icon
icon
article hero

Puas Makan Daging? Ini 6 Minuman Penurun Kolesterol yang Kamu Butuhkan

AvatarName

Tiara •  Jul 22, 2021

icon

Apa minuman yang menurunkan kolesterol?

Pertanyaan ini biasanya muncul setelah Idul Adha, usai menikmati berbagai olahan daging kambing dan sapi dari qurban. Tidak heran jika setelah Idul Adha, minuman penurun kolesterol banyak dicari. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, resikonya cukup berbahaya, termasuk stroke dan serangan jantung. Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah minuman. Habis makan daging, istirahatkan dulu pencernaan dengan makan makanan ringan dan sehat: Menurut Medical News Today, ada beberapa minuman penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi. Kabar baiknya, minuman ini mudah ditemukan di Indonesia!

Teh hijau

teh hijau minuman penurun kolesterol
Teh hijau mengandung catechin dan antioksidan yang menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol jahat dan secara keseluruhan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, pemberian antioksidan selama 56 hari terbukti menurunkan kadar kolesterol hingga 30 persen. Selain teh hijau, teh hitam juga memiliki manfaat yang serupa.

Susu kedelai

susu kedelai minuman penurun kolesterol
Lemak tidak jenuh yang terkandung pada susu kedelai dilaim lebih sehat daripada krim atau susu sapi. Karenanya, tidak heran jika susu kedelain disebut sebagai minuman penurun kolesterol. FDA merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai sehari sebagai diet rendah kolesterol dan untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Susu oat

oat milk minuman penurun kolesterol
Oat mengandung beta glucan yang menciptakan lapisan di sistem pencernaan sehingga mengurangi penyerapan kolesterol. Susu ouat juga menjadi minuman penurun kolesterol yang lebih paten jika dibandingkan dengan olahan oat lainnya. Untuk manfaat terbaik, konsumsi tiga gram beta glucan per hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 7 persen.

Jus tomat

jus tomat minuman penurun kolesterol
Tomat kaya akan lycopene. Mengonsumsi tomat merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Selain lycopene, tomat juga mengandung serat dan niacin yang juga dapat menekan kadar kolesterol. Konsumsi jus tomat secara rutin terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Smoothies buah beri

smoothies minuman penurun kolesterol
Aneka buah beri kaya akan serat dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, buah beri juga mengandung anthocyanin yang mampu memperbaiki kadar kolesterol. Buah beri juga rendah kalori dan lemak. Cukup campurkan aneka buah beri dan buat menjadi smoothies untuk menciptakan minuman penurun kolesterol yang nikmat.

Cokelat

minuman penurun kolesterol
Cokelat mengandung antioksinan flavanol yang membantu memperbaiki kadar kolesterol. Selain itu, kakao juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minuman cokelat yang mengandung flavanol dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Namun ingat, minuman cokelat yang baik adalah cokelat murni, bukan olahan yang mengandung lemak jenuh tinggi.