icon
icon

Mudah dan Enak, Ini 5 Resep Kue Lebaran Tanpa Oven

AvatarName

Tiara  •  Apr 28, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pernahkah kamu terpikirkan untuk mencoba resep kue Lebaran tanpa oven? Kue Lebaran memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri di Indonesia. Semakin dekat dengan hari kemenangan, harum aroma kue kering yang dipanggang pun semakin sering tercium. Meski mayoritas resep kue Lebaran biasanya dipanggang dengan oven, namun tidak dengan yang berikut ini. Kamu cukup menyiapkan bahan dan peralatan masak yang ada di rumah untuk membuat kue Lebaran tanpa oven. Jangan khawatir, rasanya pun tidak kalah nikmat dengan kue Lebaran lainnya!
Cornflakes cup
Renyahnya cornflakes ternyata bisa menjadi kue Lebaran yang nikmat! Resep kue Lebaran tanpa oven ini hanya butuh mangkuk, wajan, dan kompor untuk membuatnya. Kamu hanya butuh cornflake, cokelat masak, unsalted butter, madu, dan kacang-kacangan yang kamu suka. Lelehkan semua bahan, masukkan cornflakes dan aduk hingga rata. Setelahnya, masukkan masing-masing 1 sdm adonan ke dalam papercup dan diamkan hingga mengeras.
Bola-bola cokelat
Kue Lebaran satu ini juga tidak perlu oven untuk membuatnya. Rasa cokelat dan susu dari biskuitnya dijamin disukai oleh semua orang! Siapkan satu bungkus biskuit susu (merk Marie) atau biskuit yang kamu suka, lalu hancurkan hingga halus. Lelehkan cokelat masak, lalu masukkan ke dalam remah biskuit dan aduk hinggarata. Pastikan teksturnya pas dan bisa dibentuk dengan tangan. Bulatkan adonan hingga habis, lalu gulingkan di atas topping favorit kamu, bisa meses, remahan kacang, bahkan keju parut atau parutan kelapa!
Gabus keju
Gurih dan renyah, camilan satu ini pantas disejajarkan dengan kue Lebaran tanpa oven lainnya. Cara membuatnya pun mudah karena kamu hanya perlu menggorengnya dengan teknik khusus. Siapkan tepung kanji dan keju parut dengan perbandingan 2:1 (lebih banyak kejunya, lebih enak!), dua butir telur, sedikit mentega, dan sejumput garam. Blender semua bahan hingga tercampur, lalu uleni hingga kalis. Di wadah terpisah, siapkan wajan dengan minyak yang banyak, namun jangan nyalakan apinya. Pilin-pilin adonan sebesar telunjuk, lalu masukkan ke dalam wajan dengan minyak yang masih dingin. Nyalakan api, lalu goreng hingga semua adonan matang.
Biji ketapang
Kue tradisional yang satu ini selalu ada di meja tamu setiap kali singgah ke rumah tetangga. Biji ketapang bukan hanya nikmat, tapi juga mudah untuk membuatnya. Kamu butuh sekitar 250 gram tepung terigu protein sedang, 50 gram tepung maizena, 5 sdm mentega yang dicairkan, 4 sdm gula pasir, 1 butir telur, 1 sachet santan instan, sedikit esens vanila, garam secukupnya, serta biji wijen bila suka. Campur semua bahan hingga rata, masukkan biji wijen paling akhir. Gulung adonan dan bentuk hingga sebesar telunjuk, potong-potongbentuk serong, lalu goreng hingga matang.
Egg drop cokelat
Ternyata camilan pun bisa menjadi kue Lebaran! Selain disajikan begitu saja, kamu pun bisa memodifikasi biskuit Eggdrop menjadi kue Lebaran tanpa oven. Caranya, cukup siapkan satu bungkus biskuit Eggdrop, lalu lelehkan cokelat masak. Celupkan Eggdrop ke cokelat cair, beri topping yang kamu suka, lalu diamkan hingga mengeras. Kamu pun bisa menghiasnya dengan cokelat aneka warna! Simak juga rekomendasi seputar Ramadan dan Idul Fitri lainnya dalam artikel berikut ini: