icon
article-hero

5 Resep Kue yang Bisa Dibuat Hanya dengan Teflon

avatar-name

Tiara •  Sep 15, 2020


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Sudah seminggu sejak diterapkan kembalinya PSBB ketat di Jakarta. Sebagian besar dari kita pun kini kembali beraktivitas dari rumah. Untuk mengisi akhir pekan, memasak adalah ide yang menyenangkan. Saatnya mencoba membuat berbagai resep kue dan cemilan untuk bersantai di rumah. Tanpa oven dan mixer, resep di bawah ini bisa kamu buat hanya dengan menggunakan teflon!

Martabak manis

Bahan 1:

225 gram tepung terigu protein sedang

20 gram tepung maizena

30 gram gula pasir

250 ml air matang

1 butir telur

3/4 sdt baking powder

Bahan 2:

50 ml air matang

3/4 baking soda

Gula pasir untuk taburan

Topping:

Mentega

Kental manis

Keju, coklat, kacang, wijen (sesuai selera)

Cara membuat:

Campur bahan 1 dengan hingga rata, lalu diamkan adonan minimal 1 jam. Larutkan bahan 2 dan masukkan ke adonan yang telah didiamkan. Panaskan teflon, tuang adonan, ratakan hingga pinggirnya terlapis adonan, masak hingga muncul gelembung di permukaannya. Taburkan gula pasir di atas permukaan adonan, masak hingga permukaannya tidak lengket lagi. Angkat, langsung olesi dengan mentega dan taburkan topping sesuai selera.

Mille crepe

Bahan crepe:

50 gram tepung terigu

1 butir telur

150 ml susu cair

1 sdm mentega cair

Bahan krim:

100 ml whipped cream cair dingin

15 gram gula halus

1 sdm air lemon

Cara membuat:

Campurkan telur, mentega cair, dan susu, lalu aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk rata, lalu saring agar hasil crepenya mulus. Panaskan teflon, tuang adonan secukupnya, putar teflon hingga donan menutupi seluruh permukaan, masak hingga matang kedua sisinya. Ulang hingga adonan habis dan diamkan hingga dingin. Buat whipped cream dengan mengocok semua bahan hingga kaku. Susun crepe dan whipped cream selapis demi selapis hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Beri topping sesuai selera.

Brownies

Bahan-bahan:

3 sdm tepung terigu

3 sdm bubuk coklat

3 sdm gula pasir

3 sdm susu cair

3 sdm minyak sayur

2 sdm kental manis

1 butir telur

1/2 sdt baking powder

Oreo, keju parut, atau meses coklat untuk topping (opsional)

Cara membuat:

Kocok telur dan gula hingga larut, lalu masukkan semua bahan kering dan aduk hingga rata. Masukkan semua bahan basah, aduk rata. Panaskan teflon di atas kompor, tuang adonan dan masak dengan api kecil selama sekitar 30 menit hingga matang.

Pizza

Bahan adonan:

250 gram tepung terigu protein tinggi

30 gram gula

5 gram ragi instan

1 butir telur

90 ml air dingin

50 gram mentega

Saus:

3 sdm saus bolognese siap pakai

1 sdm saus tomat

1 sdt gula pasir

Topping:

Irisan sosis atau smoked beef

Mentega secukupnya untuk menumis

Keju mozzarella atau keju cheddar lembut

Cara membuat:

Siapkan topping terlebih dahulu dengan menumis irisan sosis atau smoked beef dengan mentega. Buat saus pizza dengan mencampurkan semua bahan saus, lalu sisihkan.

Campurkan tepung terigu, gula, dan ragi, lalu aduk rata. Masukkan telur dan air dingin, aduk sebentar hingga tercampur, lalu uleni dengan tangan hinnga adonan tidak lengket. Masukkan mentega dan sejumput garam, lanjut uleni adonan hingga kalis. Dalam keadaaan dingin, oles permukaan teflon dengan mentega, pipihkan adonan hingga menutupi permukaan teflon, lalu tusuk-tusuk dengan garpu. Beri saus, topping dan keju mozzarella di atasnya, panggang dengan api kecil dalam keadaan tertutup selama sekitar 8-10 menit hingga matang.

Pie Susu

Bahan kulit:

10 sdm tepung terigu

5 sdm mentega

1 butir kuning telur

Bahan vla:

2 butir kuning telur

10 sdm air

14 sdm kental manis

2 sdm  tepung maizena

1/2 sdt garam

Cara membuat:

Campur semua bahan kulit, lalu uleni hingga kalis. Pipihkan di atas teflon hingga ketebalannya rata, tusuk-tusuk dengan garpu. Campur semua bahan vla hingga rata, lalu saring agar halus. Panggang kulit pie selama 3 menit dengan api kecil, lalu tuang vla ke atas kulit. Tutup dan masak dengan api kecil selama sekitar 45 menit atau hingga kulit matang dan vla mengeras.

Mudah bukan untuk membuatnya? Jadikan waktu di rumah kali ini lebih bermanfaat dengan mencoba resep mudah ini!