icon
icon
article hero

6 Kue dan Pastry Viral yang Wajib Kamu Coba Tahun Ini

AvatarName

Tiara  •  Oct 05, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Berapa kali kamu melihat aneka kue kekinian mondar mandir di linimasa media sosialmu? Sepertinya selalu saja ada kue kekinian yang baru setiap minggunya. Mulai dari aneka pastry, donat, hingga dessert box. Namun, tidak semuanya harus kamu coba kok. Beberapa kue kekinian sejatinya hanyalah variasi dari kue klasik favorit. Tapi kalau kamu ingin bergabung dengan arus kue kekinian ini, setidaknya kamu harus coba beberapa kue berikut ini sebelum tahun 2020 berakhir.
Cronut
Cronut merupakan kue kekinian hasil perkawinan antara croissant dengan donat. Bentuknya seperti donat dengan lubang di tengahnya, namun ketika digigit tekstur dan rasanya persis seperti croissant. Cronut diperkenalkan sekitar satu atau 2 tahun lalu dan berhasil menjadi primadona baru di ranah makanan manis. Beberapa toko kue besar bahkan menjadikan crount sebagai menu tetap.
Croffle
Lain halnya dengan croffle. Kue kekinian satu ini adalah perkawinan croissant dengan waffle. Tren croffle sendiri baru diperkenalkan oleh cafe Social Affair beberapa bulan lalu dan sukses menjadi incaran pecinta makanan manis. Terbukti dengan antrian panjang di gerai-gerai Social Affair. Bukan hanya penuh oleh pembeli, Social Affair juga mendadak hijau karena antrian para ojek online yang membelikan pesanan konsumen.
Cruffin
Cruffin adalah the next big thing,  terlebih bagi kamu yang kurang begitu suka makanan manis. Sesuai namanya, kue kekinian ini adalah perpaduan croissant dan muffin. Tidak heran kalau bentuknya saja sudah terlihat unik. Berdasarkan pantauan tim HHWT, belum banyak orang yang mencoba lezatnya cruffin (atau setidaknya mengunggahnya di mesia sosial). Kalau kamu mau mencuri start, kamu bisa mendapatkannya di toko roti Don Bakeshop yang berada di ITC Kuningan, Jakarta Selatan.
Mochi Bread
Apa jadinya kalau roti dan mochi bersatu? Bukan, bukan seperti donat mochi yang kamu makan di toko donat itu. Kue kekinian ini lebih unik. Roti yang lembut itu kempis ketika digigit dan kamu akan menemukan kejutan di dalamnya, yakni adonan mochi nan kenyal. Tidak berhenti di situ saja, adonan mochinya pun ternyata ada isinya lagi! Salah satu toko kue yang membuat roti mochi ini adalah Kimoochi yang berbasis di Bandung.
Burnt Cheesecake
Kamu pasti sudah sering melihat kue kekinian ini mondar mandir di Instagram. Kue keju gosong ini memang sempat menjadi sensasi internet karena tampilannya yang menggoda. Tenang, permukaannya bukan gosong, tapi terkaramelisasi saat dipanggang. Hasilnya? Permukaan yang kering dengan rasa karamel gurih dan kue keju lembut di dalamnya.
Croissant Telur Asin
 Masih dari jagad croissant, kue kekinian satu ini sempat jadi menu andalah di berbagai toko kue dan kedai kopi. Perpaduannya memang unik, croissant yang notabene kue ala Eropa berpadu dengan cita rasa telur asin khas Asia. Ternyata, gurih mentega dalam croissant memang berjodoh dengan telur asin. Kini, kamu bisa dengan mudah menemukan menu croissant telur asin di berbagai kafe dan kedai kopi di kota besar. Bagaimana, sudah mulai ngiler ya? Meski belum bisa dine in, kamu masih bisa menikmatinya lewat pesan antar. Beberapa toko roti rumahan bahkan menyediakan layanan pesan antar ekspress 24 jam untuk pengiriman ke luar kota. Kalau bisa, beli dari toko atau kedai lokal dan rumahan ya. Selain sama enaknya, kamu pun turut meringankan beban mereka dan menggerakkan perekonomian rakyat di masa pandemi ini. Jajan lagi yuk, pilih saja yang kamu suka dari beberapa artikel di bawah ini: