjadi pemandangan menarik dan incaran utama para tamu. Sushi juga mudah diambil, sehingga penyajiannya tidak berantakan selama acara. Jangan lupa siapkan juga pelengkap seperti kecap asin, wasabi, dan mayones supaya lebih nikmat. HHWT Tip: Supaya aman, pilih menu sushi yang matang ya.
Aneka gorengan
Buka puasa tentu belum lengkap tanpa gorengan. Aneka bakwan, risol, pisang goreng, dan mendoan sudah tentu menjadi menu wajib makanan untuk buka puasa. Supaya lebih istimewa, kamu pun bisa menyajikan aneka tempura, karage ayam, hingga aneka seafood sebagai teman makan nasi.
Sate
 Makanan untuk buka puasa ini juga mudah dikonsumsi dan biasanya paling cepat habis. Sate ayam adalah pilihan yang paling aman karena tidak semua orang menyukai sate kambing. Agar penyajiannya lebih bersih, kamu bisa menempatkan sate dan bumbunya di wadah terpisah. 
Puding susu
Berbuka puasa tentu belum lengkap tanpa yang manis-manis. Daripada membawa aneka es atau sop buah, puding susu bisa menjadi pilihan. Tempatkan puding di wadah-wadah kecil dengan porsi individual agar lebih higienis dan jangan lupa siapkan sendok kecil untuk setiap puding.
Pizza
Pizza mungkin bukan pilihan utama untuk berbuka puasa. Namun, jika sudah disajikan di meja, makanan ini bisa langsung diserbu! Pizza cocok disajikan untuk kamu yang berbuka puasa bersama dengan kelompok kecil. Beberapa loyang pizza sudah cukup mengenyangkan dan bisa disantap sambil bersantai.
Kebab 
Makanan ala Timur Tengah juga bisa menjadi sajian yang istimewa untuk buka puasa bersama. Supaya praktis, hindari menu nasi atau lauk yang berpotensi bersisa. Sebaliknya, pilih makanan dengan porsi individual yang mudah dikonsumsi, seperti kebab atau shawarma. Kedua makanan ini pun mudah ditemukan di berbagai gerai sehingga kamu bisa memesannya dalam jumlah banyak. Bahkan, kamu pun bisa membelinya dalam bentuk beku!
Dimsum
Makanan untuk buka puasa ini ideal karena porsinya kecil, rasanya ringan, dan variannya beragam. Kamu bisa mengkombinasikan shumai, hakau, sampai lumpia dalam satu piring saji. Supaya lebih nikmat, kamu pun bisa menyiapkan bumbu pelengkap seperti kecap asin, saus sambal, minyak cabai, sampai mayones! HHWT tip: Jangan lupa siapkan wadah untuk tamu yang ingin membawa pulang jika makanan masih tersisa banyak. Hal ini bisa mengurangi limbah makanan selama bulan Ramadan. Simak juga rekomendasi seputar Ramadan lainnya dalam artikel berikut ini: