icon
icon
article hero

6 Saus Korea Halal yang Bakal Bikin Acara BBQ Tahun Baru Kamu Berbeda

AvatarName

Tiara  •  Dec 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Menggelar acara barbecue di rumah merupakan salah satu tradisi perayaan malam tahun baru. Mengingat pandemi masih ada, cara ini pun dirasa paling aman untuk merayakan pergantian tahun. Supaya acara makan malam ini semakin meriah, kamu bisa menyajikan menu yang berbeda dengan saus korea untuk barbecue berikut ini.
Gochujang
Saus Korea berwarna merah ini adalah bahan wajib untuk memunculkan cita rasa khas Korea. Gochujang sendiri merupakan pasta cabai yang telah difermentasi. Akibat proses pembuatannya inilah sering terdapat kandungan alkohol pada gochujang yang dijual di pasaran. Namun, kini sudah banyak gochujang halal yang tersedia di pasaran. Gochujang bukan hanya bisa digunakan untuk memasak tteokbokki atau ramyun, namun juga bisa dijadikan saus cocolan untuk daging bakar. Ambil selembar selada, sepotong daging, dan sedikit gochujang, lalu nikmati suasana kota Seoul di lidahmu!
Ssamjang
Selain gochujang, saus Korea lain yang juga wajib kamu sajikan adalah ssamjang. Berbeda dengn gochujang, rasa ssamjang lebih kompleks karena terdiri dari beberapa bahan. Kamu pun bisa membuatnya dengan mudah. Cukup campurkan doenjang, gochujang, madu, munyak wijen, wijen sangrai, serta bawang putih dan bawang bombay cincang.
Bulgogi
Saus Korea yang satu ini bisa kamu gunakan sebagai rendaman sebelum daging dibakar. Selain membeli  saus korea halal  yang tersedia di supermarket dan e-commerce, kamu pun bisa membuat sendiri marinasi saus bulgogi sederhana. Buat saus di siang hari dan rendam daging sampai acara makan dimulai agar rasanya semakin meresap.
Galbi
Selain bulgogi, galbi juga merupakan salah satu saus Korea yang populer. Kalau bulgogi cenderung manis, maninasi galbi cenderung pedas dan gurih dengan warna merah menyala dari gochujang. Biasanya, saus Korea ini dimasak sebagai tumisan. Namun, kamu pun bisa memarinasi fillet ayam dengan saul galbi untuk dibakar di panggangan.
Doenjang
Untuk melengkapi malam tahun baru bertema barbecue Korea, kamu juga bisa menyiapkan saus Korea lain seperti doenjang. Saus hasil fermentasi kedelai ini mirip dengan tauco yang gurih. Doenjang bisa kamu gunakan untuk memasak aneka makanan berkuah sebagai pelengkap daging bakar.
Chunjang
 Kalau kamu penggemar makanan Korea, tentu sudah tidak asing dengan saus Korea ini. Warnanya yang hitam pekat adalah ciri khas yang mengingatkan kita akan jjajangmyeon. Tentu tidak ada salahnya untuk menyiapkan jjajangmyeon untuk acara tahun baruan nanti. Selain rasanya memang enak, menuini juga akan melengkapi makan malam dengan tema Korea kamu saat pergantian tahun. Malam pergantian tahun tidak harus dihabiskan di luar rumah. Berpesta di rumah dengan orang-orang terdekat saja pun merupakan pilihan yang lebih aman dan bijaksana. Dengan makanan Korea lezat yang disajikan, kamu pun dapat menyambut 2021 dengan berkesan. Simak juga rekomendasi seputar makanan Korea lainnya dalam artikel berikut ini: