icon
icon
article hero

8 Tips Berlibur Saat Pandemi untuk Perjalanan yang Aman dan Nyaman

AvatarName

Yashinta Rose  •  Aug 25, 2021

icon

Tips liburan saat pandemi.

Pelonggaran PPKM akhirnya mengizinkan sejumlah tempat wisata kembali dibuka. Artinya, kamu pun sudah bisa kembali mengunjungi tempat wisata ini. Eits, tunggu dulu. Liburan saat pandemi tentu berebda dengan liburan biasa. Supaya lebih aman dan nyaman, member Tribes by HHWT Yashinta Rose membagikan sejumlah tips liburan yang bisa kamu tiru untuk perjalanan berikutnya. Simak juga cerita dari member Tribes by HHWT lainnya dalam artikel berikut ini:
Sektor wisata menjadi salah satu bidang yang terkena imbas pada saat pandemik COVID-19. Bagaimana tidak? Pemerintah memberikan peraturan untuk mengurangi kerumunan dalam mencegah berkembangnya virus Corona-19 ini. Namun, hal ini tidak serta membuat bidang pariwisata terus lesu. Protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah tetap dapat kita terapkan selama kita berlibur. Lalu, apa saja yang dapat kita persiapkan jika kita akan berpelesir?

1. Pastikan kita dalam kondisi prima

 Jangan sampai kita memaksakan diri untuk berlibur namun sesampainya disana, kita justru tidak bisa menikmati liburan. Jaga kondisi tubuh dengan rutin melakukan olahraga, makan bergizi, minum cukup, tidur berkualitas, minum multivitamin, serta kurangi stress. 
Kredit: Yashinta Rose

2. Peralatan pribadi

Siapkan healthy kit seperti multivitamin, hand sanitizer, masker cadangan, tisue kering, dan tisu basah adalah seperangkat alat wajib yang harus  ada di tas kita saat kita bepergian. Bila perlu, bawa baju dan celana ganti ya.

3. Pastikan aturan perjalanan

Cek kembali aturan selama pandemi di tempat wisata yang akan kita datangi. Hal ini akan membuat kita lebih well prepared terhadap protokol kesehatan yang diterapkan di tempat wisata tersebut. Bila perlu lakukan reservasi terlebih dahulu.
Kredit: Yashinta Rose

4. Selalu kenakan masker

Gunakan masker saat hendak bepergian dan selama di tempat wisata. Jika perlu, gunakan masker rangkap dua untuk memproteksi diri. Gunakan masker medis terlebih dahulu, kemudian masker kain. Pilih masker kain yang layak sehingga nyaman dan tidak sakit di telinga kita. Terkadang penggunaan masker kain membuat diri kita tidak nyaman di bagian tali telinga. Agar lebih nyaman gunakan masker kain headloop yang biasa digunakan oleh yang berkerudung.

5. Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum berangkat ya. Supaya Tuhan selalu melindungi kita dari segala marabahaya.

6. Hindari jam sibuk

Datanglah lebih awal untuk menghindari adanya kerumuman. Ingat, meskipun berlibur, kita juga harus ikut berpartisipasi dalam menjaga kesehatan diri dan orang lain.
Kredit: Yashinta Rose

 7. Jaga kebersihan tangan 

Selalu utamakan cuci tangan. Jika ada tempat cuci tangan, usahakan untuk melakukan cuci tangan daripada menggunakan hand sanitizer. Penggunaan hand sanitizer dilakukan saat tidak ada tempat cuci tangan.

8. Disiplin adalah kunci

Pastikan untuk tetap patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan yang diterapkan di tempat wisata. Ketika kita menjaga diri kita, maka kita sudah menjadi pahlawan untuk mencegah penularan virus Corona-19. Berikut ini tips-tips sederhana yang harus kita perhatikan saat melakukan liburan. Apakah kalian ada tips lain?