icon
icon

5 Camilan Mudah dan Enak yang Bisa Kamu Buat dengan Air Fryer

AvatarName

Tiara  •  Jan 07, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jujur saja, apakah kamu termasuk orang-orang yang memutuskan untuk membeli air fryer untuk menyambut tahun 2021 yang lebih sehat? Keputusan kamu untuk membelinya tidak salah karena air fryer bisa digunakan untuk memasakan aneka makanan, mulai dari lauk hingga makanan pencuci mulut. Inilah saatnya menggunakan alat tersebut untuk mempraktekkan resep air fryer yang enak dan lezat berikut ini.
Garlic bread
Mari mulai dengan resep air fryer yang paling mudah. Siapkan beberapa lembar roti tawar, mentega secukupnya, bawang putih yang telah dihaluskan, oregano, dan daun parsley kering. Campurkan semua bahan kecuali roti dan aduk hingga rata. Oleskan ke permukaan roti, lalu masukkan ke dalam air fryer dan pasang timer selama 3 menit (durasi bisa berbeda tergantung air fryer masing-masing). Hasilnya, roti gurih dan renyah dengan aroma bawang putih yang harum.
Bolu pisang kismis
Siapkan enam buah pisang ambon matang lalu haluskan sesuai selera. Di wadah lain, kocok dua butir telur, beberapa tetes esens vanila, 100 ml mentega leleh, dan 50 gram gula palem hingga larut. Masukkan 250 gram tepung terigu, sedikit soda kue, lalu aduk rata dan tuang adonan ke loyang yang telah dilapisi margarin. Masukkan loyang ke dalam air fryer dan set timerselama sekitar 18 menitatau hingga seluruh adonan matang.
Puding roti
Siapkan delapan lembar roti tawar, lalu potong dadu. Di wadah lain, campurkan 5 sdm margarin cair, dua butir telur, 300 ml susu cair, serta garam dan gula secukupnya. Masukkan potongan roti ke dalam campuran susu, lalu biarkan sebentar agar meresap. Masukkan adonan puding ke wadah alumunium kecil yang sudah diolesi margarin. Susun di dalam air fryer, lalu panggang selama sekitar 15 menit atau hingga matang.
Kue lumpur ubi
Meski kelihatannya sulit, resep air fryer satu ini cukup sederhana. Siapkan 250 gram ubi kuning yang telah direbus, lalu blender bersama 200 gram gula, 1 butir telur, 100 ml susu, dan 150 ml santan cair. Campur adonan ubi dengan 100 gram tepung terigu dan sejumput esens vanila, aduk hingga tercampur rata. Tuang adonan ke dalam alumunium foil yang telah diolesi margarin, lalu susun di dalam air fryer dan set timer selama 15 menit.
Sayap ayam gurih
Kunci resep air fryersatu ini adalah bumbu marinasinya. Siapkan sayap ayam, cuci, dan potong sesuai selera. Buat bumbu marinasi dengan mencampurkan kecap asin, kecap Inggris, saus tiram, minyak wijen, dan lima siung bawang putih cincang. Tambahkan juga sejumput garam, lada, kaldu jamur, oregano, serta rosemary bubuk bila suka. Marinasi ayam selama beberapa saat agar bumbu meresap. Setelahnya, letakkan ayamdi dalam alumuniumfoil dan masak di dalam air fryer selama 25 menit. Setelah 25 menit, keluarkan ayam dari alumunium foil dan masukkan kembali ke air fryer selama 5 menit untuk merenyahkan bagian luarnya. Simak juga resep mudah lain yang bisa kamu coba di rumah dalam artikel berikut ini: