icon
icon
article hero

Pilihan Sahur Sehat: 5 Resep Smoothies dan Overnight Oats yang Ngga Ngebosenin

AvatarName

Tiara  •  Apr 13, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Resep smoothies dan resep overnight oat adalah penyelamat dikala kita tidak sempat masak sahur. Bukan hanya cepat dan udah dibuat, smoothies dan overnight oat juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan resep smoothies dan resep overnight oat biasanya tidak jauh-jauh dari buah-buahan. Alhasil, kamu bisa mendapatkan energi untuk berpuasa sekaligus asupan serat, vitamin, dan mineral. Hal lain yang membuat smoothies dan overnight oat menjadi menu sahur praktis favorit adalah cara membuatnya yang kelewat gampang! Berikut adalah beberapa resep yang bisa kamu contek untuk menu sahur minggu ini.
Smoothie alpukat 
Alpukat kaya akan oleic acid, lemak baik yang mengurangi peradangan dan memperbaiki sel-sel tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam alpukat juga membantu tubuh kita untuk menyerap mineral dari sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi. Untuk membuat smoothies alpukat yang kental dan nikmat, campur dua buah pisang matang dengan satu buah alpukat matang dan sedikit susu cair. Sebagai perasa, kamu bisa menambahkan kental manis ataupun saus coklat sesuai selera. Kamu bisa meminumnya langsung atau beri taburan granola di atasnya supaya lebih nikmat!
Smoothie pisang naga
Resep smoothies ini cocok untuk kamu yang ingin cita rasa segar saat makan sahur. Penggunaan buah naga pada smoothiesini bukan hanya memberikanwarna yang cantik, namun juga mengandung antioksidan yang baik untuk sel-sel tubuh. Siapkan dua buah pisang matang dan satu buah naga, kupas dan potong-potong. Ambil satu buah jeruk (lebih baik yang tanpa biji), kupas dan bersihkan serat-seratnya. Haluskan semua buah dengan sedikit susu hingga rata, lalu sajikan dengan potongan buah yang kamu suka. Kamu juga bisa menambahkan madu jika ingin rasanya lebih manis.
Smoothie coklat vanila
Nah, resep smoothies yang satu ini bisa sekalian menjadi menu camilan manis. Siapkan dua buah pisang matang yang telah dipotong-potong, lalu bagi menjadi dua. Mulailah membuat lapisan smoothies pertama dengan menghaluskan pisang, susu, biskuit vanila, dan esens vanila. Blender hingga halus, lalu tuangkan ke gelas transparan. Buat lapisan smoothies kedua dengan menghaluskan pisang, susu coklat, dan biskuit coklat. Tuang ke atas lapisan vanila secara bergantian sehingga membentuk lapisan-lapisan! Bukan cuma enak, tampilannya pun cantik, cocok sebagai jamuan takjil buka puasa!
Oatmeal coklat
Resep overnight oat satu ini bakal bikin kamu semangat sahur karena rasanya mirip makanan pencuci mulut. Siapkan toples dengan tutup. Masukkan setengah cangkir oat instan atau siap masak, potongan pisang, potongan stroberi (opsional), sedikit garam, dan susu coklat, lalu aduk hingga rata. Semakin banyak susunya, maka tekstur akhirnya akan semakin encer Tutup rapat dan diamkan dikulkas selama sekitar empat jam. Sesuai namanya, overnight oatsemakinnikmat jika didiamkan semalaman.
Oatmeal vanila kayu manis
Resep overnight oat ini cocok untuk kamu yang tidak begitu suka coklat. Bukan hanya harum, vanilla juga mengandung mineral yang baik untuk jantung, tekanan darah, dan metabolisme. Sementara itu, kayu manis baik untuk melawan radang tenggorokan, batuk, dan flu. Cara membuatnya mudah. Campurkan setengah cangkir oat, susu, esens vanilla, sedikit bubuk kayu manis, dan madu. Aduk rata dan diamkan semalaman hingga oat menjadi lembut. Untuk variasi tekstur, kamu bisa menaburkan granola dan kacang di atasnya sebelum disajikan. Simak juga resep dan tips puasa Ramadhan lainnya dalam artikel berikut ini: