icon
icon

7 Makanan Penambah Imun Tubuh yang Baik Dikonsumsi Selama Pandemi

AvatarName

Tiara  •  Jan 19, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Semenjak pandemi, muncul rekomendasi berbagai suplemen makanan penambah imun tubuh. Tujuannya hanya satu, meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit. Padahal, ada banyak cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu yang paling mudah adalah mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh dan nutrisi yang seimbang. Kabar baiknya, makanan penambah imun tubuh berikut ini pun mudah ditemukan dan harganya tidak mahal. Catatan: Meski bisa meningkatkan daya tahan tubuh, makanan di bawah ini bukanlah pengganti obat atau vaksin. Jika kamu merasa tidak enak badan, segera periksakan diri kamu ke dokter.
Kurma
Kurma dianjurkan sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung potasium, vitamin A, B, C, serta serat. Kandungan gulanya pun dilepas secara bertahan di dalam tubuh sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa dijadikan pengganti gula dalam smoothies atau dibuat aneka olahan kurma.
Madu
Madu sering digunakan dalam pengobatan alami untuk sakit tenggorokan. Tidak heran, madu memang mengandung mineral, vitamin, serta antimikroba dan antioksidan yang baik untuk menambah imun tubuh. Mengonsumsinya pun mudah, bisa dimakan langsung, dilarutkan dengan air hangat, ataupun digunakan dalam aneka masakan.
Minyak dan buah zaitun
Zaitun kaya akan lemak tidakjenih serta mengandung elemen anti-inflamasi dan antioksidan. Konsentrat antioksidan paling tinggi terdapat diextra-virgin olive oil yang merupakan perasan pertama. Selain digunakan sebagai pengganti minyak dan mentega saat memasak, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi langsung dengan diminum sebanyak dua sendok makan setiap harinya.
Cuka apel
Fermentasi alami yang terjadi pada proses pembuatannya membuat cuka apel kaya akan bakteri baik dan prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan satu sampai dua sendok cuka apel ke dalam segelas air hangat. Jika tidak suka rasanya, bisa dicampur madu. Jangan lupa untuk memeriksa label sebelum membeli untuk  memastikan kandungan alkohol di dalamnya.
Susu
Sejak kecil, kita selalu dianjurkan untuk minum susu. Susu memang mengandung kalsium, protein, vitamin A, B12, serta D yang baik untuk daya tahan tubuh. Kini, semakin banyak ragam susu yang dijual di pasaran, mulai dari susu nabati hingga susu bebas laktosa. Semuanya baik untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.
Biji-bijian
Bukan hanya beras, biji-bijian yang dimaksud termasuk gandum, barley, dan jenis lainnya. Biji-bijian mengandung serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Misalnya gandum dan barley yang mengandung zinc, zat beso, vitamin B, dan beta-glucan yang meningkatkan sel darah dalam sistem daya tahan tubuh. Namun, hati-hati jika kamu alergi glutendan plihlah biji-bijian yang bebas gluten.
Aneka jeruk
Bukan rahasia bahwa jeruk-jerukan mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan organ dalam. Selain dari jeruk, vitamin C juga bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran lainnya. Jadi, jangan ragu untuk makan sayur dan buah setiap hari. Simak juga beberapa resep yang bisa membuat sesi memasak di rumah lebih menyenangkan dalam artikel berikut ini: