icon
icon
article hero

Naik Pesawat, Kereta, atau Road Trip ke Jogja, Mana yang Lebih Baik?

AvatarName

Tiara  •  Dec 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Tiket kereta ke Jogja adalah salah satu barang paling laris di musim liburan. Selain dibeli oleh para perantau yang hendak pulang kampung, tiket ini juga diborong oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan akhir tahun di Yogyakarta. Persaingan untuk mendapatkan tiket kereta ke Jogja yang ideal memang cukup sengit. Namun jangan khawatir, setidaknya ada dua cara lain untuk pergi ke Yogyakarta, yakni via udara ataupun jalur darat dengan mobil atau bus. Sebelum memutuskan membeli tiket kereta ke jogja, kamu bisa mempertimbangkan ketiga pilihan yang tersedia sebagai berikut.
Kereta api
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli tiket kereta ke Jogja waktu dan durasi perjalanan. Kereta ekonomi memang lebih murah, namun durasinya sedikit lebih panjang. Perhatikan juga waktu kereta tiba di Jogja, terlebih untuk kamu yang pergi sendirian. Usahakan untuk tiba di sana saat suasana masih ramai sehingga aman untuk bepergian. Berdasarkan pencarian tim HHWT pada Minggu (20/12) sore, pilihan tiket kereta ke Jogja masih banyak, baik kelas ekonomi (mulai dari Rp 74.000) ataupun kelas eksekutif (mulai dari Rp 300.000). Meski demikian, ketersediaannya dipastikan bakal banyak berubah mengingat libur panjang sebentar lagi akan tiba. Jadi, segera amankan tiket kereta ke Jogja kamu.
Pesawat
Ketika tiket kereta ke Jogjaincaran kamu terlanjur ludes, pilihan utama penggantinya adalah dengan naik pesawat. Kini Yogyakarta bisa diakses melalui dua bandara, yakni Bandara Adi Sucipto (JOG) dan Yogyakarta International Airport (YIA). Dengan demikian, pilihan penerbangannya pun jadi semakin banyak. Untuk harganya, penerbangan ke YIA dibanderol dengan harga lebih rendah. Berdasarkan pencarian tim HHWT pada Minggu (20/12) sore, penerbangan untuk hari Senin (21/12) ke YIA dibanderol mulai dari harga Rp 200 ribuan. Sementara itu, penerbangan ke JOG untuk hari yang sama harganya mulai dari Rp 900 ribuan. Meski harganya berbeda jauh, jangan lupa untuk mempertimbangkan lokasi bandara. Tidak seperti JOG, YIA berada di Kulonprogo, sekitar 50 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Karenanya, pikirkan pula transportasi dan durasi dari YIA.
Berdasarkan pantauan tim HHWT, ada beberapa akses transportasi dari YIA ke kote Jogja. Selain mobil sewaan atau taksi online, kamu juga bisa naik bus Damri yang sudah terjadwal. Kelebihan lain dari jalur udara adalah protokol kesehatan yang begitu ketat, baik di bandara maupun di dalam pesawat. Durasinya pun singkat sehingga kamu tidak perlu berlama-lama di tempat umum.
Road trip
Kalau kamu pergi bersama beberapa orang lainnya, road tripke Jogja bisa menjadi pilihan. Bayangkan saja jika kamu dengan tiga atau empat orang lainnya. Maka, biaya tiket kereta ke Jogja (apalagipesawat) tentu akan lebih besar.
Dengan road trip, biaya transport sepanjang perjalanan bisa dibagi rata. Selain itu, kamu pun berkesempatan untuk mampir ke beberapa kota lain sepanjang perjalanan. Kamu juga bebas menentukan jadwal dan destinasi yang ingin dikunjungi. Durasi perjalanan dari Jakarta ke Jogja adalah sekitar 7-8 jam. Kedengarannya memang menyenangkan, namun road trip juga butuh persiapan tersendiri. Selain persiapan fisik dan logistik, jangan lupa untuk menghitung semua biaya perjalanan, termasuk biaya bensin dan tarif tol. Kelebihan lain dari road trip adalah kamu tidak harus berinteraksi dengan orang asing sepanjang perjalanan hingga tiba di Jogja. P.S. Simak juga itinerary road trip Jawa Tengah HHWT untuk perjalanan yang berkesan!
Protokol kesehatan
Apapun transportasi yang kamu pilih, satu hal yang pasti adalah kamu harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Hingga Minggu (20/12) siang, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta masih mempersiapkan mekanisme protokol kesehatan untuk keluar masuk wilayah Jogja. Namun berdasarkan peraturan pemerintah pusat, semua orang wajib membawa surat keterangan bebas Covid 19 yang didapatkan dari tes usap atau rapid antigen. Jadi, jangan sampai kamu tidak bisa menunjukkan surat ini saat memasuki wilayah Yogyakarta, baik via jalur darat maupun udara. Sudah punya semua persyaratan bepergian ke Jogja? Sekarang saatnya melihat rekomendasi yang seru di Jogja dalam artikel ini: