icon
icon
article hero

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berlebaran di Rumah karena Tidak Mudik

AvatarName

Tiara  •  May 18, 2020

icon

Informasi ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Lebaran sebentar lagi! Betul, Ramadan akan berakhir dalam kurang dari satu minggu. Selain terus memperbanyak ibadah di 10 hari terakhir Ramadan, persiapan untuk hari raya pun sudah mulai dilakukan. Mulai dari membuat kue lebaran, berkirim bingkisan Lebaran unik, sampai mencari resep makanan hari raya yang istimewa. Kredit: Giphy Satu hal yang berbeda pada Lebaran ini adalah adanya larangan mudik dan digesernya tanggal cuti bersama. Otomatis, para perantau yang biasanya kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar pun terpaksa mengurungkan niat tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan yang baik, yakni untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Eits, berlebaran di rumah bukan berarti tidak meriah. Berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat saja pun merupakan berkah dan nikmat tersendiri saat hari raya tiba. Supaya Lebaran di rumah semakin menyenangkan dan bermakna, coba lakukan beberapa hal di bawah ini!
1. Shalat Ied berjamaah di rumah
 Kalau selama ini kamu selalu melaksanakan shalat Ied di masjid atau lapangan terbuka, tahun ini tidak ada ritual seperti itu. Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menganjurkan agar masyarakat tidak menyelenggarakan shalat berjamaah di luar rumah. Artinya, tahun ini kita semua dianjurkan untuk beribadah dari rumah, termasuk shalat tarawih dan shalat Idul Fitri.  Jadikanlah kesempatan ini sebagai berkah tersendiri dan momen untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga. Jika kamu sudah terbiasa menjalankan shalat tarawih di rumah bersama keluarga sejak awal Ramadan, tentu hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Setelah shalat, jangan lupa untuk saling bersalaman dan bermaafan dengan seluruh anggota keluarga. 🙏🏻 Kalau masih ragu, ikuti saja panduan shalat Idul Fitri berjamaah di rumah menurut fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) berikut ini.
2. Sesi foto keluarga
Jadikan Lebaran yang berbeda ini semakin berkesan dengan mengabadikannya menjadi kenang-kenangan yang tidak terlupakan. Lebaran di tengah pandemi adalah pengalaman sekali seumur hidup yang (semoga saja!) tidak akan terulang. Berhubung tidak pergi keluar rumah dan tidak banyak tamu yang datang, inilah waktu yang tepat untuk berfoto bersama keluarga. 📸 Kenakan baju Lebaran terbaikmu, pakai make up yang kamu suka, dan abadikan penampilan terbaik keluarga di rumah. Tidak perlu peralatan lengkap, cukup gunakan smartphone dan tripod mini untuk mengambil foto yang stabil. Kalau masih kurang percaya diri akan kemampuan fotografi kamu, contek saja 12 tips fotografi menggunakan smartphone untuk membuat hasilnya semakin ciamik! 
3. Video call dengan keluarga besar
 Jarak bukanlah halangan untuk bersilaturahmi. Hari raya adalah momen dimana semua anggota keluarga berkumpul di rumah. Jadi, inilah saatnya untuk tetap terhubung lewat video call. Supaya kumpul-kumpul virtual ini lancar, sebaiknya kamu mengatur jadwal dan mengirim undangannya sebelum hari raya tiba. Ingatkan pula kepada seluruh peserta untuk hadir tepat waktu agar suasana Lebaran semakin terasa. Dengan demikian, silaturahmi pun tetap terfasilitasi, terutama bagi anggota keluarga yang lebih tua dan tidak familiar dengan teknologi. Usai bersilaturahmi, jangan lupa untuk berfoto bersama dengan berbagai pose unik yang bisa kamu lakukan saat video call bersama keluarga besar! 
4. Berbagi makanan Lebaran dengan tetangga
Lebaran yang berbeda tahun ini bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk mempererat hubungan dengan tetangga. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan berbagi berkah berupa makanan atau kue Lebaran yang telah kita siapkan. Dalam riwayat Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak henti-hentinya Jibril memberikan wasiat kepadaku tentang tetangga sehingga aku menduga bahwa ia akan memberikan warisan kepadanya.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Hadits di atas menjadi salah satu bukti betapa kita harus berbuat baik kepada tetangga. Selain keluarga, tetangga adalah orang terdekat yang akan membantu kita ketika dilanda kesulitan, dan begitupun sebaliknya. Cara ini bukan hanya berpahala, namun juga menyenangkan hati tetangga kita. 🤗
5. Beres-beres rumah
 Meski Lebaran tahun ini tidak banyak tamu yang datang, bukan berarti kita tidak perlu mempercantik rumah. Justru inilah waktu yang paling tepat karena kamu tidak sibuk memasak banyak ataupun melayani tamu yang datang ke rumah. Selain bersih-bersih, mengubah tatanan furnitur di dalam rumah atau memasang wallpaper baru (pasang sendiri juga bisa!) juga bisa menciptakan suasana baru untuk  menyambut hari raya. Dengan demikian, kamu bisa kembali ke fitrah dengan suasana bersih sesuai dengan semangat hari raya Idul Fitri. 😊 Tidak mudik tahun ini tidak seharusnya melemahkan semangat kita untuk merayakan Lebaran di rumah. Sebaliknya, ini merupakan berkah tersendiri karena kita tidak harus bermacet-macetan dalam perjalanan dan menghemat pengeluaran. Satu hal yang pasti, tidak mudik bukan berarti kita tidak sayang dan tidak rindu kampung halaman. Justru inilah cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang kita dengan menjaga kesehatan dan keselamatan orang-orang yang kita sayangi.