icon
icon
article hero

6 Ide Long Weekend Keluarga Seru Tanpa Harus Jauh dari Rumah

AvatarName

Tiara  •  Oct 29, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Long weekend belum selesai! Masih ada sisa beberapa hari untuk memanfaatkan waktu libur ini bersama keluarga. hanya karena kamu tidak kemana-mana, bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang bersama keluarga. Ada beberapa ide long weekend yang bisa kamu lakukan
Museum hopping
Meski long weekend ini masih berada di dalam fase PSBB transisi, beberapa museum di ibukota sudah kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Bukan sekedar mampir, jadikan museum hopping ini semakin seru dengan naik kendaraan umum. Misalnya, kamu bisa membawa keluarga jalan-jalan ke Museum Sejarah Jakarta, Museum Gajah, dan Monumen Nasional hanya dengan naik Koridor 1 Trans Jakarta. Selain mengunjungi museum, kamu pun bisa sekaligus menikmati suasana jalanan Jakarta yang sedikit lebih lengang.
Berkebun
Berapa banyak koleksi janda bolong, kaktus koboi, atau monstera kamu di rumah? Selagi di rumah, saatnya berburu tanaman dan merapikan hutan mini kamu. Ajak si kecil untuk berkotor-kotoran dengan mengaduk media tanam atau repotting. Selain memperkenalkannya dengan alam, kegiatan ini juga bisa menjadi momen bonding yang semakin membuatmu lengket dengannya.
Photoshoot keluarga
Selagi seluruh anggota keluarga berada di rumah, saatnya memperbarui foto keluarga! Tidak harus pergi ke studio foto atau menyewa jasa profesional, kamu pun bisa melakukannya sendiri.  Video di atas bisa menjadi panduan kamu untuk mempersiapkan sesi foto keluarga sendiri di rumah pada long weekend ini. Selain lebih murah, kamu pun bebas berekspresi karena melakukannya di rumah sendiri.
Piknik di rumah
Jadikan long weekend ini berbeda dengan berpiknik! Dengan persiapan yang tepat, piknik di rumah pun tidak kalah seru dengan piknik di taman rekreasi.
Pertama, siapkan makanannya. Seperti piknik pada umumnya, makanan yang dipilih haruslah yang praktis, ringan, dan mudah dikonsumsi. Supaya makin terasa piknik, siapkan juga alas piknik dan masukkan makanan ke dalam keranjang. Kamu pun bisa menyiapkan beberapa tenda untuk 'menginap' di tempat piknik atau menghabiskan malam di ruang terbuka. Atau, kamu juga bisa piknik kilat di taman terbuka di Jakarta!
Staycation dekat rumah
Inti dari long weekend adalah bersantai sejenak. Kalau kamu tidak ingin repot memasak atau bersih-bersih, bawa saja keluarga untuk 'kabur' sejenak dengan staycation. Lagi-lagi, staycation tidak perlu jauh dan yang penting adalah perubahan suasana. Ada banyak pilihan hotel staycation untuk keluarga di Jakarta yang masih bisa kamu pesan untuk liburan dadakan long weekend ini.
Walking tour
Kamu pun bisa jadi turis di kota sendiri pada long weekend ini dengan walking tour . Ada banyak rute berjalan kaki yang menarik yang bisa kamu eksplor di sekitar Jakarta. Selain murah dan mudah dilakukan, walking tour juga bisa jadi kesempatan untuk berolahraga bersama keluarga. Sebagai permulaan, kamu bisa mencontek rute walking tour Jakarta favorit HHWT dan memodifikasinya sesuai keinginan. Ada banyak cara untuk menghabiskan long weekend, entah itu di rumah saja ataupun pergi keluar. Apapun yang kamu pilih, pastikan kamu bisa menjalaninya dengan senang hati dan selalu utamakan kesehatan ya. Simak juga ide long weekend lainnya dalam artikel berikut ini: