icon
icon
article hero

7 Resep Olahan Kurma Sederhana yang Bisa Kamu Buat untuk Takjil dan Kue Lebaran

AvatarName

Tiara  •  Apr 28, 2020

icon

Informasi yang ada di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui 14 April 2021] Tidak terasa kini kita sudah memasuki minggu pertama berpuasa di bulan Ramadan. Seminggu ini mungkin kamu sudah berbuka dengan aneka takjil khas Nusantara atau mungkin menggunakan layanan delivery makanan di ibukota untuk sajian berbuka puasa di rumah. Nah, salah satu makanan wajib yang kerap disajikan untuk berbuka puasa adalah buah kurma dan berbagai olahannya. Susu kurma, coklat kurma, atau apapun menu makanannya, asalkan dinikmati bersama orang-orang terdekat tentu rasanya lebih nikmat.
Selain mengandung glukosa untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa, berbuka dengan buah kurma berjumlah ganjil juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Karenanya, tidak heran kalau ketika bulan Ramadan datang, maka stok kurma di rumah pun melimpah!  Selain menuai manfaatnya, kurma juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Aneka olahan kurma juga cocok dijadikan takjil maupun hantaran kue Lebaran. Untuk memanfaatkan stok kurma di rumah, inilah beberapa resep olahan kurma favorit HHWT! P.S. Jangan lupa, makan sahur adalah sunnah yang baik untuk dilakukan. Intip juga beberapa resep sahur mudah dan enak yang kamu bisa buat di rumah!
1. Smoothies Kurma
 Minuman yang satu ini cocok untuk takjil pelepas dahaga ataupun diminum saat sahur sebagai bekal tenaga untuk berpuasa seharian. Kamu bisa menggunakan kurma apapun yang kamu suka atau menambahkan kacang-kacangan, buah kering, dan whipped cream di atasnya. Bahan-bahan: 225 ml susu UHT atau susu kedelai 12 buah kurma, buang bijinya, cincang kasar 225 ml yogurt tawar Es batu secukupnya Cara membuat: Campur semua bahan dan blender sampai tingkat kehalusan yang diinginkan. Tuang ke gelas dan taburkan topping yang kamu sukai di atasnya!
2. Selai Kurma
Hah? Selai kurma? Betul sekali. Kamu juga bisa memadukan cita rasa kurma ke dalam makanan dan minuman dengan membuat selai kurma. Ini juga cara yang tepat untuk mengawetkan stok buah kurma yang berlebihan. Selai kurma ini enak dinikmati dengan roti tawar, pancake, biskuit, atau sebagai campuran kue! Bahan-bahan: 500 gram kurma, buang bijinya 250 ml air matang 100 gram gula pasir Sejumput garam Cara membuat: Haluskan kurma dan semua bahan lainnya dengan blender, lalu masak di atas api sedang hingga airnya susut. Diamkan hingga benar-benar dingin, lalu masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan di dalam kulkas agar tahan lama.
3. Dadar Gulung Kurma
 Nah, setelah sudah punya selai kurma, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi pelengkap berbagai hidangan. Salah satu yang enak dan mudah dibuat adalah dadar gulung kurma. Diadaptasi dari dadar gulung isi kelapa, kamu hanya perlu membuat kulit dadarnya dan menggunakan selai kurma sebagai isinya!  Bahan kulit: 150 gram tepung terigu 300 ml air matang 1 butir telur ayam, kocok lepas 1 sdm margarin, lelehkan Ekstrak pandan (jika suka) Bahan isi: Selai kurma  Cara membuat: Campur semua bahan kulit, aduk rata, lalu saring agar tidak ada gumpalan. Masukkan margarin leleh dan ekstrak pandan, aduk rata. Panaskan wajan datar anti lengket, lalu tuang 1 sendok sayur adonan kulit dan putar wajan hingga seluruh adonan menutupi permukaannya. Masak dan balik hingg adonan matang, sisihkan. Ambil 1 lembar kulit, beri selai kurma di tengahnya, lalu lipat dan gulung. #HHWT Tips: Kamu juga bisa menambahkan saus coklat atau yogurt sebagai topping dan menikmatinya dengan segelas minuman ala cafe yang bisa kamu buat sendiri di rumah!
4. Coklat Kurma
 Cemilan yang satu ini adalah salat satu oleh-oleh favorit setiap kali ada kerabat yang baru pulang ibadah umroh atau haji. Sekarang kamu tidak perlu menunggu dapat oleh-oleh untuk menikmati cemilan ini karena kamu juga bisa membuatnya di rumah. Khusus untuk menu yang satu ini, pastikan kamu menggunakan kurma berkualitas bagus dan kering agar tidak cepat hancur. Kualitas coklat juga menentukan hasil akhirnya, jadi gunakan coklat yang bagus ya supaya rasanya pun lebih enak.  Bahan-bahan: 1 kg kurma berkualitas 250 gram kacang mede atau kacang almond, panggang atau sangrai hingga matang 250 gram coklat masak, cairkan dengan ditim 25 gram coklat putih, cairkan dengan ditim (untuk hiasan) Cara membuat: Sayat kurma memanjang untuk mengeluarkan bijinya, lalu masukkan kacang sebagai ganti biji kurma, rapatkan kembali. Celupkan kurma ke dalam coklat satu per satu hingga terlapisi seluruhnya, sisihkan, lalu hias dengan coklat putih sesuai selera dan diamkan hingga mengeras. Setelah mengeras seluruhnya, masukkan ke dalam toples. #HHWT Tips: Coklat yang bagus biasanya tidak tahan panas. Karenanya, kemas coklat kurma satu persatu dengan wadah mangkuk kertas mini atau plastik agar bentuknya tetap cantik di dalam toples.
5. Puding Kurma
Kamu bisa berbuka puasa dengan yang manis dan baik, semanis senyuman orang tersayang dan sebaik manfaat dari kurma. Eits, jangan salah sangka. Kita bicara soal puding kurma ya. Ada begitu banyak cara untuk membuat puding kurma, tapi yang satu ini dijamin bikin ketagihan karena enak dan mudah membuatnya. Bahan-bahan: 1 bungkus agar-agar bening 100 gram kurma, buang bijinya, cincang kasar 10 butir kurma utuh, buang bijinya 80 ml susu kental manis putih 2 sdm gula pasir 900 ml air matang Cara Membuat:  Campur agar-agar, susu, dan gula hingga rata. Panaskan di atas api sedang sambil memasukkan air sedikit demi sedikit sampai habis, lalu masak hingga campuran mengental. Masukkan kurma cincang dan masak hingga mendidih. Susun kurma utuh di dasar cetakan puding. Angkat adonan lalu tuang perlahandalam cetakan, sisihkan. Setelah agak dingin, masukkan puding ke dalam kulkas dan keluarkan saat akan disajikan. 
6. Cookies Kurma
Cemilan yang satu ini biasanya jadi rebutan ketika Lebaran. Jelas saja, siapa yang bisa menolak kue kering renyah dengan potongan kurma yang manis? Selain sebagai cemilan di rumah, satu (atau dua) toples cookies kurma juga bisa jadi hantaran Lebaran yang berkesan untuk orang yang kamu sayangi. Bahan-bahan: 50 gram kurma jenis kering, potong kecil-kecil 225 gram tepung terigu 150 gram mentega tawar 25 gram cornflakes, hancurkan 75 gram gula bubuk 2 sdm susu bubuk putih 1/2 sdt vanili bubuk 1 sdt baking powder 1/4 sdt soda kue Cara Membuat: Ayak dan campurkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder ,dan baking soda, lalu sisihkan. Kocok gula, mentega dan vanili hingga lembut. Masukkan campuran bahan kering sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Masukkan potongan buah kurma dan cornflakes , aduk hingga rata. Ambil kira-kira 1 sdt adonan, bulatkan lalu pipihkan dengan garpu, susun di atas loyang yang telah dilapisi mentega atau baking paper. Panggang dengan suhu 170 derajat selama 25-30 menit hingga matang.
7. Kue Kurma
Kalau kamu sering datang ke toko kue atau toko roti langganan, kemungkinan besar kamu sudah pernah melihat fruit cake atau kue sejenis bolu dengan isi dan taburan sukade (buah kering) di atasnya. Nah, fruit cake juga bisa dimodifikasi dengan mengganti sukade dengan kurma. Hasilnya? Kue kurma yang tidak kalah nikmat! Bahan-bahan: 200 gram tepung terigu untuk cake, ayak 200 gram mentega 100 gram kurma, cincang kasar 50 gram almond, sangrai, cincang kasar 75 gram gula palem 75 gram gula pasir 25 gram tepung maizena 25 gram susu bubuk 4 butir telur ukuran sedang 3 sdm madu 1 sdt bubuk kayu manis 1 sdt baking powder Cara membuat:  Kocok mentega, gula palem, dan gula pasir hingga lembut dan mengembang. Masukkan telur satu per satu, bergantian dengan tepung terigu yang sudah di ayak hingga habis, lalu kocok kembali hingga mengembang. Masukkan tepung maizena, susu bubuk, bubuk kayu manis, baking powder, dan madu, lalu aduk rata. Masukkan potongan kurma dan kacang almond lalu aduk rata. Tuang adonan ke loyang yang telah diolesi margarin, taburkan potongan kurma dan kacang almond, lalu panggang dengan suhu 180 derajat selama 45-60 menit hingga matang.  Dengan stok kurma dan waktu di rumah yang melimpah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya tetap produktif. Selain untuk dinikmati sendiri, bagikan juga hasil masakanmu dengan tetangga dan orang-orang tersayang ya. Manfaatkan waktu pada bulan Ramadan tahun ini untuk mengasah bakat tersembunyi dan berbagi. Jangan lupa untuk tetap meraih berkah Ramadan dengan beribadah dari rumah seperti shalat tarawih berjamaah di rumah, bersedekah, dan membaca Al Quran. Simak juga resep Ramadan untu sahur dan berbuka lainnya dalam artikel berikut ini: