icon
icon

5 Resep Susu Aneka Rasa untuk Minuman Sahur

AvatarName

Tiara  •  Apr 22, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Makan sahur merupakan kesempatan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk berpuasa. Salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah susu. Minum susu saat sahur memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh selama berpuasa. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan protein untuk sehari. Susu juga mengandung tiga nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh, yakni protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, susu juga mengandung nutrisi mikro seperti kalsium, potasium, dan magnesium. Supaya tidak bosan dengan rasa susu yang hambar, kamu bisa membuat sendiri minuman susu yang beragam setiap harinya dengan resep di bawah ini.
Susu Kurma
Minuman yang satu ini cocok diminum saat sahur sebagai bekal tenaga untuk berpuasa seharian. Kamu bisa menggunakan kurma apapun yang kamu suka atau menambahkan kacang-kacangan, buah kering, dan whipped cream di atasnya. Bahan-bahan: 225 ml susu UHT atau susu kedelai 12 buah kurma, buang bijinya, cincang kasar 225 ml yogurt tawar (opsional) Es batu secukupnya Cara membuat: Campur semua bahan dan blender sampai tingkat kehalusan yang diinginkan. Tuang ke gelas dan taburkan topping yang kamu sukai di atasnya!
Susu Stroberi Korea
Bahan-bahan: 10 butir stroberi, bersihkan dan potong kecil-kecil 4 sdm gula pasir 250 ml susu cair Cara membuat: Campurkan potongan stroberi dengan gula pasir, lalu masakdi atas api sedang selama 3-4 menit hingga kental. Angkat dan dinginkan. Siapkan gelas, masukkan stroberi (beri sedikit di dinding gelas agar terlihat cantik!), lalu tuang susu cair.HHWT Tip: Campuran stroberi ini bisa kamu gunakan untuk puding, kue, sampai cheesecake!
Susu Pisang
Bahan-bahan: 1 buah pisang 250 ml susu (pakai susu non-dairy juga bisa) 1 sdm kental manis 2 - 3 tetes esens vanila halal Cara membuat: Campurkan semua bahan, lalu blender hingga halus. Tuangkan ke gelas (pakai batu es juga bisa), lalu sajikan. HHWT Tip: Kamu bisa menggunakan pisang beku untuk tekstur yang lebih kental seperti smoothies.
Brown Sugar Boba Milk
Bahan-bahan: 250 ml susu cair Gula aren cair secukupnya Boba siap pakai Cara membuat: Masak boba siap pakai sesuai instruksi hingga matang, lalu masak dengan gula aren cair selama kurang lebih lima menit hingga mengental. Masukkan boba ke dalam gelas, tambahkan batu es dan susu cair, lalu sajikan. HHWT Tip: Kamubisa menggunakan cincau, pudding, ataupun jelly untuk pengganti boba. Rasanya sama-sama ena!
Susu Jahe
Bahan-bahan: 1 ruas jahe, bersihkan dan iris-iris 1 ruas serai (opsional) Gula merah secukupnya, sisir 250 ml susu UHT 1 sdm kental manis (opsional) Cara membuat:Rebus air bersama gula merah, jahe, dan serai sampai mendidih dan air menyusut menjadi setengahnya. Saring dan pindahkan ke gelas, lalu tambahkan susu cairdan kental manis. Sajikan hangat ataupun dingin! Simak juga resep mudah untuk sahur dan berbuka puasa lainnya dalam artikel berikut ini: