icon
icon
article hero

5 Resep Risoles Eksperimental untuk Cemilan di Rumah (atau Ide Jualan!)

AvatarName

Tiara  •  Sep 24, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Isi bihun, smoked beef, hingga ragout, resep isi risoles bisa divariasikan sedemikian rupa untuk menciptakan cemilan yang unik dan enak. Selagi di rumah, saatnya bereksperimen dengan aneka resep isi risoles. Bukan hanya untuk dimakan sendiri, resep ini pun bisa jadi ide bisnis rumahan yang sederhana namun menghasilkan. Pertama-tama, siapkan dulu kulit risolnya. Gunakan resep di bawah ini untuk membuat kulit risol anti sobek. Bahan kulit: 250 gram tepung terigu 2 sdm tepung tapioka 1 butir telur 1 sdm minyak sayur 1/2 sdt garam Air matang secukupnya Cara membuat: Kocok telur dan garam, lalu masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan air sedikit demi sedikit. Konsistensi yang dicari adalah adonan yang tidak terlalu kental. Aduk terus hingga rata dan masukkan minyak sayur. Jika perlu, saring adonan sebelum digunakan agar kulitnya halus. Panaskan teflon, masukkan 1 sendok sayur adonan, lalu putar hingga menutupi seluruh permukaan wajan. Masak hinnga tepiannya mengelupas dan permukaannya tidak lengket, balik, masak sebentar, lalu angkat. Ulang hingga adonan habis. Sekarang, tinggal pikirkan resep isi risoles yang kamu suka. Sebagai inspirasi, kamu bisa mencoba beberapa resep isi risoles sederhana berikut ini.
Risol pizza
Beri sentuhan Italia pada resep isi risoles tradisional. Caranya mudah, cukup siapkan saus tomatatau saus bolognaise, potongan sosis atau pepperoni, dan keju mozzarella. Ambil selembar kulit risol, oleskan sausnya, lalu beri pepperoni dan keju mozzarela. Supaya lebih harum, beri taburan daun oregano. Lipat risol seperti biasa lalu goreng hingga matang. Hati-hati, keju mozzarela di dalamnya masih panas dan lumer saat baru matang.
Risol ayam geprek
Untuk kamu yang suka pedas, resep isi risoles ini bisa kamu coba. Cukup ambil ayam suwir atau daging ayam goreng yang dipotong dadu, aduk dengan sambal bawang, lalu letakkan di atas selembar kulit risol. Kalau mau, kamu juga bisa beri sedikit keju mozzarela untuk sensasi lumer. Lipat seperti biasa, lalu goreng hingga matang. Pedas gurihnya dijamin bakal bikin ketagihan.
Risol carbonara
Kalau kamu suka isian yang creamy, resep isi risoles carbonara ini akan membuat kamu puas dan kenyang. Cukup masak pasta carbonara seperti biasa, lalu bungkus dengn kulit risol. Goreng hingga matang dan voila! Kombinasi risol dan pasta ini siap menjadi cemilan atau bekal makan siang yang mengenyangkan.
Risol martabak manis
Resep isi risoles satu ini cocok untuk kamu yang sedang ingin makanan manis. Rasanya senikmat martabak manis, tapi tidak berantakan dan kulitnya lebih tipis. Isinya bisa kamu variasikan sesuai selera. Mulai dari coklat keju, coklat keju wijen, pisang coklat, hingga ketan hitam dankelapa! Jangan lupa mengoleskan sedikit wisman di permukaan kulit risol supaya hasil akhirnya seharum martabak sungguhan.
Risol srikaya
Pilihan lain untuk resep isi risoles manis adalah dengan selai srikaya. Sensasinya mirip dengan roti bakar dan bisa kamu variasikan dengan berbagai topping. Misalnya dicampur dengan potongan buah nangka atau disajikan dengan saus kinca atau santan. Risol srikaya bisa jadi dessert unik yang jarang ditemukan. Mudah bukan untuk membuatnya? Masak-masak di rumah juga makin seru dengan mencoba resep berikut ini: