icon
icon
article hero

9 Lokasi Romantis di Indonesia Yang Cocok Untuk Bulan Madu Istimewa

AvatarName

Tiara  •  Mar 12, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Memilih lokasi berbulan madu bisa menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, kita punya begitu banyak pilihan destinasi yang cantik di sepanjang pesisir. Jika kamu mencari destinasi yang relatif dekat, harganya terjangkau, dan tak kalah cantik, Indonesia adalah pilihan yang tepat. Negara kepulauan ini menyimpan begitu banyak lokasi yang indah. Entah itu bulan madu dengan suasana pantai ataupun tempat terpencil yang jarang dikunjungi wisatawan, baca sampai habis untuk mengetahui lokasi bulan madu terbaik di Indonesia! Kredit: Giphy
1.Pulau Belitung
Pulau Belitung merupakan bagian dari provinsi Bangka Belitung yang terletak di dekat Sumatera Selatan. Namanya mulai melejit ketika dijadikan lokasi syuting film adaptasi novel Indonesia dengan judul yang sama, yaitu Laskar Pelangi. Kamu tidak perlu jadi fans berat film ini untuk menikmati keindahan Belitung. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai dan snorkeling di perairan Belitung dan sekitarnya, misalnya di Pulau Lengkuas. Menuju ke Belitung pun tidak sulit sekarang karena ada penerbangan langsung dari Jakarta. Penerbangannya singkat, hanya 2 jam untuk meninggalkan penatnya keramaian ibukota. Biasanya, wisatawan yang berkunjung memanfaatkan waktu dengan island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya. Tak hanya itu, kamu pun bisaberkunjung ke Danau Kaolin untuk melihat bekas area tambang yang kini telah menjadi lokasi wisata. Tambang tersebut telah menjadi danau berwarna biru cerah yang kontras dengan pasir putih di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang memanjakan mata! Kamu juga bisa pergiday trip ke Pulau Lengkuas untuk bermain di pantainya aau mengunjungi benteng Belanda dan berfoto di mercusuarnya! Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang pesona Belitung! #HHWT Tip: Waktu terbaik untuk mengunjungi Belitung adalah bulan April hingga September saat musim kemarau. Akhir pekan biasanya ramai oleh wisatawan lokal asal Jakarta. Karenanya, lebih baik rencanakan liburanmu saat hari kerja agar terhindar dari keramaian.
2. Bali
Bicara tentang bulan madu di Indonesia, tentu tak lengkap rasanya tanpa menyebut Bali. Pulau Dewata memang menjadi salah satu destinasi paling populer, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak alasan yang membuat Bali menjadi destinasi yang disukai. Selain karena pilihan akomodasinya yang beragam (termasuk villa cantik nan romantis), pemandangan sunset yang indah, wisata budaya, hingga pemandangan alam yang indah! Jangan lupa, Bali juga kaya akan wisata kuliner, tak terkecuali makanan halal dan restoran ramah Muslim yang lezat. Baca juga artikel ini untuk melihat kegiatan yang wajib dicoba selama berada di Bali. Meskipun kamu sudahpernah ke Bali, berbulan madu di sana tetap menjadi pilihan yang tepat. Pulau ini menyediakan berbagai hal yang mungkin belum pernah kamu coba pada kunjungan sebelumnya. Selain area Kuta yang populer, cobalah untuk mengeksplor wilayah Ubud, Nusa Dua, Jimbaran, atau Sanur. Bali juga punya segudang pemandangan indah yang sudah menanti untuk difoto dan diunggah ke Instagram. Coba saja mampir ke lapangan Tegallalang atau Wanagiri untuk berfoto di sana. Masih kurang? Baca juga alasan lain yang membuat Bali menjadi tempat yang sempurna untuk bulan madu di halaman ini!
3. Raja Ampat
Lokasi yang satu ini merupakan tempat yang jarang dikunjungi wisatawan dan kini tengah naik daun, Raja Ampat. Wilayah yang berada di provinsi Papua Barat Ini terdiri atas lebih dari 1.500 pulau kecil dan menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan!  Perjalanan menuju ke Raja Ampat bisa dibilang butuh usaha ekstra. Dari Jakarta, kamu bisa langsung terbang menuju Sorong (sekitar 4 jam penerbangan) lalu naik kapal ferry menuju Waisai (2 jam perjalanan). Alternatif lain, kamu bisa terbang dari Jakarta menuju Makassar, lalu lanjut terbang ke Sorong dan naik ferry ke Waisai. Jangan khawatir, perjalanannya akan terbayar lunas dengan pemandangan yang akan kamu lihat! Raja Ampat juga dikenal sebagai surganya para diver! Jadi, kalau kamudan pasangan suka menyelam atausnorkeling, kamu bisa mengeksplor begitu banyak titik selam yang ada di sini. Selain kehidupan bawah laut yang indah, pemandangan darat Raja Ampat juga tak kalah cantik. Sebuah pemandangan yang belum tentu bisa kamu lihat di Pulau Jawa ataupun Sumatera. Sekarang pun telah tersedia berbagai akomodasi di kepulauan ini (area yang populer sebagai tempat menginap antara lain Waigeo, Kri, Arborek, dan kepulauan Pam), mulai dari penginapan sederhana sampai hotel yang agak mewah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa lebih baik meninggalkan ponsel dan menikmati waktu berdua tanpa gangguan ketika berbulan madu, terlebih di Raja Ampat. #HHWT Tip: Raja Ampat dihuni oleh umat beragama yang beragam, mulai dari Muslim, Kristen, hingga penganut kepercayaan. Secara umum, makanan halal paling mudah ditemukan di area kota Waisai (di Waigeo) dan akan sedikit lebih sulit menemukannya di pulau yang lebih kecil. Kami sarankan agar kamu mengecek terlebih dahulu apakah akomodasi tempatmu menginap menyediakan makanan halal. Tempat lain yang tak kalah menarik dari Raja Ampat dan tengah naik daun saat ini adalah Kepulauan Piaynemo yang dapat dijangkau dalam 2 jam perjalanan dari Waisai. Para wisatawan yang datang ke Piaynemo pasti akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang gugusan pulau danlautan biru yang ada di sini. Perlu alasan lain untuk pergi ke Raja Ampat? Lihat juga halaman ini!
4. Lombok
Selanjutnya adalah Lombok, pulau tetangga Bali yang tak kalah patut untuk dikunjungi! Lombok bisa dibilang merupakan pulau yang lebih murah dan lebih sepi daripada Bali. Jadi, kamu bisa menikmati bulan madu yang tenang dan romantis di sini.
Kredit: Qunci Villa, Lombok di Facebook Soal akomodasi, Lombok memiliki berbagai pilihan villa dengan kolam renang dan resort tepi pantai yang cocok untuk pasangan yang berbulan madu. Di pulau ini juga ada Gunung Rinjani (gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia!). Bukan hanya bisa dinikmati pemandangannya, mendaki Gunung Rinjani pun menjadi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bersama pasangan (butuh waktu sekitar 2-4 hari untuk mencapai puncaknya). Kalau kamu tidak suka naik gunung, kamu bisa pergi island hopping ke pulau-pulau terdekat seperti gugusan Gili untuk menikmati pantai atau menyelam dan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Bertolak belakang dengan Bali, mayoritas penduduk Lombok adalah umat Muslim. Artinya, makanan halal dan fasilitas ramah Muslim lebih mudah ditemukan di sini.
5. Labuan Bajo (Kepulauan Flores)
Selanjutnya adalah Labuan Bajo, pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, alias rumah dari komodo yang bersejarah. Labuan Bajo adalah sebuah kota di pesisir barat Pulau Flores yangterletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Para wisatawan biasanya sengaja datang ke Labuan Bajo untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo (bukan hanya Pulau Komodo, namun juga Pulau Rinca dan Pulau Padar), Kelimutu (sebuah danau yang terbentuk dari kawah gunung berapi), atau mampir untuk melihat kehidupan suku Manggarai yang tinggal di sana. Namun yang pasti, mereka datang ke sini untuk melihat langsung Komodo di Pulau Komodo. #HHWT Tip: Meski sebelumnya pemerintah Indonesia berencana menutup Pulau Komodo untuk umum (hanya Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar masih terbuka bagi wisatawan) pada tahun 2020, keputusan ini sedang ditunda. Saat artikel ini ditulis, belum ada kepastian tentang rencana ini. Meskipun belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut, kemungkinan akan ada pembatasan jumlah pengunjung, area terbuka yang bisa dikunjungi, ataupun kenaikan harga tiket masuk untuk melihat komodo. Jika kamu berencana untuk melihat komodo, jangan lupa untuk memeriksa kembali harga tiketnya dan pastikan kamu memesannya dengan operator wisata terpercaya agar kunjunganmu lebih terjamin. Salah satu pemandangan paling khas yang ada di Labuan Bajo bisa didapatkan dengan mendaki menuju puncak tertinggi Pulau Padar. Wisatawan yang mampir ke Pulau Padar (biasanya sudah termasuk di dalam paket wisata kepulauan Flores) bisa mendaki ke puncak untuk mendapatkan pemandangan tersebut. Jalur pendakiannyalumayan melelahkan (jangan lupa memakai sepatu yang nyaman dan membawa air minum!) tapi pemandangannya benar-benar sebanding! Kontributor kami, Hakim, pergi ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu dan membagikan beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Labuan Bajo lengkap dengan tips berguna supaya perjalananmu lebih menyenangkan! Lihat juga panduan lengkap tentang Pulau Komodo!
6. Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah salah satu dari tiga pulau yang ada di gugus kepulauan Gili (selain Gili Meno dan Gili Air). Gili Trawangan adalah pulau yang paling besar dan menjadi destinasi bulan madu yang populer! Jika biasanya gugus Gili dikunjungi oleh para wisatawan yang sekedar mampir ketika berlibur di Bali dan Lombok, kini semakin banyak yang memilih untuk berlibur di Gili Trawangan itu sendiri. Biasanya, para wisatawan ini terbang ke Lombok, lalu naik taksi ke pelabuhan Bangsal, dan melanjutkan perjalanan menuju Gili Trawangan dengan kapal. Alternatif lain, kamu bisa menyebrang dengan kapal langsung dari Bali (sekitar 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan). Gugusan Gili sebenarnya tidak terlalu luas (Gili Trawangan saja panjangnya hanya 3 kilometer!), jadi jangan harap kamu bisa menemukan area komersial yang besar. Sebaliknya, suasana disini begitu sederhana dan santai. Bisa jadi inilah suasana yang kamu cari saat bulan madu. Isi waktumu dengan mengeksplor GiliTrawangan dari ujung ke ujung dengan naik sepeda, mampir ke Gili sebelah,diving, snorkeling, atau sekedar bermalas-malasan di pantai. Jangan lupa abadikan suasana matahari terbenam di sini, atau berfoto di ayunan pantai yang sering kamu lihat di Instagram. 7. Bintan
Kredit: Banyan Tree Bintan di Facebook Bintan mungkin bukanlah pilihan pertama jika bicara soal destinasi bulan madu. Namun, pulau yang bisa dicapai dengan penerbangan langsung dari Jakarta dan beberapa kota lainnya (Pekanbaru, Matak, Batam, Dabo Singkep, atau Natuna) ini ternyata menyimpan kejutan! Bintan punya banyak resort tepi pantai yang cocok untuk liburan romantis bersama pasangan. Misalnya saja Banyan Tree Bintan, Club Med Bintan, atau Indra Maya Villas yang menyediakan fasilitas mewah yang akan membuatmu betah. Jika kamu mencari akomodasi dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih Cassia Bintan atau Nirwana Resort Hotel. #HHWT Tip: Lihat juga Holiday Villa Pantai Indah untuk alternatif villa dengan kolam renang pribadi di dekat Pantai Lagoi! Kami sempat menginap di sana saat berkunjung ke Bintan dan suka sekali dengan villanya yang luas. Eits, jangan pikir kamu hanya bisa bermalas-malasan di villa selama berbulan madu di Bintan! Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini (kami sudah mencobanyasendiri saat berkunjung ke Bintan beberapa waktu lalu). Kamu bisa bermain di Gurun Pasir Busung, sebuah area bekas tambang pasir yang kini populer sebagai tempat berfoto karena danau biru dan gundukan pasirnya yang membentuk pemandangan unik. Untuk melihat kearifan lokal, mampir saja ke Tanjung Pinang atau Pulau Penyengat. Wilayah ini memiliki keterkaitan sejarah yang kuat dengan kesultanan Malay pada zaman dahulu. Kamu pun bisa mengikuti tur hutan mangrove di sepanjang Sungai Sebung untuk melihat sisi lain pulau ini.
8. Yogyakarta
Tidak semua pengantin baru ingin berbulan madu dengan bersantai di tepi pantai. Untuk kamu yang suka mengeksplor budaya, sejarah, ataupun sisi lain sebuah kota, Yogyakarta adalah destinasi bulan madu yang ideal. Selain karena adanya candi Borobudur dan Prambanan, Yogyakarta juga dikenal sebagai pusat warisan kesenian dan pendidikan (mengingat ada banyak universitas dan pelajar di kota ini). Selain wajib mengunjungi candi bersejarah yang ada di sini, Yogyakarta juga punya pemandangan lain yang tak kalah menarik. Telusuri saja jalanan Malioboro yang ramai dengan berbagai pertokoan dan jajanan kaki lima yang juga populer sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh. Jangan lupa untuk mencoba juga restoran halal populer yang menyajikan kuliner lokal. Kamu pun bisa mencoba serunya tur naik mobil jeep 4WD ke Gunung Merapi(gunung berapi aktif. Kalau kamu suka berfoto, mampir saja ke Taman Nasional Kalibiru (kamu akan dikenakan biaya untuk berfoto di beberapa spot berfoto dengan pemandangan lembah dan danau). Jangan lewatkan juga Pantai Timang yang terkenal dengan gondola/kereta gantung yang bisa kamu naiki untuk menuju sebuah tebing berbatu di seberang. Kalau kamu tidak berani naik gondola, kamu juga bisa menyeberang dengan jembatan yang ada disana sekarang!Lihat juga hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan di Yogyakarta.
9. Sumba
Daftar ini ditutup dengan Pulau Sumba, destinasi wisata yang kini juga menjadi favorit banyak wisatawan. Terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (di dekat Pulau Flores), Sumba menyimpan begitu banyak pantai perawan dengan pemandangan yang menakjubkan. Perlu dicatat ya, bahwa infrastruktur dan fasilitas di Pulau Sumba belum sepenuhnya dikembangkan. Jadi, liburan di sini mungkin tidak semudah dan sesantai di pulau lainnya. Namun untuk pasangan yang berjiwa petualang, Sumba menyimpan begitu banyak keindahan tersembunyi yang siap untuk kamu jelajahi. Untuk menuju Sumba, kamu bisa lewat jalur udara menuju bandara Waingapu dengan transit terlebih dahulu di Bali atau Kupang.  #HHWT Tip: Mengingat lokasi Pulau Sumba cukup terpencil, ada baiknya jika kamu merencanakan bulan madu di wilayah ini menggunakan jasa agen perjalanan yang terpercaya atau yang mengertibetul daerah ini. Wisatawan yang datang ke sini akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang bukan main indahnya, seperti di pantai Mandorak. Meski belum begitu populer di kalangan wisatawan pada umumnya, sumba bukanlah hal baru bagi para peselancar alias surfer! Para surfer sudah bertahun-tahun mengendarai ombak perairan Sumba. Karenanya, tak heran jika di sini pun terdapat beberapa resort yang cukup mewah, misalnya Nihi Sumba. Sisi lain yang tak kalah menarik adalah desa adat Sumba yang berada di perbukitannya. Di sana, kamu akan menemukan rumah adat beratap rumbia yang menjadi tempat masyarakat adat tinggal dan membuat kerajinan. Suku Sumba adalah masyarakat adat lokal yang telah ada di pulau ini sejak dulu. Mereka hidup di padang savanah dan memiliki sejarah sebagai prajurit berkuda yang gagah. Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan alam yang belum terungkap. Negara ini juga menjadi pilihan yang tepat sebagai destinasi bulan madu. Kamu bisa berlibur dengan suasana pantai, mengeksplorasi sisi lain kotanya, atau mengunjungi tempat yang belum kamu kenal sebelumnya. Tunggu apa lagi? Segera pesan 2 tiket dan mulailah perjalanan yang tak terlupakan bersama pasangan!