icon
icon
article hero

Bijak Mengonsumsi Makanan, Ini 5 Tips untuk Menghindari Food Waste Selama Bulan Ramadan

AvatarName

Tiara  •  Apr 21, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Siapa yang di rumah punya masalah dengan sisa makanan atau food waste? Momen berbuka puasa adalah salah satu hal yang paling ditunggu selama bulan Ramadan. Aneka takjil, kue, minuman, sampai lauk pun kita siapkan untuk berbuka puasa. Sayangnya, kadang dalam jumlah yang berlebihan. Memasak atau membeli makanan dalam kondisi lapar memang kadang membuat kita berlebihan. Padahal, sisa makanan ini berpotensi menjadi limbah atau food waste. Supaya bulan Ramadan ini lebih baik dari tahun sebelumnya, kamu bisa menerapkan beberapa tips ini agar tidak banyak sisa makanan di rumah.
Buat menu mingguan
Metode "meal prep" atau mempersiapkan makanan untuk satu minggu ke depan bisa membantu kamu meminimalisir sisa makanan. Kamu bisa menakar berapa banyak bahan dan makanan yang harus kamu buat di awal minggu sehingga tidak mudah tergoda membeli makanan dalam jumlah banyak. Bukan hanya menyiapkan bahan-bahan makanannya, kamu pun bisa berkreasi dengan resep frozen food sebagai stok makanan.
Bijak saat belanja
Berbelanja bulanan di tengah pandemi, apalagi sambil berpuasa, adalah hiburan tersendiri bagi sebagian orang. Sayangnya, kadang kita tergoda untuk membeli lebih dari yang kita butuhkan. Salah satu cara jitu untuk mencegah hal ini adalah dengan mencatat barang belanjaan yang ingin kita beli. Selain itu,pastikan kamu membelibahan makanan yang tahan lama sehingga tidak mudah rusak dan terbuang sia-sia.
Simpan dengan benar
Trik lain agar makanan yang kita stok tidak berakhir menjadi food waste adalah dengan menyimpannya dengan benar. Setiap bahan makanan ataupun masakan punya cara penyimpanan sendiri agar tidak cepat rusa (tahukah kamu kalau kentang tidak boleh disimpan di lemari es?). Jika kamu punya sisa masakan yang kondisinya masih bagus dan bersih, kamu bisa mempertimbangkan untuk membekukannya dan mengonsumsinya lagi di kemudian hari. Perhatikan juga penyimpanan sayuran dan buah-buahan karena kedua bahan ini rentan rusak atau busuk jika tidak disimpan dengan baik.
Kendalikan diri
Berburu takjil  menjelang buka puasa adalah ide yang menyenangkan. Namun, jangan lupa untuk kendalikan diri kamu saat membelinya. Patuhi meal plan yang telah kamu buat dan beli takjil secukupnya saja. Begitu pun ketika makan, pastikan kamu makan dengan perlahan saat berbuka dan beri jeda dari waktu makan selanjutnya. Makan terlalu banyak saat berbuka puasa bukan hanya membuat perut terasa tidak enak, namun juga berpotensi mengurangi nafsu makan malam.
Membuat kompos sendiri
Jika kamu terlanjur punya sisa makanan, kamu bisa mengubah food wasteini menjadi kompos. Beberapa sisa makanan yang bisa kamu olah menjadi kompos antara lain sayuran, daging, bumbu dapur, hingga dedaunan serta kertas bekas dan tisu. Siapkan wadah dan bahannya,campur dengan tanah dan air, tutup rapat, lalu diamkan. Setelah tiga minggu, pupuk kompos ini bisa kamu gunakan untuk bercocok tanam. Kamu bisa melihat tutorial membuat kompos dari sisa makanan dalam video di atas! Simak juga tips seputar puasa lainnya dalam artikel berikut ini: