icon
icon
article hero

5 Resep Kue Lebaran Paling Favorit dan Cara Membuatnya

AvatarName

Tiara  •  May 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui 5 Mei 2021] Tidak terasa kita telah memasuki minggu terakhir Ramadan di rumah. Dengan kata lain, hari raya Lebaran pun semakin dekat. Selain bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, satu aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba aneka resep kue Lebaran! Untuk ngabuburit di rumah sambil menghabiskan waktu bersama keluarga, mengapa kamu tidak coba untuk membuat kue Lebaran sendiri?  #HHWT Tips: Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memanggang kue adalah setiap oven mempunyai karakteristik yang berbeda-beda meskipun suhu yang digunakan sama. Jadi, pastikan kamu selalu mengecek kondisi kue dari waktu ke waktu saat dipanggang agar tidak gosong! P.S. Tetap semangat berpuasa dengan mengintip resep sahur praktis dan resep takjil khas Nusantara untuk dibuat di rumah!
Kastengel
Kue kering yang satu ini berasal dari kata dalam bahasa Belanda ‘kaas’ yang berarti keju dan ‘stengels’ yang berarti batangan. Namanya benar-benar mencerminkan rasa keju yang gurih. Bahan-bahan: 300 gram mentega 200 gram keju edam, parut 400 gram tepung terigu protein sedang 2 sdm susu bubuk 2 butir kuning telur Keju cheddar parut secukupnya untuk taburan Bahan olesan: 3 butir kuning telur 2 sdm susu cair  Cara membuat: Kocok mentega dan telur dengan mixer berkecepatan rendah hingga tercampur rata, lalu masukkan keju edam parut dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, lalu aduk hingga semua tercampur rata menjadi adonan yang bisa dibentuk. Gilas adonan dengan dilapisi plastik, lalu cetak atau potong membentuk persegi. Tata kue di loyang yang telah dilapisi baking sheet, beri olesan telur dan taburan keju di atasnya. Panggang dengan suhu 125 derajat celcius selama 25 menit hingga matang.
Nastar
Perpaduan lembut dan harumnya aroma mentega dalam adonan dengan manis dan segarnya selai nanas menjadikan nastar primadona kue kering di setiap rumah. Meski ada begitu banyak versi nastar yang beredar, mulai dari aroma stroberi sampai gula aren, nastar klasik tetap menjadi kue Lebaran favorit bagi banyak orang! Bahan-bahan: 175 gram mentega 25 gram gula bubuk 3 butir kuning telur 150 gram keju parut 1/4 sdt garam 175 gr tepung terigu 25 gr tepung maizena 250 gram selai nanas khusus nastar Bahan olesan: 3 butir kuning telur 2 sdm susu cair Cara membuat: Kocok mentega bersama gula bubuk dengan mixer hingga rata, lalu masukkan kuning telur dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, keju parut, dan garam, lalu aduk hingga rata dan adonan bisa dibentuk. Ambil 1 sdm adonan, pipihkan, beri selai nanas di tengahnya, lalu rapatkan kembali. Susun di loyang dan panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 25 menit, lalu keluarkan dan olesi dengan campuran telur. Panggang kembali hingga matang sepenuhnya.  P.S. Kamu bisa melihat bahan dan cara lebih detail untuk membuat nastar di halaman ini!
Kue Semprit
Kue berbentuk bunga dengan selai di tengahnya ini bukan hanya cantik, tapi juga punya rasa sederhana yang akrab di lidah. Selain menggunakan selai, bagian tengah kue ini juga bisa dihias dengan choco chip untuk sentuhan rasa coklat! Bahan-bahan: 300 gram margarin 75 gram mentega 250 gram gula halus 3 butir kuning telur 500 gram tepung terigu 1 sdm tepung maizena 1 sdm susu bubuk 200 gram selai stroberi atau choco chip secukupnya Cara membuat: Kocok gula dan telur dengan mixer sampai pucat, masukkan margarin dan mentega, lalu lanjutkan kocok adonan sampai pucat. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, lalu aduk rata. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan pasang spuit di ujungnya. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan baking sheet. Semprotkan adonan ke loyang hingga membentuk bunga, beri sedikit selai atau sebutir choco chip di tengahnya. Panggang di dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang. 
Kue Kacang
Kue kering yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka manis. Cita rasanya gurih dan renyah karena dibuat dengan kacang tanah yang disangrai. Takaran garamnya pun sedikit lebih banyak daripada kue Lebaran lainnya, jadi kamu bisa merasakan butiran garam yang jadi kejutan menyenangkan saat mengunyah kue ini. Bahan-bahan: 400 gram tepung terigu 250 gram kacang tanah kupas, sangrai, lalu blender kasar 200 gram minyak goreng 200 gram gula halus 1 sdt garam 1/4 sdt teh vanili bubuk 2 kuning telur dan 1 sdm mentega untuk olesan Cara membuat: Campur semua bahan kering lalu aduk hingga rata dan adonan mudah dibentuk. Tutup adonan dengan plastik, lalu diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Keluarkan adonan, diamkan sebentar di suhu ruang, lalu cetak adonan dengan bentuk sesuai selera. Susun kue di loyang yang telah dialasi baking sheet, lalu olesi permukaannya dengan campuran telur. Panggan di oven dengan suhu 150 derajat selama 30 menit atau hingga matang.
5. Putri Salju
Kue kering bertabur gula halus ini memang agak berantakan ketika dimakan. Namun, ketika rasa kue berpadu dengan manisnya gula, semua kerepotan itu benar-benar sebanding. Sekali makan, susah sekali berhentinya! Bahan-bahan:  250 gram mentega 100 gram gula halus 200 gram kacang mete (panggang, haluskan) 250 gram tepung terigu 150 gram gula halus untuk taburan Cara membuat: Kocok mentega dan gula halus dengan mixer hingga lembut. Masukkan tepung terigu dan kacang mete, aduk rata hingga adonan mudah dibentuk. Diamkan adonan di dalam kulkas selama 30 menit, lalu keluarkan dan cetak sesuai bentuk yang diinginkan. Susun di atas loyang yang telah dialasi baking sheet, lalu panggang dengan suhu sekitar 150 derajat selama 20 menit atau hingga matang. Angkat dan gulingkan kue saat masih hangat di gula halus. Simak juga resep spesial Lebaran dan rekomendasi kuliner hari raya lainnya dalam artikel berikut ini: