icon
icon
article hero

Ini Itinerary yang Kamu Butuhkan untuk Road Trip Jawa Tengah Long Weekend Nanti!

AvatarName

Tiara  •  Oct 26, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Long weekend sudah di depan mata! Saatnya mematangkan (atau memulai) rencana road trip keluarga. Salah satu rute road trip Jawa paling populer adalah lewat jalur utara via tol Trans Jawa. Selain jalurnya sudah rapi, rute ini juga melewati beberapa kota yang menarik untuk disinggahi. Untuk meringankan perencanaan kamu, berikut adalah itinerary road trip Jawa Tengah yang bisa kamu contek untuk long weekend ini!
Hari pertama
Cirebon Pemberhentian pertama di itinerary road trip Jawa Tengah kali ini adalah Cirebon. Setelah berkendara sekitar 3 jam dari Jakarta, kamu akan tiba di Kota Udang ini. Kalau kamu tiba di waktu makan siang, langsung saja cari kuliner nasi jamblang khas Cirebon. Selain makan, kamu pun bisa sekalian membeli beberapa oleh-oleh makanan untuk bekal selama perjalanan.
Usai mengisi perut, kamu bisa mengeksplor Cirebon sebentar. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Setelahnya, kamu bisa mampir ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang megah untuk shalat sebelum melanjutkan perjalanan. Tegal Usai singgah di Cirebon, itineray road trip Jawa Tengah ini berlanjut ke timur sejauh 80 kilometer menuju kota Tegal. Sambil keliling kota, kamu bisa jajan tahu pletok khas Tegal dan menikmati sepiring Kupat Glabed yang gurih. Kota Tegal juga menjadi tempat menginap pertama selama road trip Jawa Tengah ini. Jangan khawatir, ada banyak pilihan penginapan di kota ini. Tapi kalau kamu mau sedikit berusaha, kamu bisa menginap di kawasan Pemandian Air Panas Guci. Selain berendam air panas, kamu pun bisa menginap dengan suasana pegunungan yang sejuk dan bermain di kebun stroberi.
Hari kedua
Pekalongan Bertolaklah dari Cirebon (jangan lupa bungkus tahu pletok untuk bekal di perjalanan) menuju Pekalongan. Jaraknya sekitar 80 kilometer dan bisa dijangkau dengan berkendara sekitar 2 jam. Setibanya di Pekalongan, kamu bisa mampir ke Museum Batik. Museum ini memiliki lebih dari 1.000 koleksi batik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Sudah jauh-jauh ke kota batik, itinerary road trip Jawa Tengah ini tentu belum lengkap tanpa belanja. Sesuai nama Kota Batik yang disandangnya, ada begitu banyak sentra batik di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi. Namun, beberapa yang paling populer antara lain adalah International Batik Center (IBC), Pasar Grosir Setono, dan Pasar Banjarsari. Semarang Usai belanja secukupnya, injak gas lagi dan ayo lanjut ke Semarang. Jaraknya lebih jauh, yakni sekitar 100 kilometer. Namun, kamu bisa singgah lebih lama di kota Semarang. Setibanya di Semarang, tentu saja kulineran jadi target utama. Nasi ayam, lumpia, sampai kue chiffon pelangi khas Semarang adalah makanan yang harus kamu coba. Kalau masih ada kesempatan, kamu bisa mengikuti tur malam Gedung Lawang Sewu yang bersejarah. Untungnya,  ada banyak pilihan hotel di Semarang yang bisa kamu pilih. Mulai dari home stay sampai hotel berbintang, tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan selera dan anggaran.
Hari Ketiga
Semarang Semarang punya banyak pillihan untuk mengisi itinerary road trip Jawa Tengah kamu. Namun, Dusun Semilir adalah pilihan yang menarik untuk one stop entertainment bersama keluarga. Didirikan sebagai tempat wisata keluarga, ada banyak kegiatan yang tempat berfoto yang bisa kamu coba. Di ecopark ini, kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk. Salah satu atraksi yang wajib kamu coba adalah seluncuran warna warni yang memacu adrenalin. Kalau kamu lebih suka menghabiskan waktu di tengah kota, kamu bisa mampir ke beberapa spot ikonik di Semarang. Sebut saja Klenteng Sam Poo Kong, Pagoda Avalokitesvara, dan kawasan Kota Lama yang Instagramable! Salatiga Itinerary road trip Jawa Tengah ini berlanjut ke kota Solo via Salatiga. Kalau kamu masih punya waktu dan tenaga, Salatiga juga menarik untuk dieksplor lho.  Di Salatiga, ada Museum Kereta Api Ambarawa. Awalnya, tempat ini adalah stasiun kereta api aktif. Namun karena banyak jalur yang rusak, stasiun ini dialihfungsikan menjadi museum. Cobalah berfoto di aula utama stasiun ini, lumayan mirip kan dengan Peron 9 3/4 Harry Potter? Dari sini, lanjutkan perjalanan kamu ke kota terakhir, yakni kota Yogyakarta. 
Hari keempat
Yogyakarta Selamat datang di Jogja Istimewa! Setelah check in di hotel pilihanmu, saatnya memilih bagaimana kamu akan menghabiskan hari ini. Pilihan pertama, mencoba olahraga ekstrim di Jogja. Atau mungkin mengeksplorasi pantai tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Setelah perjalanan panjang, tidak ada salahnya juga kalau kamu hanya ingin bersantai di hotel. Lebih asyik lagi kalau kamu menginap di hotel yang instagramable!
Hari kelima
Hari terakhir di itinerary road trip Jawa Tengah ini bisa kamu manfaatkan untuk beberapa hal. Mau jalan-jalan sambil kulineran dan belanja di Malioboro? Bisa! Atau mau merapah warisan budaya di Keraton Ngayogyakarta dan Taman Sari? Itu juga menarik! Inilah akhir itinerary road trip Jawa Tengah hari ini dan saatnya kembali ke ibukota. Apapun pilihan kamu, hal yang paling penting adalah semua yang ikut road trip bisa menikmatinya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan nikmati perjalanan ini dengan hati terbuka. Simak juga rekomendasi wisata lain untuk long weekend nanti dalam artikel berikut ini: