icon
icon
article hero

6 Resep Olahan Daging Kambing Sederhana Tanpa Santan untuk Meramaikan Idul Adha Nanti

AvatarName

Tiara  •  Jul 27, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Usai berkurban, biasanya timbul satu pertanyaan: Mau diapakan daging kambing ini? Bagi sebagian orang, olahan daging kambing identik dengan santan dan rempah untuk menutupi aroma 'prengus' yang kadang timbul. Namun ternyata, tidak semua olahan daging kambing seperti itu. Ada juga beberapa resep olah daging kambing dengan bumbu-bumbu sederhana, namun tidak kalah lezat. Untuk kamu yang ingin makan olahan daging kambing dengan cita rasa lebih clean dan rendah kolesterol, beberapa resep favorit tim HHWT ini bisa kamu coba! #HHWT Tip: Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Salah satu yang paling mudah adalah menggunakan perasan air jeruk nipis. Selain itu, kamu pun bisa membungkusnya dengan daun pepaya sebelum diolah agar daging menjadi lebih empuk. Pilih saja metode yang paling mudah untuk kamu.
1. Kambing Goreng
Makanan apapun enak digoreng, tidak terkecuali daging kambing. Bumbunya tidak terlalu banyak, proses memasaknya sederhana, dan yang paling penting, awet disimpan. Olahan daging kambing yang satu ini cocok dimakan dengan nasi panas! Bahan: 600 gram daging kambing, iris agak tebal 4 siung bawang putih 2 cm jahe 1 sdt merica bubuk 3/4 sdt garam 300 ml air panas minyak secukupnya untuk menggoreng Bahan sambal kecap (campur dan aduk rata):8 sdm kecapmanis 6 siung bawang merah, iris kasar 1 buah tomat ukuran besar, potong dadu 5 buah cabai rawit, iris 2 sdt air jeruk limau 1/2 sdt merica bubukCara membuat: Haluskan bawang putih, jahe, lada, dan gara, lalu campur dengan irisan daging kambing. Ungkep daging hingga air mengering, angkat. Panaskan minyak di atas wajan, goreng daging hingga mengering. Angkat dan sajikan bersama sambal kecap.
2. Sate Kambing
Olahan daging kambing ini adalah cara paling menyenangkan untuk memasak daging kambing. Selain karena rasanya lezat, proses memasaknya pun jadi kegiatan yang menyenangkan saat hari Idul Adha. Bahan: 500 gram daging kambing, potong dadu dengan ukuran seragam agar matang bersamaan, lalu susun 5 potong dalam setiap tusuk sate Bumbu olesan: 6 siung bawang merah 6 siung bawang putih 2 butir kemiri 1 sendok teh ketumbar 1 ruas jahe Kecap manis secukupnya Cara membuat: Haluskan semua bumbu, lalu marinasi sate selama 10 menit. Bakar sate di atas panggangan sambil sesekali dioles dengan bumbu halus hingga matang. #HHWT Tip: Rendam tusuk sate di air sebelum digunakan agar tidak gosong saat sate dibakar.
3. Krengsengan Kambing
Olahan daging kambing ini bercita rasa kuliner khas Jawa Timur karena  menggunakan petis udang. Jika biasanya kamu menemukan krengsengan dibuat dengan daging atau iga sapi, ternyata olahan daging kambing ini pun tidak kalah sedap. Bahan: 650gram daging dan iga kambing, potong-potong sesuai selera 2 buah tomat, iris memanjang 3 sdm kecap manis 2 sdm petis udang 300 ml air Minyak secukupnya untuk menumisBumbu halus: 6 siung bawang merah 4 siung bawang putih 4 buah cabai keriting 3 cm jahe 1 sdm merica butir 1 sdt garam Cara membuat: Haluskan semua bumbu dengan blender, lalu campur dan remas-remas daging serta iga dengan bumbu halus, diamkan 15 menit hingga meresap. Panaskan minyak, tumis daging beserta bumbu hingga daging berubah warna. Masukkan tomat dan air, didihkan sambil diaduk rata. Kecilkan api, tutup wajan, dan masak hingga daging empuk. Setelah empuk, masukkan kecap manis dan petis udang, aduk dan masak sebentar, lalu angkat dan sajikan.
4. Sop Kambing
Untuk kamu yang ingin makan olahan daging kambing berkuah namun tidak ingin santan, sop kambing adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Rahasia sop kambing bening enak adalah menggunakan daging kambing muda di bawah 5 bulan.  Bahan: 500 gram daging kambing, potong-potong 1,5 liter air 3 buah wortel, potong-potong 2 buah tomat, potong-potong 2 batang daun bawang, iris kasar 1 batang seledri, iris kasar Bumbu: 5 siung bawang merah, cincang halus 3 siung bawang putih, memarkan 1/2 butir pala 1/2 sdt merica butir 2 butir cengkeh 3 cm kayu manis 2 sdt garam1/2 sdt merica bubuk 2 sdm minyak untuk menumis Cara membuat: Didihkan air, lalu masukkan potongan daging, pala, merica, cengkeh, dan kayu manis. Di wajan lain, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci rebusan, dan masak hingga daging empuk. Setelah empuk, masukkan wortel, daun bawang, dan tomat, didihkan hingga layu. Koreksi rasa dengan garam dan merica, taburkan seledri di atasnya sebelum disajikan. #HHWT Tip: Buang buih yang mengambang saat daging direbus. Kamu bisa menambah jumlah rempah yang digunakan jika daging kambing agak tua.
5. Rica Kambing
Rasa gurih dan pedas dari bumbu dan potongan cabai pada olahan daging kambing yang satu ini memang sulit ditolak. Rica kambing yang biasanya ditemukan di warung sate Solo ini pun bisa kamu buat sendiri di rumah! Bahan: 500 gram daging (lebih enak bagian paha), potong potong 2 liter air 3 cm jahe memarkan 3 lembar daun salam5 lembar daun jeruk 2 sdm kecap manis 1 sdm air asam Jawa 1 batang serai, memarkan 1 sdt gula pasir 5 sdm minyak untuk menumis Bumbu halus: 20 buah cabe merah keriting 8 siung bawang merah 5 siung bawang putih 2 cm jahe 2 cm kunyit 2 sdt garam 1/2 sdtterasi Cara membuat: Didihkan air lalu rebus daging bersama jahe dan daun salam hingga lunak. Angkat daging dan potong atau iris sesuai selera, sisihkan airnya. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan air asam Jawa, gula, kecap manis, dan daging kambing, masak hingga bumbu meresap. Masukkan air rebusan daging, lanjutkan memasak hingga kuah susut dan mengental serta daging menjadi lembut. Angkat dan sajikan hangat.
6. Nasi Goreng Kambing
Kamu pun tidak perlu jauh-jauh ke Kebon Sirih untuk menikmati sepiring nasi goreng kambing yang nikmat, cukup dengan membuatnya di rumah dengan resep ini! Bahan: 300 gram daging kambing, iris tipis atau potong dadu 450 gram nasi matang (lebih enak nasi dari hari sebelumnya) 100 gram minyak samin 100 ml kaldu kambing atau air matang 2 cm kayu manis 1 lembar daun salam Bumbu halus: 7 siung bawang merah 4 siung bawang putih 4 buah cabai merah 2 buah cabai rawit merah 1/4 sdt kunyit bubuk 1/4 sdt jintan bubuk 2 buah cengkeh 2 buah kapulaga Kecap manis secukupnya Garam secukupnya Cara membuat: Panaskan minyak samin di wajan, masukkan bumbu halus, daun salam, dan kayu manis. Tumis bumbu hingga harus lalu masukkan daging kambing dan aduk rata. Masukkan kaldu kambing atau air matang, aduk-aduk, lalu biarkan hingga daging matang dan kaldu mengental. Masukkan nasi, kecap, dan garam, lalu aduk hingga rata dan nasi agak mengering. Angkat dan sajikan hangat! Simak juga resep masakan dan rekomendasi kuliner lainnya dalam artikel berikut ini: