icon
icon
article hero

Coba Buat di Rumah: Resep Pecel Blitar Kesukaan Bung Karno

AvatarName

Tiara  •  Aug 12, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bicara tentang hari kemerdekaan, tentu erat kaitannya dengan Ir. Soekarno. Proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia ini memang menjadi sosok panutan dalam perjalanan memperjuangkan kemerdekaan tanah air. Namun di balik pemikiran dan kharismanya, ternyata Bung Karno adalah pribadi yang sederhana ketika bicara soal makanan. Berdasarkan informasi dari mantan pelayan pribadi keluarga Bung Karno, ada satu makanan yang selalu ada di meja makan keluarga. Bukan makanan unik apalagi mewah, ternyata Bung Karno sangat suka makan pecel Blitar. Lantas, apa bedanya pecel Blitar dengan pecel bumbu kacang lain seperti pecel Madiun yang bisa kita temui? Secara umum, memang keduanya tampak sama. Hanya saja, bumbu pada pecel Madiun lebih kasar dan bercita rasa manis. Sementara itu, bumbu pecel Blitar digiling halus dan memiliki rasa yang lebih pedas. Bagaimanapun, kesederhanaan rasa pecel Blitar ini nyatanya mampu memikat lidah orang nomor satu di Indonesia. Untuk memperingati hari kemerdekaan, bagaimana kalau mencoba makanan kesukaan Bung Karno ini dengan membuatnya sendiri di rumah? Keunggulan lain dari resep bumbu pecel Blitar adalah bisa kamu buat terlebih dahulu dalam jumlah besar dan tinggal dicairkan dengan diaduk bersama air matang. Resep bumbu pecel Blitar:  200 gram kacang tanah kupas 5 buah cabai keriting 4 buah cabai rawit (jumlah sesuai selera) 5 siung bawang putih 100 gram gula merah, sisir 7 lembar daun jeruk 1 cm kencur 1 sdt air asam jawa Garam secukupnya Sayuran untuk pecel: 1 ikat bayam, siangi dan cuci bersih 150 gram tauge 250 gram kacang panjang 1 ikat daun kemangi 1 buah mentimun, kupas dan potong kotak atau sesuai selera Pelengkap: Rempeyek kacang tanah Serundeng kelapa (opsional) Aneka gorengan seperti tahu, tempe, perkedel, atau bakwan jagung (opsional) Cara membuat:
  • Siapkan sayuran untuk pecel dengan memblansirnya agar tetap segar. Didihkan air, rebus masing-masing sayuran selama 1 menit, lalu angkat dan celupkan di air dingin untuk menghentikan proses memasaknya. Sisihkan sayuran.
  • Resep bumbu pecel Blitar dibuat dengan menyangrai kacang tanah lalu menghaluskannya dengan ditumbuk atau menggunakan blender. Di wadah terpisah, haluskan cabai, bawang putih, daun jeruk, gula merah, asam jawa, garam, dan kencur selama beberapa saat. Setelah itu, campur kacang halus dengan bumbu di dalam wadah dan aduk menggunakan tangan hingga rata. Tekstur bumbu pecel akan kental dan lengket.
  • Untuk penyajiannya, tata sayuran di atas piring dan siram dengan bumbu pecel yang telar dilarutkan dengan air matang. Jangan lupa nikmati dengan peyek kacang tanah yang renyah dan lauk pauk lainnya sesuai selera.
 Kalau belum jelas, kamu bisa melihat video dari Dapur Najah di atas untuk langkah demi langkah pembuatannya. Untuk penyimpanannya, bumbu pecel sebaiknya disimpan di dalam kulkas dengan wadah kedap udara yang tertutup rapat. Ada beberapa tips untuk menyimpan bumbu pecel agar tidak mudah tengik. Pertama adalah pastikan menggunakan minyak baru jika menggoreng kacang untuk bumbu pecel. Pastikan juga semua bumbu ini sudah disangrai atau digoreng hingga matang. Terakhir, tunggu bumbu pecel hingga benar-benar dingin sebelum disimpan di dalam wadah. Simak resep dan rekomendasi kuliner di Indonesia lainnya dalam artikel berikut ini: