icon
icon
article hero

5 Rute Walking Tour atau Sepedaan di Jakarta untuk Mengisi Long Weekend

AvatarName

Tiara  •  Oct 26, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Untuk kamu yang menghabiskan long weekend di Jakarta, walking tour bisa jadi pillihan yang menarik. Selain hemat dan mudah, walking tour di Jakarta akan membawa kamu melihat lebih dekat sisi lain ibukota yang jarang kamu singgahi. Lebih baik lagi, walking tour ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa pemandu. Cukup ajak beberapa teman, siapkan peta dan kamera, maka kamu pun siap menjelajahi Jakarta dengan walking tour atau bersepeda lewat rute ini.
Arsitektur klasik kota tua
Bagi warga Jakarta, walking tour di kawasan Kota Tua memberikan sensasi tersendiri. Bangunan-bangun klasik peninggalan kolonial ini seperti mesin waktu yang membawa kamu ke suasana puluhan tahun lalu. Mulailah dari Museum Fatahillah dengan mengeksplor bagian luar dan dalamnya. Jangan lupa untuk berfoto dengan Meriam Si Jagur yang ikonik. Setelahnya, kamu bisa mampir ke Museum Wayang. Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Jalan Kali Besar Timur atau Barat yang berada di tepi Kali Krukut. Selain melihat Toko Merah, kamu pun bisa singgah ke taman terapung di Kali Krukut yang merupakan atraksi wisata terbaru di kawasan ini.
Miniatur Indonesia
Kalau kamu ingin keliling Indonesia tanpa keluar Jakarta, walking tour di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi pilihan. Ada 32 anjungan berbentuk rumah adat dari masing-masing provinsi di Indonesia yang bisa kamu eksplor. Selain melihat warisan budaya, TMII juga punya beberapa wahana permainan dan museum yang bisa kamu kunjungi. Seharian di TMII cukup mengobati rasa kangen untuk keliling Indonesia. 
Rumah ibadah lintas agama
Ragam rumah ibadah di Jakarta pun bisa kamu eksplor dengan walking tour. Rute ini bisa kamu lakukan di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Mulailah dari Vihara Mahavira Graha di Jalan Lautze, lalu lanjutkan ke GPIB Pniel. Kedua rumah ibadah ini patut kamu kunjungi karena artitekturnya yang unik. Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Gereja Katedral untuk mengagumi kemegahannya. Terakhir, tutup perjalanan kamu dengan rehat di Masjid Istiqlal.
Merapah sejarah kemerdekaan Indonesia
Sejarah proklamasi pun bisa kamu intip di Jakarta dengan walking tour di kawasan Monas. Pertama, tentu dengan mampir ke Monas dan mengeksplor museum bawah tanahnya. Setelah itu, naiklah ke puncak Monas untuk menikmati suasana Jakarta dari ketinggian. Monas sendiri merupakan lambang kebanggaan Indonesia dan merupakan bagian penting dari kemerdekaan Indonesia.
Cafe hopping  Cipete
Pilihan lain untuk walking tour di Jakarta adalah dengan cafe hopping. Salah satu kawasan yang menarik untuk dieksplor adalah Cipete, Jakarta Selatan. Kamu bisa mulai dari sisi barat Jalan Cipete Raya dengan turun di Stasiun MRT Cipete Raya.  Pilihannya beragam! Mau cafe ala Perancis? ada Sophie Authentique. Atau kamu sedang ingin menikmati kopi di taman? Ada Twin House. Atau ingin pesta makan?  Tentu saja restoran Padang Pagi Sore jawabannya. Selain itu, kamu pun bisa menyusuri jalan-jalan kecil di kawasan ini untuk menemukan hidden gems yang jarang diketahui orang. Selalu ada cara untuk jadi turis di kota sendiri. Kamu hanya perlu membuka mata untuk menemukan hal seru di sekitarmu. Simak juga inspirasi seru di sekitar Jakarta lainnya dalam artikel berikut ini: