icon
icon
article hero

11 Ide Hampers Lebaran Unik dan Bermanfaat untuk Orang Tersayang

AvatarName

Tiara  •  May 15, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. [Diperbarui tanggal 27 April 2021] Selain membuat kue Lebaran, merapikan rumah, dan tentu saja menantikan kehadiran THR, saling berkirim hampers Lebaran unik juga merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut Idul Fitri. Hampers Lebaran yang paling sering dikirim biasanya berupa makanan, entah itu kue , makanan cepat saji, atau cemilan untuk takjil. Ada juga yang mengemas sembako sebagai bingkisan yang cantik. Masalahnya, terkadang makanan yang dikirim kadang jumlahnya terlalu banyak sehingga menjadi mubazir. 😟  Untungnya, sekarang tersedia banyak pilihan hampers Lebaran non-makanan yang tidak hanya unik, tapi juga bermanfaat. Kamu pun tidak perlu susah-susah mencarinya karena kami telah merangkum 11 parcel Lebaran unik dan berkesan!
Handuk
Benda yang satu ini sudah pasti dibutuhkan oleh semua orang. Variasikan isi hampers Lebaran ini dengan menggabungkan beberapa ukuran handuk yang berbeda, mulai dari handuk badan, handuk kepala, hingga sapu tangan. Supaya lebih personal, kamu juga bisa memesan kepada penjual untuk membuat bordir nama atau ucapan Selamat Idul Fitri di setiap handuknya. 
Sabun organik
Selain handuk, keperluan sehari-hari yang terpakai seperti sabun juga bisa menjadi hampers Lebaran unik dan berbeda. Bukan sekedar sabun biasa, sabunbatang organik buatan pengrajin lokal adalah pilihan yang tepat sebagai hantaran Lebaran. Selain karena kegunaannya, tampilan sabun organik ini juga cantik! Siapapun yang membuka kemasannya dijamin akan tersenyum ketika melihatnya. 😍 #HHWT Tips: Kalau kamu mau, kamu juga bisa membuat set keperluan mandi sebagai parcel Lebaran. Biasanya bingkisan ini berisi sabun, body scrub, dan body lotion. Cocok juga untuk dibawa travelling!
Lilin pengharum ruangan
Dekorasi rumah juga bisa jadi pilihan parcel lebaran unik yang menarik! Sejak pandemi, tentu kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Jadi, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk membuat rumah lebih nyaman. Dekorasi kecil seperti lilin harum dengan berbagai aroma tentu bisa jadi hadiah yang manis. Selain untuk mengharumkan ruangan, tampilannya yang cantik juga bisa jadi dekorasi rumah! P.S. Kamu juga bisa menghadiahkan oleh-oleh khas daerah untuk dinikmati di rumah agar mengobati rasa kangen akan kampung halaman akibat larangan mudik. 😉
Perawatan kulit (skincare)
Bingkisan yang satu ini bukan hanya cocok untuk wanita, melainkan untuk semua orang. Dengan memberikannya, kamu juga mengingatkan penerimanya untuk merawat dan memanjakan diri di tengah kesibukan bekerja dari rumah. Jangan lupa untuk memilih produk yang berbahan dasar alami agar aman digunakan. Selain untuk perawatan, produk perawatan natural seperti ini juga memberikan sensasi relaksasi karenaaromanya. Hadiah ini juga cocok untuk saudara atau teman yang baru akan memulai ritual perawatan wajah! 
Suplemen
Kondisi new normal yang kita jalani saat ini tentu menimbulkan gaya hidup baru. Salah satunya adalah perhatian lebih kepada kesehatan dan apa yang kita makan. Orang-orang pun jadi semakin suka makan sehat dan minum suplemen untuk mendukung daya tahan tubuh. Oleh karena itu, hampers Lebaran berupa suplemen untuk menjaga kesehatan tentu akan menjadi hadiah yang menyenangkan. Jangan lupa, pilih suplemen yang terbuat dari bahan dan rempah alami Indonesia!
Aromaterapi
Satu lagi barang yang akan membuat suasana di rumah sang penerima semakin menenangkan, yakni satu set minyak esensial untuk aromaterapi. Selain aromanya enak, minyak esensial juga dipercaya memiliki khasiat untuk relaksasi dan meringankan gejala kurang enak badan. Misalnya saja minyak lavender yang aromanya dikenal mampu membuat tidur lebih nyenyak dan minyak peppermint dengan aroma yang melegakan pernapasan. 
Tanaman
Melihat pemandangan hijau disebut-sebut dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Karenanya, tidak ada salahnya kalau kamu mengirimkan tanaman mini sebagai parcel Lebaran. Pilihlah tanaman yang perawatannya mudah dan ketahanannya tinggi. Beberapa tanaman indooryang bisa menjadi pilihan antara lain adalah lidah mertua, sirih rambat, dan kaktus mini. Kehadiran tanaman ini tentu juga akan membuat suasana di rumah lebih asri!💚
Pernik keramik
Siapa bilang keramik hanya untuk hiasan? Kerajinan tanah liat ini juga bisa berbentuk benda pakai seperti cangkir dan mangkok yang cocok sebagai hampers Lebaran. Tidak perlu satu set lengkap, kamu pun bisa memilih satu atau dua buah keramik buatan tangan dari perajin lokal. Selain bentuknya yang unik, kerajinan ini pun hanya dibuat dalam jumlah terbatas! Jangan lupa untuk membungkusnya dengan bubble wrap ekstra supaya tetap utuh sampai tujuan. 🤗
Peralatan shalat
Peralatan shalat seperti mukena bukan hanya sesuai dengan tema Lebaran, namun juga merupakan amal jariyah bagi yang memberikan. 😊 Setiap kali mukena ini dipakai oleh sang penerima, maka kamu pun akan kebagian pahala. Kini, ada banyak jenis mukena yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, warna favorit, atau bahkan motif dan bahan tertentu. Salah satu paling favorit (dan berguna) adalah mukena berbahan dingin, ringan, dan kemasannya ringkas untuk teman perjalanan! Selain mukena, sajadah unik seperti sajadah sandar juga bisa jadi bingkisan Lebaran yang berpahala. Sajadah ini sangat cocok dihadiahkan kepada orang tua agar mereka bisa beribadah dengan lebih nyaman. 😊
Teh artisan
Kalau kamu ragu memberikan barang pakai karena takut tidak sesuai dengan ukuran atau selera sang penerima, tapi tidak ingin juga memberikan makanan, maka teh artisan bisa jadi alternatif cerdas. Selainawet disimpan, teh juga bisa dinikmati oleh hampir semua orang. Buat hampers teh kamu semakin spesial dengan memilih teh artisan yang terbuat dari campuran teh, bunga, atau buah kering yang nikmat!
Kopi lokal
Hadiah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Indonesia punya begitu banyak jenis kopi yang lezat. Sebagai bingkisan, kamu bisa memadukan beberapa bungkus kecil biji kopi beraneka ragam, filter kopi, atau bahkan alat penggiling kopi manual sekalian. Dengan bingkisan ini, kamu juga bisa membuat sang penerima lebih hemat karena bisa membuat es kopi susu kekinian di rumah! Meski suasana Ramadan dan Lebaran tahun ini akan berbeda, bukan berarti kita boleh kehilangan semangat untuk menyambut hari raya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan perhatian dan rasa syukur kita, salah satunya adalah dengan berbagi kepada sesama. Sebesar atau sekecil apapun yang kamu berikan, asalkan dilandasi dengan rasa ikhlas, maka akan menjadi berkah bagi kamu dan orang yang menerimanya, insya Allah. 😊 Simak juga rekomendas seputar Ramadan dan Hari Raya lainnya dalam artikel berikut ini: