icon
icon
article hero

5 Daerah di Indonesia yang Berperan Penting pada Masa Awal Kemerdekaan

AvatarName

Tiara  •  Aug 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selamat memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75! Perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan sudah sepatutnya kita lanjutkan dengan terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah jalan mulus. Pada masa awal kemerdekaan, sejumlah peristiwa penting terjadi demi melancarkan proklamasi. Kali ini, tim HHWT akan mengajak kamu mengunjungi beberapa lokasi di tanah air yang berperan penting dalam melancarkan dan mempertahankan kedaulatan negara pada masa awal kemerdekaan.
Rengasdengklok
Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada masa awal kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 3.00 dini hari. Saat ini, sejumlah pemuda dari perkumpulan Menteng 31 menculik Soekarno dan Muhammad Hatta dan membawanya ke rumah miliki Djiauw Kie Siong. Di sana, para pemuda ini mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia setelah Jepang kalah dalam Perang Pasifik. Meski diawali dengan perundingan yang alot, akhirnya golongan tua dan muda tersebut sepakat untuk membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020. Di rumah inilah teks proklamasi disusun dan bendera merah putih dikibarkan untuk pertama kalinya sebagai persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kini, kamu pun masih bisa mengunjungi rumah bersejarah tersebut yang masih berada dalam kondisi aslinya.
Yogyakarta
 Pada masa awal kemerdekaan, Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada 29 September 1945 ketika tentara Belanda kembali memasuki Jakarta, sementara masih ada sisa-sisa tentara Jepang di sana. Kondisi para proklamator dan jajaran pemerintahannya pun semakin terdesak. Namun, tanggal 2 Januari 1946, Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Sultan Hamengkubuwana IX mengirimkan kurir ke Presiden Soekarno. Sang kurir membawa pesan bahwa para pemimpin kerajaan menawarkan Yogyakarta sebagai ibu kota sementara. Singkat cerita, rombongan Bung Karno diam-diam naik kereta ke Yogyakarta, dan berdiam di ibu kota sementara tersebut hingga 19 Desember 1948. 
Ende
 Jauh sebelum masa awal kemerdekaan Indonesia, Bung Karno telah diasingkan oleh penjajah ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satu tempat pengasingannya adalah di Desa Ende, Nusa Tenggara Timur. Bung Karno dan keluarganya harus menempuh 8 hari perjalanan laut dan tiba di Ende pada 14 Januari 1938. Beliau menghabiskan 4 tahun 9 bulan di sana. Pengasingan itu pun tidak sia-sia, di rumah milik Abdullah Ambuwaru inilah Bung Karno merenungkan Pancasila yang kini menjadi dasar negara Indonesia. Kamu pun masih bisa mengunjungi rumah yang berada di Kampung Ambugaga ini. Ketika tiba di sana, kamu akan melihat patung Bung Karno di halamannya. Sementara di dalam rumahnya terdapat berbagai benda peninggalan Bung Karno, seperti lukisan dinding, tongkat yang biasa ia gunakan, hingga akta nikah dengan Inggit Souekarno. 
Surabaya
Pertempuran Surabaya adalah pertempuran pertama yang terjadi pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Peristiwa heroik ini dipimpin oleh Bung Tomo yang memberikan semangat kepada rakyat Indonesia untuk terus mempertahankan kemerdekaan. Puncak pertempuran pun terjadi pada 10 November 1945 dimana pejuang Indonesia habis-habisan melawan tentara sekutu dengan senjata api maupun bambu runcing. Tak kutang dari 20.000 orang Indonesia menjadi korban dalam pertempuran ini. Semangat para pejuang ini pun diabadikan sebagai Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Tak hanya itu, peristiwa ini pun diabadikan dengan didirikannya monumen Tugu Pahlawan di Surabaya dengan museum yang berada di bawah tanah.
Jakarta
Selain sebagai ibu kota negara. Jakarta adalah lokasi dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pembacaan proklamasi dilakukan di kediaman Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Menteng, Jakarta Pusat yang kini telah menjadi Taman Proklamasi. Kamu pun bisa mengunjungi sejumlah monumen dan museum di Jakarta untuk memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia. Misalnya Monumen Nasional, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan Taman Proklamasi. Simak juga informasi seputar hari kemerdekaan Indonesia dalam artikel berikut ini: