icon
icon
article hero

Ini 6 Lokasi di Dunia yang Mengabadikan Nama Pahlawan Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Aug 02, 2021

icon

Apa arti pahlawan negara Indonesia?

Mereka yang berjuang dan berkorban demi kemerdekaan Indonesia pantas disebut pahlawan. Meski tak semua dikenal namanya, para pejuan kemerdekaan ini adalah pahlawan yang membuka jalan untuk kedaulatan Indonesia. Nama pahlawan Indonesia bukan hanya harum di tanah air, namun juga di negara lain. Berkat kecakapan dan jasanya, sejumlah pahlawan Indonesia bahkan diabadikan sebagai monumen atau fasilitas masyarakat di sejumlah negara. Lihat juga fakta menarik seputar kemerdekaan Indonesia dalam artikel berikut ini:

Masjid Biru Soekarno, Rusia

Masjid berwarna biru ini berada di kota St Petersburg dan dibangun pada 1910. Pada thaun 1956, Presiden Soekarno mengunjungi Masjid Biru yang kala itu digunakan sebagai gudang medis. Usah berkunjung, beliau meminta izin kepada pimpinan Uni Soviet untuk mengembalikan fungsinya sebagai rumah ibadah umat Islam, yang akhirnya disetujui.

Monumen Soekarno, Aljazair

Kredit: KBBI Alger Nama pahlawan Indonesia Ir. Soekarno juga harum di Aljazair. Bahkan, di Aljir ada sebuah taman kecil dengan patung Ir. Soekarno di tengahnya. Monumen ini berdiri sebagai bentuk rasa hotmat Aljazair terhadap jasa Ir. Soekarno untuk negaranya. Patung ini pun merupakan rancangan arsitek Ridwan Kamil dan dieksekusi oleh seniman patung Indonesia Dolorosa Sinaga. 

Jalan Soekarno, Maroko

Maroko pun turut mengabadikan nama sang proklamator di Rabat, ibukotanya. Jalan Soekarno di Rabat adalah salah satu dari tiga jalan Soekarno yang ada di dunia. Dua sisanya berada di MEsir dan Pakistan. Nama ini merupakan penghormatan terhadap Ir. Soekarno atas jasanya mengumpulkann kekuatan negara dunia ketiga dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Soekarno Parque, Meksiko

Kredit: Kemlu RI Sebuah taman dan patung Ir. Soekarno berdiri di pusat kota Meksiko City, Meksiko. Monumen ini merupakan apresiasi Meksiko terhadap Sang Proklamator atas jasanya di bidang perdamaian dunia. Patung ini diresmikan pada 26 September 2019 lalu dan menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dengan Meksiko.

Jalan RA Kartini, Belanda

Ada empat jalan di Belanda yang menggunakan nama pahlawan Indonesia RA Kartini. Lokasinya masing-masing berada di Utrecht, Haarlem, Venlo, dan Amsterdam. RA Kartini sendiri memang sering mengirimkan surat dan tulisannya ke koran di Belanda. Bahkan, kumpulan surat RA Kartini pun pertama kali terbit dalam bahasa Belanda pada tahun 1911.

Patung Soedirman, Jepang

Kredit: GNFI Patung Jenderal Sudirman telah berdiri di halaman Kentor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo sejak 14 Januari 2011. Monumen ini menjadi penghormatan Jepang terhadap keberanian Sang Jenderal mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, komunitas pecinta Indonesia di Jepang pun kerap melakukan peletakan bunga di monumen tersebut setiap tanggal 17 Agustus.