icon
icon
article hero

7 Resep Lauk Beku untuk Stok di Rumah Selama Ramadan Lengkap dengan Tipsnya!

AvatarName

Tiara  •  Apr 30, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Memasuki minggu ke-2 bulan Ramadan, kreativitas kita dalam memasak menu sahur dan buka puasa pun semakin diuji. Meski sebagian dari kita sudah semakin terbiasa untuk memasak sendiri, terkadang memikirkan ingin masak apa cukup menyita waktu. Beberapa orang mungkin memilih untuk membeli makanan tahan lama dalam jumlah besar untuk lauk berbuka puasa dalam jumlah besar. Tapi tahukah kamu bahwa kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah (dengan biaya lebih hemat)? Kredit: Giphy Ramadan tahun ini memang berbeda. Dengan diterapkannya PSBB, pergerakan dan aktivitas di luar ruangan pun menjadi terbatas. Kita dianjurkan untuk berdiam diri dan beribadah di rumah, termasuk shalat tarawih. Tapi jangan sedih, anjuran ini di sisi lain memberi banyak waktu untuk melakukan banyak hal, termasuk memasak dan menyetok makanan tahan lama berikut ini!
1. Telur Asin
Ayam telur asin, udang telur asin, cumi telur asin, bahkan keripik kentang telur asin. Ada banyak masakan yang bisa diolah dengan telur asin. Selain dijadikan saus, telur asin matang juga enak untuk dijadikan lauk dan bisa disimpan hingga 1 bulan di dalam kulkas! Bahan-bahan: 12 butir telur bebek atau telur ayam 500 gram garam 1,5 liter air  Rempah-rempah seperti daun teh, bunga lawang, jahe, atau cabai (jika suka)  Cara membuat: Cuci telur lalu amplas kulitnya, sisihkan. Didihkan air bersama garam dan rempah-rempah pilihan, lalu diamkan hingga mencapai suhu ruang. Susun telur di dalam wadah kaca, tuang air hingga telur terendam seluruhnya, lalu tutup rapat. Simpan selama minimal 10 hari di tempat sejuk dan gelap. Semakin lama disimpan, telur akan semakin asin.  #HHWT Tips: Setelah dibuka, periksa apakah telur asin sudah jadi. Untuk telur asin mentah, cek dengan memecahkan salah satu telur. Jika kuning telurnya belum solid, lanjutkan proses perendaman hingga beberapa hari ke depan. Untuk telur asin matang, rebus salah satu telur dan cek apakah rasanya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.
2. Dimsum - Siomay
Selain bisa dikukus dan dinikmati dengan saus cabai, dimsum juga enak digoreng atau direbus dengan kuah kaldu (seperti bakso!). Kalau kamu perhatikan, membuatnya pun sangat mudah. Dengan membuatnya sendiri, kamu pun bebas menentukan isi dan bentuknya! Bahan-bahan: 200 gram daging paha ayam giling 200 gram udang giling 3 siung bawang putih, haluskan 2 sdm tepung tapioka 1 butir putih telur 1 sdt kaldu bubuk 1/2  sdt garam Kulit pangsit siap pakai Cara membuat:  Campur semua bahan hingga rata. Ambil 1 sdm adonan, letakkan di atas kulit pangsit, lalu lipat kecil-kecil sisinya. Kukus hingga matang. 
3. Sambal Goreng Hati Kentang
Makanan yang satu ini wajib hadir saat Lebaran tiba untuk menemani ketupat dan opor ayam. Rasanya yang pedas dan gurih cocok dinikmati bersama nasi panas dan makanan lainnya. Yuk, mulai buat sambal goreng kentang sendiri untuk stok Lebaran nanti! Bahan-bahan: 500 gram kentang, kupas, potong dadu, lalu goreng hingga matang 5 pasang hati ayam, cuci bersih, potong dadu, lalu goreng hingga matang 3 cm lengkuas, memarkan 1 lembar daun salam 1 lembar daun jeruk 1 sdm kecap manis Bumbu halus: 5 buah cabai merah besar, buang bijinya 3 buah cabai rawit 9 siung bawang merah 6 siung bawang putih 4 butir kemiri Garam dan gula secukupnya Cara membuat: Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan kentang dan hati ampela, aduk rata. Masukkan kecap manis, gula, dan garam, koreksi rasa. Masak hingga matang dan bumbu mengering.
4. Dendeng Ragi
Kuliner khas Jawa Timur ini berbeda dengan dendeng batokok asal Sumatera yang bercita rasa pedas. Rasanya manis-gurih, ditambah dengan aroma dan tekstur serundeng kelapa yang lezat. Nikmati dengan sepiring nasi hangat, dijamin bikin ketagihan! Bahan-bahan: 500 gram daging sapi, iris tipis 1 liter air  2 lembar daun salam 2 cm lengkuas 2 sdm air asam jawa 100 gram kelapa parut kasar 5 sendok makan minyak goreng Bumbu halus: 12 butir bawang merah 3 siung bawang putih 3 buah cabai merah keriting 1 cm kunyit 3 butir kemiri, sangrai 1 sendok makan ketumbar 2 sendok teh garam 5 sendok makan gula merah Cara membuat: Rebus daging sampai setengah matang, angkat, lalu sisihkan. Masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas ke sisa air rebusan daging, masak hingga mendidih, lalu masukkan kembali daging dan masak hingga air susut setengahnya. Masukkan air asam jawa dan kelapa parut, aduk-aduk hingga setengah kering. Tambahkan minyak, masak hingga air mengering.  #HHWT Tips: Untuk mendapatkan potongan dendeng yang tipis, iris daging dalam keadaan setengah beku!
5. Ayam Bumbu Kuning
Ayam goreng memang cocok dinikmati dengan apa saja. Jadi, tidak ada salahnya menyetok makanan serba guna seperti yang satu ini. Selain digoreng untuk dimakan bersama sambal dan nasi panas, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat soto ayam atau isian pastel! Bahan-bahan: 1 ekor ayam, cuci bersih, potong sesuai selera 1 liter air matang 1 lembar daun salam 1 batang serai, memarkan Bumbu halus: 7 siung bawang putih 2 cm kunyit 1 cm lengkuas 1 cm jahe 1 sdt ketumbar  Garam dan lada secukupnya  Cara membuat: Campurkan semua bahan dan masak di atas api sedang hingga bumbu mengering. Goreng sesuai kebutuhan. #HHWT Tips: Bukan cuma ayam, kamu juga bisa menggunakan bumbu yang sama untuk mengungkep tahu, tempe, bahkan ikan!
6. Rendang Kering
Makanan paling enak sedunia ini adalah salah satu lauk paling populer untuk disimpan dalam waktu lama. Jika membuatnya dengan benar, rendang bisa disimpan selama beberapa lama, bahkan tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Memasak rendang memang butuh waktu berjam-jam, tapi hasilnya benar-benar sebanding karena kamu bisa makan enak sampai beberapa hari ke depan! Bahan-bahan: 500 gram daging sapi, potong sesuai selera 1 liter santan 1 ruas kayu manis 1 buah bunga lawang 2 batang serai, memarkan 2 lembar daun salam 2 buah cengkeh 3 butir kapulaga 2 cm lengkuas Bumbu halus: 7 butir  bawang merah 5 siung bawang putih 5 buah cabe kering keriting 1 jempol jahe 1 sdm ketumbar 1/2 sdt bubuk jintan 80 ml air matang Garam dan lada secukupnya Cara membuat: Masak santan dengan semua bumbu sampai mendidih. Masukkan daging, aduk terus hingga santan mengeluarkan minyak. Jika sudah keluar minyak, kecilkan api dan masak terus sampai rendang mengering.
6. Perkedel Ayam
Perkedel ayam atau chicken nugget adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada di kulkas. Selain sebagai teman makan nasi, perkedel ayam juga bisa jadi cemilan. Kamu bebas berkreasi dengan menambahkan sayuran atau keju untuk membuatnya semakin enak!  Bahan-bahan: 500 gram daging dada ayam giling 3 sdm tepung panir 2 sdm tepung terigu 2 sdm tepung tapioka 2 butir telur ayam 5 siung bawang putih, haluskan 1/2 sdt kaldu bubuk Garam dan lada secukupnya Bahan pencelup: 4 sdm terigu Secukupnya air dan garam Bahan pelapis: Tepung panir Cara membuat: Blender daging ayam dan telur hingga halus, lalu masukkan sisa bahan ke dalam adonan dan aduk hingga rata. MAsukkan adunan ke dalam loyang yang telah dilapiso minyak goreng, lalu kukus hingga matang (30 menit), angkat, dan dinginkan. Potong-potong sesuai selera, masukkan ke dalam adonan bahan pencelup, lalu gulingkan di atas tepung panir. Masukkan ke dalam wadah kedap udara atau langsung goreng!
7. Kering Tempe Teri Kacang
Nah, masakan yang satu ini bukan hanya awet disimpan, tapi juga bisa menambah nafsu makan karena rasanya yang gurih dan renyah. Jangan lupa untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara supaya rasa dan kerenyahannya tetap terjaga! Bahan-bahan: 1 papan tempe, iris korek api, goreng hingga kering 1 genggam kacang tanah, goreng 50 gram ikan teri Medan (atau teri biasa), goreng  1 batang serai, memarkan 2 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk 4 buah cabai keriting, iris tipis 6 butir bawang merah, iris tipis 1 sdm air asam jawa Garam, lada, dan gula secukupnya Bumbu halus: 3 siung bawang putih 4 buah cabai keriting 2 butir kemiri sangrai Cara membuat: Panaskan 1 sdm minyak lalu tumis bumbu halus dan irisan bawang merah hingga harum. Masukkan irisan cabe dan bumbu-bumbu lainnya, tambahkan air asam jawa, lalu bumbui dengan garam, lada, dan gula secukupnya, masak hingga harum. Matikan api, masukkan tempe, teri, dan kacang, lalu aduk rata. Credit: Giphy Nah, sekarang kamu sudah punya beberapa resep yang bisa kamu praktekkan di rumah. Satu hal yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa kamu menyimpan makanan yang telah kamu buat dengan benar supaya tidak rusak. Karenanya, perhatikan beberapa tips berikut ini:
  • Tunggu hingga makanan dingin sebelum memasukkan makanan ke dalam wadah atau plastik penyimpanan supaya suhu di dalam kulkas tetap stabil.
  • Pilih kemasan yang benar untuk penyimpanan. Pastikan wadah atau plastik tersebut aman untuk makanan dan suhu beku.
  • Kemas sesuai porsi yang dibutuhkan supaya kamu tinggal mengambilnya tanpa harus membuka seluruh kemasan. Jangan membekukan kembali makanan yang sudah pernah dicairkan.
  •  Pastikan kemasan tertutup rapat dan tidak ada udara di dalamnya  agar makanan tidak cepat rusak (freeze burn)
  • Langsung kemas makanan yang akan dibekukan setelah bersuhu ruang untuk mempertahankan kualitasnya yang paling baik sebelum disentuh atau dimakan.
  • Beri label nama dan tanggal pada kemasan untuk mengetahui kapan makanan tersebut mulai disimpan. Kamu juga bisa mengetahui stok apa saja yang masih ada atau mulai menipis.
Dengan resep dan tips di atas, kamu bisa mulai memanfaatkan stok bahan makanan tahan lama yang kamu beli sebelumnya untuk memasak berbagai makanan tersebut. Dengan makanan tahan lama buatan sendiri ini, kamu bisa menghemat waktu untuk memasak menu makanan untuk sahur dan bisa mengurangi layanan pesan antar makanan untuk buka puasa di rumah. Kamu tinggal membuat beberapa makanan buka puasa khas Nusantara untuk dinikmati sebagai takjil!