icon
icon
article hero

5 Resep Tempe Ala Barat, Alternatif Selain Mendoan atau Orek

AvatarName

Tiara  •  Jul 21, 2021

icon

Resep tempe apa saja ya yang enak?

Resep olahan tempe yang biasa kita nikmati di rumah biasanya tempe goreng, mendoan, orek tempe, atau tempe bacem. Namun tahukah kamu, masih banyak cara kreatif untuk mengolah tempe menjadi makanan lezat. Tidak hanya di Indonesia atau Asia, resep olahan tempe juga populer di belahan bumi barat. Beda wilayah, berbeda pula bahan-bahan yang digunakan. Lima resep di bawah ini bisa jadi alternatif untuk masak di rumah jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda!

Tempe bolognese

Kredit: n.a.n.d.i.n.i.ravichandran Resep olahan tempe satu ini tidak kalah nikmat dengan spageti bolognese dengan daging. Cukup suapkan tempe, tomat kalengan, bawang putih, bawang bombay, dan bumbu-bumbu aromatik seperti oregano. Cara membuatnya pun persis sama seperti bolognese biasa, hanya saja daging cincangnya diganti dengan tempe yang telah dihaluskan. Ini resep tempe bolognese yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Taco tempe

Kredit: @sublimetacos Ternyata daging pada taco bisa juga diganti dengan tempe. Supaya teksturnya mirip daging cincang, kamu bisa menghancurkan tempe dengan diblender atau diparut. Tumis tempe bersama bumbu-bumbu taco seperti jintan, garam, bubuk paprika, bubuk cabai, bawang putih concang, dan sedikit pasta tomat. Jangan lupa salsanya supaya resep taco tempe ini semakin lezat!

Burger tempe

Kredit: @goodcooknl Resep olahan tempe yang satu ini sudah cukup populer. Bahkan, beberapa restoran vegetarian di Jakarta pun menyajikan menu serupa. Faktanya, resep burger tempe ini sangat mudah dibuat. Haluskan tempe dan campur dengan telur, keju, daun bawang, dan bumbu-bumbu yang kamu suka. Sebelum dipanggang, kamu bisa menaburkannya dengan garam laut atau bumbu daging panggang supaya kebih enak.

Bakso Tempe

Kredit: @annelinawaller Alternatif resep olahan tempe lain yang mudah dan bisa kamu stok adalah bakso tempr. Seperti bakso pada umumnya, bakso tempe juga bisa kamu olah menjadi berbagai masakan. Bahan-bahannya pun cukup mudah, yakni tempe, tepung roti, telur, beberapa siung bawang putih, dan bawang bombay. Untuk bumbunya, siapkan keju parut, parsley, garam, lada, dan bumbu lain sesuai selera. Tumis bawang-bawangan, lalu campur ke dalam food processor bersama tempe dan bumbu lainnya. Setelah tercampur, bentuk menjadi bulat-bulat. Jika kamu ingin menyimpannya, kukus hingga matang lalu dinginkan sebelum masuk ke freezer. Bakso tempe ini bisa digoreng tepung, dipanggang, atau bahkan disate!

Tempe barbecue

Kredit: @riddethepiggy Tempe panggang juga tidak kalah nikmat. Tempe sendiri punya rasa yang cukup tawar, jadi kamu bisa memberi bumbu marinasi barbecue supaya lebih enak. Kamu bebas menggunakan bumbu barbecue siap pakai ataupun membuat marinasi sendiri. Kamu pun bisa menambahkan sedikit liquid smoke  supaya ada sensasi aroma asap yang sedap. Simak juga resep mudah dan nikmat lainnya dalam artikel berikut ini: